Thursday, July 30, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN – 2C


Daily Devotion – Alive & Transformed 

9. Yoh 11:32 Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati."

Kita bisa lihat perbedaan sikap Maria dan Marta. Meski kalimat yang dikatakannya sama dengan perkataan Marta, tetapi disini Yohanes mencatat, Maria tersungkur didepan kaki Yesus. saya yakin tone atau nada suara Maria pasti akan berbeda dengan Marta.

Respon Yesus bisa dilihat di ayat berikutnya, Ia sangat terharu (Yoh 11:33) dilanjutkan dengan ayat 35, Maka menangislah Yesus..

Kenapa Tuhan sampai terharu dan menangis? Disini kita bisa melihat bahwa Tuhan memilki perasaan emphaty, saat saudara mengalami kesusahan, kepedihan, kesedihan, DIA dapat memahami perasaan itu, hatinya tergerak untuk menolognya. Terhadap pengikutnya saat DIA melihat mereka belum makan, padahal mereka tidak meminta kepada Yesus, itupun ada didalam pikiran Yesus untuk memberi mereka makan. Apalagi seperti Maria yang datang tersungkur di kaki Yesus dan curhat, masakah Tuhan tega tidak melakukan sesuatu ?

10. Yoh 11: 39 Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."

Marta berkata, sudah empat hari, sudah selesai, tidak bisa lagi. tetapi Yesus berkata, angkat batu itu. batu yang menutupi itu harus disingkirkan. Mungkin ada batu-batu yang menghalangi saudara untuk lebih dekat kepada Tuhan, harus saudara singkirkan. Kalau ingin mengalami kemuliaan Tuhan, singkirkan batu penghalang itu. entah itu mungkin  sesuatu yang menjadi berhala dalam hidupmu, mungkin berupa pleasure, hobby, games, etc yang dapat menyita waktumu sehingga tidak ada waktu lagi untuk Tuhan.

Miracles of Jesus Christ: Understanding God's Will Through the ...

Saat batu itu digulingkan, apa yang terjadi? Bau.! Ya…bau busuk tersebar dengan cepat…mungkin orang yang tadinya berada didepan kubur batu itu segera menyingkir menjauh…sambil menekap hidungnya…orang yang menggulingkan batupun segera menyingkir…sehingga yang ada hanyalah kubur batu yang terbuka, Yesus ada didepannya…serta orang-orang yang ada disamping kiri kanan, ataupun dibelakang, ingin tahu apa yang akan Yesus lakukan…apakah Yesus akan meratap menangisi Lazarus..? apakah Yesus akan masuk ke kuburan itu…dan menangis disana…? Banyak pikiran yang enggak-enggak di benak mereka.

11. Yoh 11:43 berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!"
Bayangkan kalau saudara ada disana… mendengar Yesus berteriak dengan nyaring dan memanggil Lazarus…kira-kira apa ya yg ada dibenak orang yang ada disana….ini Yesus kok memanggil orang yang sudah mati…aneh…
Apa yang terjadi ? Orang yang telah mati itu datang ke luar Yoh 11:44…!!

Lazarus mendengar panggilannya, dan dia keluar menemui suara itu !! lhoo…kok bisa ya…? Kan lazarus sudah 4 hari mati…telinganya udah gak berfungsi lagi…masak sih…dia bisa mendengar lagi…? semua pancaindra Lazarus kan udah gak berfungsi…? Wah…jangan-jangan Yohanes ngarang nih…

Well kalo Yohanes ngarang ini cerita, disana ada Maria, Marta, serta puluhan orang yang ada disana yang menjadi saksi, belum lagi murid-muridnya yang datang, serta orang Farisi, Saduki yang rada kepo, ingin tahu apa yang Yesus lakukan. Kalau ini cerita khayalan, pastilah orang Farisi dan Saduki langsung merobek-robek tulisan Yohanes ini.

Yesus memanggil Lazarus bukan kepada tubuh yang sudah mati itu…orang yang sudah mati, biar saudara nangis gerung-gerung sampe airmata kering juga…tidak akan tergerak untuk bangun dan menyapa saudara…karena sudah mati , mati rasa juga.

