Saturday, July 4, 2020

I AM THE WAY, THE TRUTH, and THE LIFE -7


Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM  - 23

NOT BY BREAD ALONE

Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

I am the bread of life – WAJ

Salah satu pencobaan yang dialamatkan oleh iblis kepada Yesus adalah soal makanan. Yesus menjawab tantangan setan dengan mengatakan bahwa manusia hidup bukan hanya dari roti atau makanan saja.

Berapa jam biasanya kita menghabiskan waktu untuk makan? Kalau dihitung dari sarapan, makan siang, makan malam, ditambah dengan membeli bahan masakan, mengolah, memasak, menyantap serta membersihkan dapur, rasanya lebih dari 6 jam ! kalau kita membeli makanan jadi, dimulai dari memesan, menyantap, serta pergi ke tempat makan, mungkin sehari bisa lebih dari 3 jam ! cukup banyak waktu yang kita habiskan untuk makanan, belum lagi yang suka ngemil, mulai dari gorengan, bakso, siomay, kue, bubur ayam, pempek, serta aneka jajanan.

Makanan dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup secara fisik. Bagaimana dengan jiwa kita? ada hal lain yang menyebabkan manusia hidup selain makanan, yakni Firman Allah. Ada kebutuhan lain yang harus terpenuhi, malah sebetulnya itulah yang paling utama, namun sering kita abaikan dan tidak memenuhinya. Kebutuhan tersebut adalah kata-kata Allah… firman Allah.
Firman Allah adalah kebutuhan utama bagi jiwa kita, kalau jiwamu sakit, maka hidupmupun tidak sehat. Tetapi seringkali kebutuhan jiwa ini terabaikan, tidak heran banyak masalah yang terjadi.

Makanan manusia bersumber dari alam, sebelum Allah menciptakan matahari, Allah sudah terlebih dahulu menciptakan tumbuh-tumbuhan dan pohon buah-buahan (hari ke 3). Bagaimanakah caranya Tuhan menciptakan sumber makanan itu? Dengan firmanNya !

Kej 1:11 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi." Dan jadilah demikian. 1:12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. 1:13 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

Tidak hanya itu saja, ikan, burung, ternak, semuanya ada, hanya dengan FIRMANNYA, hanya dengan Perkataan ALLAH semuanya itu ada.
Sewaktu Yesus berhadapan dengan iblis, perkataan Yesus mengacu kepada perkataan Allah tentang Manna. Ulangan 8:3 Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.

Bangsa Israel dapat hidup di padang gurun selama 40 th, terpelihara karena adanya Firman Allah yang menurunkan hujan manna dari langit.

Menjadi renungan hari ini, mari kembali kepada sumber pemberi makanan, berilah makan jiwamu secara teratur, setiap hari dengan Firman Allah.  The Great I am (SANG MAHA ADA) yang berkata, AKULAH ROTI HIDUP (I am the Bread of Life), juga berkata AKULAH KEHIDUPAN (I am the LIFE)

Have a blessed day !

1 comment: