Friday, August 7, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –7b

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Yohanes 6:16-21 Mujizat Yesus Berjalan di atas Air

Kita lanjutkan yang kemarin…

Markus 6:48 Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka.

Saudara bayangkan jam 3 malam Yesus masih terjaga. Padahal secara manusia, fisikNya  sudah sangat lelah, tetapi untuk menolong murid-muridNya DIA selalu tersedia.

Benarlah yang Pemazmur katakan, PENJAGAMU tidak akan terlelap.

Mazmur 121:3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. 121:4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. 121:5 Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. 121:6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. 121:7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. 121:8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.

YESUS tidak pernah terlelap untuk menolong anak-anakNya. DIA gak pernah kepulesan, untuk memenuhi keperluan anak-anakNya. Kalo pada saat tengah malam, sodara menderita sakit, telpon dokter belum tentu diangkat, bangunin suami, atau istri belum tentu bangun, apalagi kalau lelah dan tidurnya pulas. Tetapi kalo sodara berteriak kepada YESUS, DIA mendengarkan teriakanmu,  kita punya Tuhan yang menjaga hidup kita, bahkan IA akan menjagamu terhadap segala kecelakaan, IA akan memelihara nyawamu. Kalau Tuhan yang menjadi penjagaMu, adakah hal yang membuatmu kuatir lagi?

Berserulah kepada YESUS kapan saja, mau tengah malam sekalipun, berserulah, DIA selalu ada bagimu.

Coba kita bayangkan sejenak apa yang sedang terjadi dengan murid-muridNya. Mungkin saat Yesus menyuruh mereka pergi ke sebrang, mereka berpikir besok pagi Yesus akan menyusul. Bagi mereka sebenarnya melakukan perjalanan laut pada malam hari, gak masalah, karena mereka adalah nelayan yang handal, yang jam terbangnya sudah tinggi, udah expert gitu.

Saat menghadapi gelombang angin ribut, mereka coba dengan sekuat tenaga, tapi tidak berhasil. Sayangnya Yesus tidak ada bersama mereka, Yesus berada jauh di bukit, teriak teriak juga gak ada gunanya, biar sampe habis suaranya, ampe serak-serak juga  gak bakalan kedengaran, percumalah…!

Eitts…jangan ambil kesimpulan jelek dulu, liat lagi ayat 48, IA melihat betapa payahnya mereka….YESUS melihat….YESUS memperhatikan…dan YESUS bertindak!!! banyak kali  ada orang melihat kesusahan kita, tapi belum tentu mereka menolong, mungkin mereka cuma lihat aja, sambil manggut-manggut kepalanya, jangan sakit hati sama mereka, karena kemampuan manusia terbatas, mau nolong belum tentu bisa, belum tentu mau pula, tetapi beda dengan YESUS, IA melihat, IA bertindak !!

Yesus berjalan di atas air…!! Wooww…!! Kalau jalan di atas aspal itu biasa, jalan diatas air danau yang beku juga sangat memungkinkan, tetapi berjalan diatas air? Sangat mustahil !!! manalah bisa…? Perahu bisa mengapung, kapal besar juga bisa mengapung, tetapi manusia mana bisa berjalan di atas air, ngaco aja nih…Markus sama Yohanes…?

Brader en Sista, kalau kita yang jalan di atas air, yaaa…kita akan tenggelem…apalagi kalao bobotmu kelas berat, gak pake lama, langsung tenggelam….! Tetapi Yesus memiliki kuasa yang tidak terbatas, DIA bisa berjalan diatas gelombang !! DIA berjalan di tengah badai…!! Saat orang lain berpayah-payah di tengah badai, YESUS berjalan lenggang kangkung di tengah badai !!

Sodara bisa berjalan ditengah badai !! karena YESUS ada didalam hidupmu…! Jangan kalah dengan masalahmu, jangan menyerah dengan masalahmu, berjalanlah diatas persoalanmu, berjalanlah diatas pergumulanmu, lintasilah gelombang dalam hidupmu.

Kira-kira waktu YESUS berjalan menuju murid-muridNya gimana yaa..? dari Bukit ke tengah danau itu..butuh berapa lama berjalan kaki? Apakah YESUS berjalan cepat, atau sambil lari sekencang-kencangnya? Saya rasa sih gak ya…inget cerita Filipus gak? Waktu dia menobatkan Sida-sida dari Etiopia, setelah itu, lantas Filipus pergi dalam sekejap ke kota, padahal tadinya ada di padang gurun. Satu lagi, masih inget gak, waktu Yesus dicobai oleh Iblis, Yesus dibawa ke wuwungan bait Allah dalam sekejap, padahal IA ada di padang gurun…tempat sunyi, jauh dari keramaian…

Mat 4:5 Kemudian Iblis membawa-Nya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah,

Mat 4:8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya,

Kalau iblis dapat membawa Yesus dalam sekejap ke tempat-tempat tertentu, masak TUHAN YESUS gak bisa pergi dalam sekejap? Jadi pliss deh…jangan ada dalam pikiranmu Yesus berjalan selangkah demi selangkah dari bukit ke tengah danau…yaaa…keburu tenggelem itu murid-murid brooo….!

Nah buat sodara yang lagi punya pergumulan berat, sepertinya air sudah mencapai leher…udah ngap-ngapan, udah nyaris tenggelem, jangan berpikir Surga itu jauh, pertolongan Tuhan itu lambat datangnya. Tuhan gak kayak tukang pos yang bisa terlambat. DIA bisa datang dengan express, secepat kilat, dan sekejap mata. Dalam kedipan mata, masalahmu bisa selesai dengan segera, jangan panic dulu…

Markus 6:49 Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira bahwa Ia adalah hantu, lalu mereka berteriak-teriak

Kalau sebelumnya, murid-muridNya teriak teriak karena angin badai, sekarang mereka teriak-teriak ketakutan saat melihat Tuhan datang…!

Menurutmu gimana ya penampakan YESUS saat berjalan diatas air..? yang pasti Yesus gak datang bawa obor…gak perlu mas….lha wong YESUS itu terang dunia, didalam DIA ada terang, gak butuh penerangan tambahan, simpan aja sentermu.

Yesus berjalan diatas air tanpa pelampung, tanpa selancar, tanpa penerangan. DIA adalah terang dunia, saat terang ada, maka kegelapanpun sirna. Mungkin ada sinar yang terpancar dari tubuh Yesus, glow in the dark gitu... sehingga murid-muridNYa melihat ada setitik cahaya yang bergerak-gerak semakin lama semakin mendekati perahu mereka, gak heran mereka panic, teriak-teriak ketakutan ….setan…setan…ada setan…!! tambahan lagi kalau tercium bau kemenyan atau kembang kamboja pastilah tambah menjadi-jadi mereka panic…(ini versi endonesah yaa…).

Murid-muridNya tidak mengenali kehadiran Tuhan ditengah badai, mereka  berpikir, SANG GURU masih ada di bukit sedang berdoa atau sedang beristirahat. Banyak kali kita tidak menyadari pertolongan TUHAN di tengah badai…kita pikir Tuhan lagi di Surga, lagi istirahat….padahal di tengah-tengah kesulitan selalu ada pertolongan TUHAN, meski masalahmu belum terselesaikan, tapi coba pikir, masak sih gak ada kehadiran Tuhan? Masak sih TUHAN gak buat sesuatu…? Bisa ngenalin gak itu TUHAN yang sedang berjalan mendekatimu…? Bisa ngenalin gak TUHAN sedang bergerak, berbuat sesuatu dalam persoalanmu? Meski terkesan lambat, bersabar saja, pertolongan sedang datang !!

