Thursday, July 2, 2020

Lengkuas atau Galangal


Hidup di luarnegri memiliki banyak pengalaman yang menarik, unik, kadang menjengkelkan, kadang juga menggelikan. Berikut pengalaman gue belanja di pasar becek alias pasar tradisional.

Gue suka banget memasak, selain hemat, juga seru en fun. suatu kali gue membutuhkan Lengkuas sebagai salah satu bahan masakan. Biasanya gue membeli Lengkuas di Geylang serai, satu pasar di Singapore dimana banyak menjual barang-barang produksi Indonesia, Malaysia, segala apa saja, bisa kita dapatkan disana.

Cuma jalan kesana, rada jauh dari kantor gue, jadi gue pikir beli di pasar tradisional deket kantor aja. 

Gue berpikir apa si penjual di pasar ngerti ya...kalau gue sebut, lengkuas..? kalau di Geylang Serai pasti mereka ngerti, karena yang jual kebanyakan orang Melayu. tapi di pasar deket kantor ini, kebanyakan yg jual encim-encim sama encek-encek, belum tentu mereka ngerti.

o..gue inget, nama lain dari Lengkuas, adalah Galangal (English). 

Khasiat Lengkuas Untuk Kesihatan Lelaki | Jiwa Sihat

Gue deketin satu gerai sayur dimana biasa gue beli, yg jual encim-encim, dia  bisa bahasa inggris sekedarnya, kebanyakan ngomong bahasa mandarin. 

"do you have Galangal?" kata gue

Si encim nya, mengeryitkan dahinya: Galangal…? Kayaknya dia kagak paham maksud gue

Yes, Galangal… gue tegesin lagi, kalao gue bilang Blue Ginger (Lengkuas), belum tentu dia ngerti, jadi gue tetap ngomong Galangal aja.

Lantas si encim itu nunjuk, jahe…”this one..?”

No…No… kata gue

Lalu si encim, keluarin sereh…: this one ??

Gue : No…aunty….Galangal….for tomyam…blue ginger..

Si encim keluarin lagi dari bawah mejanya, dia keluarin bangkuang : this one…?

Gue : No… (kok bangkuang sehhh…emangnya tomyam pake bangkuang…?)

Encim : This one…?

Gue : No…

Gue sempet putus asa juga, kayaknya tuh encim gak jual kali ya…gue pikir ya udah gue pindah ke gerai yang lain aja …

Lalu dia keluarkan sesuatu dari bawah mejanya lagi, dan ternyata itu lengkuas…

Encim : This one…?

Gue : Yes…yes…

Encim : OO….Lengkuas….this is lengkuas….

Gue : ???? Uppsss... 

Yoloooo….ternyata encim itu ngerti itu namanya Lengkuas….susah payah gue ngejelasin, dari tadi aja gue bilang lengkuas…




No comments:

Post a Comment