Saturday, August 8, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –7C

Daily Devotion – Alive & Transformed 

Yohanes 6:16-21 Mujizat Yesus Berjalan di atas Air

Markus 6:50 Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!"

Ini renungan kok gak habis-habis sampe tiga serial, kan ceritanya sering didenger…? Pasti penulisnya sengaja dilama-lamain biar ratingnya naik nih…

Bukan dilama-lamain broo, karena kisah ini masih menarik dan selalu menarik untuk diceritakan. Coba perhatikan ayat diatas itu.

Saat YESUS melihat murid-muridNya ketakutan, teriak sini sana, dan berada dalam kebingungan, itu setan…ada setannnn…. YESUS tidak diem begitu saja, atau mungkin berpikir….biarin akh…sesekali gua kerjain nih murid gua… tapi….yang Yesus lakukan saat murid-muridNya panic dan bingung, dia SEGERA…..apa…? SEGERAAAA….!!

YESUS berkata secepatnya kepada murid-muridNya agar mereka tidak kalut, tidak berada dalam kebingungan dan kepanikan, udah dihantam gelombang badai, secara fisik mereka lelah apalagi seharian mereka melayani orang banyak, sekarang jiwa mereka juga goncang karena ada penampakan “hantu

Masalah fisik yang lelah, dapat diatasi saat kita istirahat, tapi jiwa yang lelah, penat, membuat hidupmu semakin menderita dan semakin susah, bahkan bisa menyedot kesehatanmu. Coba saja kalao sodara kuatir, takut, gelisah, kecewa, kepahitan, putus harap, segala sesuatu yang mengaduk-aduk pikiranmu, apa bisa tidur dengan tenang? Kan gakk…! Kalao gak bisa tidur berhari-hari, orang sekuat Simson juga pasti akan kepayahan…dan jatuh sakit. Menjaga kesehatan jiwa juga penting ketibang menjaga penampilan atau kesehatan fisik. Untuk itu YESUS datang, dan menawarkan…MARILAH KEPADAKU SEMUA YANG LETIH LESU DAN BERBEBAN BERAT, AKU AKAN MEMBERI KELEGAAN KEPADAMU !!

Ayat itu apa berbicara kepada orang ygn lelah letih lesu secara fisik? Bukan mass…! YESUS gak buka kedai Cendol Dawet….buat yang laper dan haus, capek, habis angkat beras berkarung-karung, silahkan mampir ke kedai YESUS, dan diberikan segelas es teler…..gak gitu… tapi ayat itu berbicara tentang jiwa yang penat, jiwa yang lesu, jiwa yang berbeban berat, jiwa yang pegel ngeliat kelakukan orang-orang disekitarnya…pokoknya SEMUA orang yang capek jiwanya….sebelum jiwamu error dan korslet….cepatlah datang kepada YESUS…!! DIA akan memberi KELEGAAAN kepadamu !! didalam bhs inggrisnya, REST….ketenangan !!

Kalau orang meninggal dunia, kebanyakan ditulis RIP (REST IN PEACE), maksudnya apa sehh…? Maksudnya itu orang sudah meninggal, sudah tenang, gak grasa grusu lagi, udah gak ada yang gangguin lagi, pikiran juga udah tenang, gak repot dikejar-kejar utang, atau hati kebat-kebit saat tagihan datang…semuanya udah tenang…

REST yang Yesus berikan bukan sodara berganti status menjadi almarhum, tetapi REST didalam JIWA selama engkau hidup !! enak kan punya jiwa yang anteng, enteng, tenang, damai sejahtera…? So pasti sodara-sodara…!!

Nah, kembali ke ayat pagi ini, SEGERA YESUS berseru kepada mereka, TENANGLAH, INI AKU, JANGAN TAKUT…!

Hari ini bagi sodara yang gundah gulana, jiwa yang gelisah, jiwa yang penat, TUHAN bersabda, TENANGLAH…AKU ADA, JANGAN TAKUT…!

Kalimat, JANGAN TAKUT, seringkali didapatkan di berbagai ayat alkitab, TUHAN tahu, pada dasarnya kita ini orang penakut. Ada seorang tentara yang gagah perkasa, garang, dan ganas, eh…pas mau disuntik, gak berani, ketakutan. Looh kok bisa yaa…? Orang yang kelihatan hebat, gagah itu bisa takut ama jarum suntikan yang kecil??

Gak ada jaminan orang gak bakalan takut, ada yang takut sama jarum suntik, ada yang takut mati, ada yang takut gak makan besok, ada yang takut kena penyakit COVID 19, sampe cuci tangan berkali-kali, mandi sesering mungkin, semprot sini sana semua ruangan…termasuk badannya… ada yang takut akan masa depan, takut gak dapet jodoh, takut dimarahi boss, takut sama istri, takut nerima telpon istri, pokoknya banyak ketakutan yang kita alami dari sejak kecil sampe sekarang. Nah TUHAN tawarkan solusinya…anti takut, anti kuatir, anti gelisah, terimalah tawaranNYA.

Yoh 6:21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Markus 6:51 Lalu Ia naik ke perahu mendapatkan mereka, dan anginpun redalah. Mereka sangat tercengang dan bingung

Who Is This? - World Mission Society Church of God

Apa yang mereka lakukan? Mereka mempersilahkan YESUS naik ke perahu, persilahkan YESUS masuk dalam perahu hidupmu, maka gelombang badai, akan menjadi teduh, angina sakal menjadi reda. Ingin gelombang reda? Persilahkan Yesus masuk dalam hidupmu, sederhana kan…?!

Yohanes menuliskan kalimat yang menarik setelah YESUS ada di perahu, SEKETIKA ITU JUGA, perahu sampai ke pantai…!!!

Apa maksud kalimat itu? Coba renungkan… kalimat itu kan berkata gini ya..YESUS naik ke perahu, tau-tau perahu itu nyampe ke tempat tujuan…nyampe secepat kilat…gak perlu dayung dayung sampan lagi…tahu-tahu sampai dalam sekejap…widdihhh…enak bingitss…tamasya dengan YESUS…transportasi lancar jaya, aman tentram.

Pesan yang ingin Yohanes sampaikan adalah, sewaktu menghadapi gelombang badai, waktumu terbuang habis, tenaga terkuras habis, untuk memikirkan pergumulanmu, berapa waktu yang terbuang sia-sia? Untuk menyelesaikan masalah hidupmu, berapa jam, hari, minggu, bulan, bahkan tahunan kau habiskan ? saat TUHAN datang menolong, engkau gak perlu tunggu lama, dalam sesaat TUHAN pulihkan segera…!

Kalau YANG EMPUNYA LANGIT dan BUMI sudah turun tangan, manalah urusan yang gak beres…? Urusan KTP yang gak kelar-kelar urus sampe tahunan…urusan sertifikat tanah yang gak selesai-selesai, kalo Presiden turun tangan, segala macem Lurah, Camat, RT, RW mana berani lagi males malesan…! Apalagi ini YESUS yang bertindak, manalah Angin sakal macem-macem…gelombang macem-macem, mereka langsung ceppp diem, langsung sunyi, hening…..

Dan lajunya perahu hidup mereka juga gak pake lama, Yesus gak perlu pakai kekuatan Sembilan rembulan ala sailor moon, pokoknya tahu-tahu perahu sampe aja.

Waktumu yang terbuang selama urus masalahmu, TUHAN gantikan dengan cepat. Ada buktinya gak di Alkitab? Ada banyak bradder en sista….!!

Yusuf…dia berada di penjara, selama dua tahun lebih dia ada di penjara, waktunya habis disana. Tetapi produktivitas nya tetap berjalan dengan baik, Tuhan pelihara. Saat Tuhan pulihkan, dalam waktu satu hari, dia sudah duduk menjadi orang kedua terhebat di Mesir !! hanya dalam sekejap saja !!

Contoh lain lagi, Ayub, udah bangkrut krut..krut…alias hartanya habis banget…hartanya ludes dalam semalam, anak-anak mati dalam semalam, kena penyakit parah pula…! Berapa lama ALLAH pulihkan keadaannya? Berbulan-bulan? Gak…!! Alkitab tidak menyebutkan berapa lamanya, tetapi saya yakin saat Tuhan menyembuhkan, hanya dalam sekejap ayub sembuh, dan pulihkan hartanya, bisnisnya !

Yesus menyembuhkan orang sakit pake lama gak…? Yesus gak  bilang, minum puyer ini sehari tiga kali selama dua minggu yaa…kalo gak sembuh, balik lagi yaa…nanti dikasih antibiotic….heyy…Yesus bukan Mantri Puskesmas !! YESUS langsung kebaskan tangan saja, itu kuman, bakteri, jamur, virus penyakit, lantas rontok, mrotol mrotol…!!

Sodara, berjalan dengan TUHAN itu hemat waktu, gak ngabisin waktu. Sodara utak atik masalahmu, dengan kekuatan sendiri, dengan akal pikiran level S1, S2, S3 mu, malah banyak waktu yang terbuang, kalau sodara intim dengan TUHAN, hemat waktunya gini, banyak masalah yang seharusnya tidak terjadi akan dapat sodara hindari. Coba kalau sodara bawa dahulu, rencanamu, apa yang hendak kau kerjakan, bawa kedalam tangan TUHAN, ada banyak hal-hal yang akan merepotkanmu dikemudian hari, dapat dihindari. Paham yaa..!

Sekarang gimana donk…? Saya udah pake kekuatan sendiri, gak kelar-kelar, udah banyak waktu, tenaga, uang yang kebuang percuma disitu….gak ada kata terlambat mbakyuuu…cepetan dudukan YESUS dalam perahu masalahmu, undang DIA masuk dalam setiap pergumulanmu, pasti dan pasti sesuatu akan terjadi!!

Udah dulu yaa…udah weekend nih…disambung lagi hari senin…

lagu untuk weekend ini: KU mau Cinta Yesus selamanya

Have a blessed weekend…!!

 

No comments:

Post a Comment