YESUS disangka hantu atau setan, keterlaluan banget seh murid-murid ini, emangnya udah berjalan berapa lama dengan Yesus, belajar bible study, ikut pelayanan bareng, bahkan baru saja KKR memberi makan lima ribu orang, masak sih ngak ngenalin itu YESUS?

Banyak kali kita juga gak ngenalin saat TUHAN hadir, bulu kuduk merinding, dianggap setan yang datang…kenapa sodara gak berpikir bahwa TUHAN atau malaikat yang datang..?

Saat TUHAN menghampiri perahu kehidupanmu, kenalilah itu TUHANmu…!! Bukankah engkau berseru-seru minta pertolongan? Saat pertolongan itu datang, kenalilah itu tangan TUHANmu…!!

Vision by Yongsung Kim | Jesus painting, Jesus pictures, Jesus art

Markus 6:50 Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!"

Gak pake lama, TUHAN segera berkata, Tenanglah…!!! Ini AKU…!! Tuhan tidak membiarkan murid-muridNya berada dalam kebingungan, DIA bukan TUHAN yang suka main petak umpet, dan menyuruh umatNya menebak-nebak atau mencari dimana DIA bersembunyi. Manusialah yang suka menyembunyikan diri dari hadapan TUHAN. Adam dan Hawalah yang bersembunyi dari hadirat Tuhan.

TUHAN tidak akan membiarkan sodara berada didalam kebimbangan, kebingungan, dan ketidakpastian. DIA akan bersuara sehingga kita sebagai domba-dombaNya akan segera mengenali suara SANG GEMBALA.

Perkataan GEMBALA  AGUNG itu lembut dan menyejukkan: TENANGLAH…!!

Dalam kepanikan, TENANGLAH…!! Dalam kegalauan..TENANGLAH…dalam keputusasaan…TENANGLAH… dalam kepedihan, kesedihan, kehilangan…. TENANGLAH…

Gimana bisa tenang, wong aku lagi panic mbakyuu… emangnya kalo sodara lagi panic, lagi galau, putus asa, sakit berat, lantas grasa grusu bisa menolong atau memperingan masalahmu..? Kalau sodara gelisah…mikir terus ini gimana…nanti kalo itu gimana…lantas masalahmu apa akan terselesaikan…??!! Gak kann…! Jadi dari pada tambah panic, tambah gak bisa tidur, ikuti aja anjuran SANG Junjungan kita, TENANGLAH…!!

TUHAN YESUS gak Cuma bilang, tenang ya…tenang….tapi ada kalimat berikutnya prenss.. TENANGLAH, INI AKU….dengan kata lain, TUHAN berkata, ada AKU disini lhooo … tenanglah…!! Baru saja kamu ngalamin mujizat memberi makan lima ribu orang, masak sekarang panic? Baru saja TUHAN tolong dari masalahmu yang kemaren, masak sekarang panic? Tuhan sudah tolong dalam masalah study mu, masak dalam masalah pekerjaan Tuhan tidak tolong?

Kalau saya yang ngomong, tenang tenang…ini aku…!! Emangnya saya bisa buat apa? Palingan saya cuma bisa mendoakan, dengerin masalah, sambil angguk-angguk kepala tanda paham, tapi untuk menolong, ay gak ada kuasa. Tapi beda kalo yang ngomong itu TUHAN YESUS, saat DIA ngomong: INI AKU…artinya…udah tenang aja…ada gue nih…

Kalimat selanjutnya…JANGAN TAKUT !!! jadi kalimat lengkapnya gini; TENANGLAH, INI AKU, JANGAN TAKUT…!!

Woow…satu kalimat yang mantap buat hari ini…ukirlah kalimat itu didalam hatimu…jadikan bagian dari hidupmu.

masih ingatkah lagu zaman baheula..."di tengah gelombang dunia menakutkan, hatiku tetap tenang teduh....tiap langkahku ku tahu TUHAN yang pimpin..._"

tenanglah...TUHAN ada besertamu...!

To be continued….

Have a blessed day !


No comments:

Post a Comment