Yesus berkata kepada roh Lazarus yang ada di alam maut, untuk meresponi panggilannya. Setiap orang yang meninggal, mereka ada di alam maut. Untuk yang meninggal di dalam Kristus, mereka akan ada di pangkuan Abraham (Luk 16:19-31). Sedangkan orang yang jahat berada di dalam penjara. Lazarus ada di alam maut. Yesus berseru nyaring….roh Lazarus meresponi, kemudian masuk kembali kedalam tubuhnya…dan lazarus hidup kembali…! Lazarus bangkit…!! Orang yang sudah mati, bangkit !!

Yesus membangkitkan Lazarus, karena DIA lah kebangkitan dan hidup…

Suatu saat kebangkitan orang mati akan terjadi lagi…tapi  bukan satu atau dua orang, tetapi kebangkitan massal akan terjadi…!! Orang yang sudah meninggal didalam Kristus, akan bangkit !! wahhh…serem ngedengernya….bangkit  bukan berarti jalan-jalan ke city atau mampir ke mall…tapi bangkit untuk meresponi panggilan Tuhan, sama seperti Lazarus.

1 Tes 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Pada saat akhir zaman, mungkin tidak akan lama lagi…Penghulu malaikat akan berseru nyaring…sama seperti Yesus berseru nyaring memanggil Lazarus. Dan terjadilah apa yang pernah Yohanes saksikan…kebangkitan orang mati…!! Seluruh orang yang percaya kepada Yesus, mereka yang sudah mati tahun lalu, puluhan tahun lalu, ratusan tahun lalu, roh mereka akan meresponi !! entah ada yang mati di kubur ditanah, atau di laut, ataupun. Di kremasi, mungkin jasad nya sudah busuk, sudah lebih parah dari Lazzarus, bahkan sudah tidak berbentuk lagi, sudah hancur. Tetapi tidak masalah, mereka akan meresponi panggilan ilahi !!

Lahh..kalau Lazarus bangkit kan mayatnya masih ada, meski sudah bau, lantas gimana orang yang sudah berabad-abad mati, yang jasadnya juga udah gak ada…?

Jelas ada perbedaan antara kebangkitan Lazarus dan kebangkitan orang percaya, bedanya adalah orang yang nanti akan bangkit, itu sudah memakai tubuh kemuliaan, sama seperti Tuhan Yesus.

Untuk apa orang mati dibangkitkan ? bukankah mereka sudah ada di Firdaus, ngapain turun lagi, terus pergi lagi…? gak praktis banget..
Mungkin pikiran kita itu gak praktis, tetapi disini ada banyak tujuannya orang mati dibangkitkan.

Kebangkitan orang mati pasti terjadi, itu fakta. Yohanes menuliskan kisah kebangkitan Lazarus adalah agar pembaca memahami tentang peristiwa kebangkitan yang akan kita alami atau saksikan. Kebangkitan Lazarus adalah contoh akan kebangkitan orang percaya di akhir zaman.

1 Tes 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Untuk apa kebangkitan orang percaya? Untuk menyongsong kedatangan Tuhan di udara, dan bertemu disana, berkumpul selama-lamanya.

Tidak hanya orang yang sudah mati, tetapi yang masih hidup, yang percaya kepada Yesus, akan mengalami pengangkatan (rapture), atau diangkat hidup-hidup seperti Tuhan Yesus naik ke Surga. Kapan itu akan terjadi? Tunggu tanggal mainnya saja…! Bersiap saja..!

Lazarus dibangkitkan…Tuhan juga ingin membangkitkan saudara, mungkin ada usaha, pekerjaan, spertinya sudah mati, sudah tidak berdaya lagi, mungkin kehidupan pernikahanmu berada di ujung jalan, sudah tidak bisa diperbaiki lagi, masih ada YESUS…DIA lah kebangkitan dan hidup…DIA sanggup membangkitkan Lazarus yang sudah mati berhari-hari, DIA juga sanggup untuk membangkitkan hidupmu…!

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment