Monday, July 6, 2020

I AM THE TRUE VINE – 1


Daily Devotion – Alive & Transformed
Serial The Great I AM  - 24

Yoh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. "

I Am the Vine" - 5x7 Tabletop Canvas Art – I Am Israel

Kita memasuki serial baru dari the Great I Am, AKULAH pokok Anggur yang Sejati.

Ayat-ayat yang kita baca dalam Yoh 15 bukan hanya penting untuk kita mengerti secara teologis, tetapi juga sesuatu yang sangat praktikal di dalam membentuk hidup kita dalam perjalanan iman kita di dalam Tuhan, di dalam kehidupan sehari-hari. Yoh 15 membawa kita sungguh-sungguh mengerti apa artinya di dalam Kristus.

Yesus memakai perumpamaan Pokok Anggur dan carang-carangnya untuk melukiskan kehidupan didalam Dia. Kalimat : AKULAH, artinya tidak ada yang lain, hanya DIA.  Saat DIA menyatakan AKULAH POKOK ANGGUR SEJATI, artinya hanya DIAlah sumber kehidupan dan sukacita kita.

Sama seperti ranting yang melekat pada pokok anggur, maka ranting tersebut akan mendapatkan asupan dari sang pokok, sehingga ranting akan berbuah lebat. Demikianlah kita juga harus melekat pada sang POKOK SEJATI, agar berbuah lebat dalam kehidupan sehari-hari.  Sama seperti SANG POKOK SEJATI yang memberikan nutrisi, kebutuhan bagi ranting-rantingnya, demikian juga YESUS menyediakan segala yang kita butuhkan, karena itu kuncinya adalah kita harus tetap melekat didalam DIA.

Anggur juga menjadi lambang sukacita, YESUS pokok anggur yang sejati, membuat kita mengerti DIA lah sumber sukacita sejati umatNya. Jenis anggur yang lain, boleh dikatagorikan, jenis kw, entah kw1, kw2, kw3…(pinjam istilah belanja di mangga dua).

Sewaktu Yesus diundang ke pesta perkawinan Kana, yang mempunyai hajatan pesta kehabisan anggur, tetapi disitu ada SANG POKOK ANGGUR SEJATI. Mereka datang kepada Yesus, menceritakan kesulitan mereka, dan Apa yang dilakukan YESUS? DIA tuangkan sumber anggur yg DIA miliki, DIA gantikan air cucian kaki dengan the best wine yang DIA miliki. Bagi DIA bukan suatu hal yang sukar untuk memberikan the best wine, karena DIAlah the TRUE VINE !

Dan inilah komentar dari foodtester, John 2:10 "Everybody I know begins with their finest wines and after the guests have had their fill brings in the cheap stuff. But you've saved the best till now!". Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini  "Saudara sangat berbeda dengan kebanyakan orang. Biasanya tuan rumah menghidangkan anggur yang paling baik lebih dahulu, dan kemudian, ketika tamu-tamu telah puas minum, barulah dikeluarkan yang tidak begitu mahal. Tetapi Saudara telah menyimpan anggur yang paling baik untuk dihidangkan paling akhir."

DIALAH pokok anggur sejati, kenapa masih pilih anggur jenis KW?

Have a blessed day !

1 comment: