Tuesday, August 11, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –7E

Daily Devotion – Alive & Transformed 

Petrus berjalan di atas air -2

Matius 14:28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air." 14:29 Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. 14:30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!" 14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"14:32 Lalu mereka naik ke perahu dan anginpun redalah.

Yesus berjalan di atas air, gak heran, karena Yesus mempunyai kuasa. tetapi Petrus berjalan diatas air adalah luarbiasa. Bukan kemampuan Petrus, tetapi karena kuasa Yesus, pada saat Petrus melangkahkan kaki keluar dari perahu, apa yang terjadi…? Kaki yang seharusnya tenggelam, mendadak..kakinya bisa berjalan diatas air….pastilah Petrus heran…kok bisa yaa…?  Hebattt ya aku…? Bukan pak Pet, itu karena YESUS. Kuasa Yesus memampukan kamu berjalan diatas air. Hari-hari selanjutnya mah gak lagi pak Pet..

Petrus menikmati saat berjalan di atas air, mungkin murid-murid yang lain terpukau, serta bertanya-tanya, kok bisa yaa…? Saat Petrus berjalan mendekati Yesus, dia merasakan adanya tiupan angin…dan tiupan angin itu menyadarkan dirinya….heyyy…kamu itu manusia, manalah bisa manusia berjalan diatas air…sebentar lagi kamu akan tenggelam

Saat Petrus menerima pemikiran negative itu, ditambah lagi, dia lihat kepekatan malam, mungkin dia nengok kiri kanan, dan lihat gelombang serta kedahsyatan malam…hatinya mulai bimbang..dan takut…! Saat dia bimbang dan takut itulah…perlahan-lahan…kakinya mulai tenggelam…dia makin panic, pikiran manusianya bekerja, gak mungkin kamu bisa jalan…inikan di laut bukan didarat… dan itu membuat dia tidak focus kepada YESUS lagi, makin lama makin tenggelam, makin lama makin paniklah ia…seringkali situasi sekeliling kita membuat kita panik, bimbang dan takut. saat kita berpikir...jangan-jangan aku akan tenggelam...ini spertinya tanda-tanda penyakit cancer...jangan-jangan aku kena....aduh...kok aku pilek, demam, jangan-jangan tertular Covid..??

makin dipikir, makin dirasa akan semakin tenggelam....

Jesus walks on water

Segera dia berseru…TUHAN tolonglahhhh…!!

Saat Petrus berseru,  apa yang YESUS lakukan? SEGERA YESUS mengulurkan tanganNYa  !! inilah yang YESUS lakukan saat anak-anakNya berseru kepada DIA ! SEGERA…gak pake lama….gak pake ditunda-tunda…TUHAN tahu kalau DIA tidak bertindak, pastilah Petrus makin tenggelam, DIA bertindak cepat. TUHAN tahu apa yang sedang terjadi, DIA tidak menunda-nunda pertolonganNya.

Ketika menghadapi persoalan hidup yang berat seringkali kita bersikap seperti murid-murid Yesus.  Reaksi pertama kita adalah takut, kuatir dan bimbang, padahal kita tahu bahwa Tuhan sanggup menolong dan memberi jalan ke luar untuk setiap persoalan kita, tapi kita tetap saja terpengaruh situasi yang ada.  Akhirnya mata hati kita tidak lagi tertuju kepada Tuhan melainkan makin tenggelam dan larut dalam masalah, sehingga kita tidak lagi menyadari kehadiran Tuhan.  Kita berpikir bahwa Tuhan begitu jauh meninggalkan kita, padahal Ia sangat dekat, hanya sejauh doa kita.  "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu."  (Roma 10:8).  Seruan dan permohonan Petrus saat tenggelam benar-benar lahir dari pengakuan imannya kepada Yesus.  Petrus sadar bahwa di luar Tuhan ia tidak bisa berbuat apa-apa, kekuatannya sangat terbatas.  Satu-satunya Pribadi yang sanggup menolongnya hanyalah Tuhan Yesus.

     Di segala keadaan, bukan hanya saat-saat sukar dan bermasalah, seharusnya mata hati kita terus tertuju kepada Tuhan dan firmanNya.  Jangan sampai situasi di sekitar kita membelokkan iman dan pengharapan kita kepada Tuhan.  Ketika kita mulai terpengaruh, rasa takut dan bimbang menguasai hati dan pikiran kita sehingga iman dan firman yang ada di dalam diri kita tidak dapat berfungsi secara efektif.  Sebaliknya ketika mata rohani kita tetap fokus dan kita bergantung penuh kepada Yesus kita akan dimampukan untuk terus berjalan di atas 'air', melewati angin dan badai kehidupan.  Karena itu bangunlah kekariban denganNya dan renungkan firmanNya setiap hari supaya iman kita makin kuat.

saudara bisa berjalan diatas air gelombang persoalan hidup. Jangan pernah merasa sendiri dalam menjalani hidup ini, ada Tuhan yang selalu menyertai kita;  dengan suaraNya yang lembut Ia selalu mengingatkan,  "Aku ini, jangan takut!"

Haleluya …!

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment