Monday, August 10, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –7D

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Petrus berjalan di atas air

Matius 14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." 14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. 14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" 14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"14:32 Lalu mereka naik ke perahu dan anginpun redalah.

Kisah Yesus berjalan diatas air akan kurang lengkap jika tidak dimasukkan kisah Petrus berjalan diatas air. Karena peristiwanya itu ada dalam waktu yang  bersamaaan. Matius menulis lengkap kisahnya.

Reaksi murid-murid sewaktu melihat ada sosok bercahaya makin lama makin mendekati perahu mereka, mereka panic dan ketakutan. Sudah takut bertambah takut, tadinya takut karena gelombang yang menimpa perahu hidup mereka, sekarang ditambah takut yang menyebabkan jiwa yang goncang. Tubuh dan jiwa dihantam gelombang. Saat kekalutan, ketakutan itulah, Tuhan berkata: Tenanglah ini, Aku jangan takut !

Nah, kebayang gak, ditengah badai topan mengamuk, suasana yang cukup tegang, ribut, berisik, Yesus berseru! Pastilah seruanya bukan nada yang lembut, atau nada suara yang normal seperti orang ngobrol. Pasti Yesus berteriak nyaring, agar suaraNya terdengar oleh murid-muridNya.

Di tengah suasana seperti itu, réaksi Petrus, seorang murid Tuhan yang pemberani, dan spontanitas, dia langsung berkata : Tuhan kalo itu Engkau, suruhlah aku datang kepadaMu berjalan diatas air. Petrus berkata demikian saya rasa tidak ada keinginan untuk show off, bahwa dia bisa jalan diatas air. Tetapi  itu reaksi yang wajar saja.

Peristiwa Yesus berjalan di atas air, itu pertama kalinya mereka lihat. Belum pernah ada mujizat itu sebelumnya, jadi mereka juga takjub, kaget, terheran-heran, dan gak tau mau ngomong apa. Petrus tahu dia gak akan bisa berjalan diatas air, makanya dia bilang : TUHAN SURUHLAH AKU untuk berjalan diatas air. Petrus meminta Yesus yang menyuruh dia datang untuk berjalan di atas air. Mungkin semula sekedar iseng aja, asal ngomong, eh ternyata dikabulkan !!

Ada gak diperistiwa dalam hidupmu, mungkin sekedar ngomong aja, atau bergumam dalam hati, eh tahu-tahu terkabul !! saya pernah, suatu saat saya berpikir aja didalam hati, eh…kayaknya udah lama gak makan bika ambon, kepingin rasanya. Eh..next day, tahu-tahu ada orang bawa bika ambon masih fresh lagi dari Indo !! kaget juga…kok bisa yaa..baru kepingin, belum dibicarakan, eh..tahu-tahu terkabul !! hmm….coba tadi ngomong “bika ambon” nya diganti berlian, batu permata, emas murni…? Kira-kira terwujud gak yaa…?? Jawab sendiri deh…

Surprisingly, Yesus menjawab permintaan Petrus : Datanglah !!! waaah….!! Bingung juga kan…kalao kita minta sesuatu yang mustahil tiba-tiba dikabulkan gak pake lama…kita bisa kebingungan…!! Saat sodara sedang mencari perkerjaan, baru kirim satu lamaran, eh tahu-tahu besok diterima. Yang seharusnya girang, lompat-lompat en hepi, ini malah kita bengong sejenak, ragu, apa ini mimpi…? Apa ini beneran…? Malah curiga…kok gampang banget keterima…? Jangan-jangan ini perusahaan abal-abal…?

Saat satu cowok lagi ngedeketin cewek, baru satu dua kali bertemu, lalu si cowok bilang : eh..kamu mau jadi cewek aku gak..? lantas si cewek itu bilang : mau..mau..mau…!! si cowoknya pasti kaget, bingung, garuk-garuk kepala…haaa...koq langsung mau yaa..?

Petrus mendengar ajakan Tuhan, dia segera bertindak, tadinya dia minta, lantas dikabulkan, dan dia konsekwen untuk menerima ajakan itu. Tadinya sodara berdoa meminta sesuatu, setelah dijawab, jangan malah sodara mundur lagi, akh gak jadi…yee…gimana ini coba..?

Yesus berkata kepada Petrus : DATANGLAH !!! kenapa Yesus tidak menuntun Petrus untuk berjalan diatas air? Kan Petrus belum tahu bagaimana caranya berjalan di atas air? Petrus gak punya ginkang yang kayak di video silat, bisa ngapung diatas air.

Disinilah yang dikatakan, iman dan perbuatan itu bekerja ! kalau engkau beriman, lakukanlah apa yang engkau Imani, maka sesuatu akan terjadi. Yesus menungu tindakan Petrus, chanel undangan berjalan diatas air sudah dibuka, tinggal keputusan Petrus mau apa gak..bukan urusan Tuhan lagi, sekarang di bagian Petrus yang menentukan. Seringkali Tuhan sudah menjawab doa, serta permintaan kita, tetapi kita malah menjadi ragu, setelah doa dijawab. Kita tidak berani melangkah, tidak berani bertindak, tidak berani keluar dari perahu yg nyaman.

14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus

Jesus Walks on Water: Bible Story Summary and Lessons

Kita lihat reaksi Petrus secara spontan dia mengiyakan, dan dia segera bertindak. Petrus turun dari perahu…!! Ini pelajaran penting, Petrus yang turun dari perahu, Yesus tidak mendorong Petrus, Yesus tidak memegang tangan Petrus, Yesus tidak menuntun Petrus…tetapi Petrus yang turun dari perahu. Sodaralah yang harus bertindak melangkah…jangan tunggu kehadiran malaikat untuk membawa pesan khusus dari Tuhan, atau mimpi-mimpi untuk memperjelas jawaban, itu bisa-bisa keburu basi..! terlalu banyak mikir, pertimbangan sini sana, membuat analisa sebab akibat, malah membuat sodara buang-buang waktu.

Petrus mau bergerak, mau bertindak, karena TUHAN YANG SURUH !!! ini penting…Petrus minta bisa berjalan diatas air, TUHAN kabulkan, TUHAN suruh dia DATANG ! kalau Tuhan gak suruh, jangan sodara coba-coba praktekkan lompat dari perahu saat berada di samudra pacific atau samudra Hindia…bisa-bisa langsung berubah statusmu jadi almarhum !

Kita bertindak karena ada perintah Tuhan, karena ada janji Tuhan, karena ada tertulis di alkitab. Jangan  bertindak suka-suka, atau semaunya..atau claim janji Tuhan secara serampangan, salah mengartikan Firman Tuhan, salah pengajaran, bisa-bisa sodara nyasar ditengah jalan dan mengalami banyak kerugian atau kecelakaan.

Tempatkan posisi sodara menjadi Petrus, apakah engkau akan bertindak sama seperti Petrus? Langsung turun ke laut yang sedang bergelora…? Kalau saya akan spontan melompat…tapi kalau itu di kolam renang, yang dalamnya kurang dari 2 meter…! Lahhh…itu mah gak perlu iman…gak perlu repot repot minta sama Yesus…gak bisa jalan diatas air, masih bisa berenang..

Petrus ini murid yang pemberani, dan dia langsung bertindak, keluar dari zona nyamannya, dia tahu kalau itu TUHAN pasti dia akan ok. Gimana kalo itu bukan Tuhan? Gimana kalo itu bukan suara Tuhan? Udah keluar dari perahu, udah lompat, kan bisa nyaris tenggelam? Kalaupun Petrus jago berenang, tetap berbahaya dan beresiko brooo….ini bukan kolam renang, ini di danau besar, dan sedang terjadi gelombang, tambahan pula jam 3 dini hari, suasana gelap pekat.. !!

Petrus mengenali itu suara TUHAN YESUS. Penting ini bagi kita untuk mengenali kehendak TUHAN, mengenali suara TUHAN kita. Pelajaran YESUS sebagai gembala yang baik, memberikan pengertian kepada kita bahwa domba-domba Tuhan memiliki kemampuan untuk mendengar serta mengenali suara gembalanya. Bagaimana kita bisa mengenali suara seseorang? Kalau sodara sering berkomunikasi, sering jalan bareng, sering berfellowship, sodara akan mengenali suaranya saat orang itu telpon, meski pake nomor telpon orang lain. Bahkan kalao orang yang tinggal satu rumah, sodara bisa mengenali dari  suara orang berjalan, atau dari batuknya saja kita udah kenal siapa yg batuk itu, saking deketnya sodara kenal.

Petrus tahu itu suara Tuhan, makanya dia langsung meresponi. Apa yang terjadi??? Mujizat terjadi !! PETRUS berjalan diatas air !! wooow…!! Sayang waktu itu belon ada hp, kalo ada, pastilah kalao di upload di IG, akan viral sepanjang hari…!

Mujizat terjadi saat sodara melangkah, mujizat terjadi saat sodara bergerak !! peristiwa lima roti dan dua ikan, pelipatgandaan terjadi saat roti itu dibelah, saat ada tindakan. Beranilah melangkah…!

Have a blessed day !

                                                                 

No comments:

Post a Comment