Tuesday, August 25, 2020

Daya Tarik Yesus

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Yoh 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."

Ini adalah kunci dari pelayanan yang berhasil. Jika YESUS ditinggikan, dimuliakan, dalam satu ibadah, dalam kotbah, dalam pujian dan penyembahan, maka hasilnya adalah Tuhan akan menarik semua datang kepadaNya.

Bagaimana meninggikan Yesus didalam pelayanan? Bukankah didalam pelayanan biasanya nama Yesus yang ditinggikan?

Ada orang yang sepertinya pelayanan, tapi ternyata “Aku” nya yang ditinggikan, saat saudara mendengar kotbahnya, lebih banyak bicara tentang dirinya, pandangannya, opininya, hobinya, binatang  piaraannya, keluarganya, semuanya tentang dirinya, cerita tentang Yesus hanya sebagian kecil saja. Tapi kok banyak orang yang datang, malah sampe berjubel? iya orang banyak datang tapi kepada dia, bukan kepada DIA. Orang suka mendengar kisahnya, mendengar pandangannya, tetapi bukan tentang YESUS nya.

Ayat diatas itu berbunyi demikian : APABILA YESUS ditinggikan, maka YESUS sendiri yang akan menarik SEMUA ORANG DATANG KEPADA YESUS.

Jadi intinya, kalau YESUS dimuliakan, ditinggikan, YESUS menjadi pusat dari ibadah, maka bukan pengkotbah, bukan Song leader, bukan pemusik, bukan usher yang membawa orang kepada pertobatan, tetapi YESUS sendiri yang akan membawa orang yang hadir itu datang kepada YESUS !

Yang membuat orang itu bertobat bukan suasana gereja, suara singers yang merdu, kotbah yang lucu, dekorasi gereja, full band, nuansa lighting yang redup, cozy seperti suasana café, ataupun makanan, bukan itu semua, itu hanyalah tambahan saja. Orang bertobat karena YESUS sendiri yang menarik orang itu.

Saudara datang kepada Yesus adalah karena YESUS sendiri yang menarik saudara untuk datang. Loh gimana nariknya? Tidakkah saudara rasakan tarikannya yang lembut untuk datang ibadah, meski ibadah online? Tidakkah saudara mendengarkan bisikannya untuk sediakan waktu membaca FirmanNya dan berdoa kepadaNya?

Wahyu 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Ayat ini menunjukkan kepada kita, bahwa Yesus pribadi yang aktif mengetuk pintu, membuat agar saudara tersadar dan membukakan pintu. Yesus yang menghampiri pintu hatimu, Yesus yang datang kedalam hidupmu, bukan sebagai pengemis yang meminta belas kasihan agar saudara membukan pintu bagiNya, tapi sebagai Penguasa Jagat Raya yang datang menawarkan hidup yang kekal.

Kalimat YESUS ditinggikan adalah juga bermakna tentang YESUS disalibkan, itu harus menjadi central dari kegiatan ibadah, baik didalam kotbah, oikos, pujian dan penyembahan, semua pelayanan.

Yohanes 3:13 Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. 3:14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. 

Musa meninggikan ular tembaga di padang gurun, adalah peristiwa orang Israel dipagut ular berbisa, lantas Tuhan perintahkan agar Musa membuat ular tembaga, dan ular tersebut ditaruh diatas tiang kayu, sehingga setiap orang yang memandangnya, mereka akan selamat. jangan saudara berpikir, memandang saja, apa susahnya, dongakan kepala saja, selesai. bukan sesederhana gitu, coba saudara bayangkan saat itu kondisinya, ada sekian banyak orang yang kena gigitan ular berbisa, mungkin jumlahnya ribuan. biasanya kalau digigit ular berbisa, orang tsb tidak boleh bergerak sama sekali, untuk mencegah racun menjalar lebih jauh ketubuhnya. orang tersebut harus hindari pergerakan yang tidak perlu. 

tetapi Musa berkata, barangsiapa yang mau selamat, dia harus memandang ular tembaga ini. kalau orang yang berada didepan, akan sangat mudah baginya untuk memandang ular tersebut dan dia selamat, tetapi bagaimana orang yang ada didalam kemah? orang yang ada di tempat kediaman jauh dari tiang yang Musa buat? minimal orang tersebut harus bergerak, berjalan, mendekati tiang tersebut, atau melihat dari jauh. 

dan ini dibutuhkan iman, iman yang melampaui logika, kalau mau sembuh, bergerak dan memandang ular tembaga. 

Why is Jesus compared to a snake in the book of John? — Hope Radio ...

Demikian juga tentang  Manusia, atau YESUS, DIA harus ditinggikan, dengan arti, YESUS disalibkan, sehingga orang yang memandangnya mereka akan selamat. untuk datang kepada salib dibutuhkan iman  yang melampaui logika. 

Berita tentang Salib Kristus itu yang menjadi magnet atau daya Tarik orang untuk datang kepada YESUS. karena didalamNya ada berita pengharapan, kasih Allah, pengampunan, penebusan dosa, jaminan keselamatan, dan hidup kekal. Kabarkanlah !

Have a blessed day !

 

No comments:

Post a Comment