Thursday, August 6, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –7a

Daily Devotion – Alive & Transformed 

Yohanes 6:16-21 Mujizat Yesus Berjalan di atas Air

Yoh 6:16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 6:17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 6:18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 6:19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 6:20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!" 6:21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Agar lebih dapat gambaran yang lebih jelas, kita lihat juga di kitab Markus 6

Markus 6:45 Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan berangkat lebih dulu ke seberang, ke Betsaida, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. 6:46 Setelah Ia berpisah dari mereka, Ia pergi ke bukit untuk berdoa. 6:47 Ketika hari sudah malam perahu itu sudah di tengah danau, sedang Yesus tinggal sendirian di darat. 6:48 Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka. 6:49 Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira bahwa Ia adalah hantu, lalu mereka berteriak-teriak, 6:50 sebab mereka semua melihat Dia dan merekapun sangat terkejut. Tetapi segera Ia berkata kepada mereka: "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" 6:51 Lalu Ia naik ke perahu mendapatkan mereka, dan anginpun redalah. Mereka sangat tercengang dan bingung,

Peristiwa ini terjadi setelah mujizat Yesus memberi makan lima ribu orang. Yesus memerintahkan murid-muridNya pergi ke sebrang, sementara itu Yesus menyediakan waktu untuk berdoa.

Murid-muridNya pergi ke sebrang danau atas perintah Tuhan bukan kemauan mereka sendiri, harusnya perjalanannya akan lancar dan mulus, gak ada macet-macetan atau padat merayap, apalagi kehabisan bensin, pokoknya kalau Tuhan yang perintahkan pasti akan lancar jaya mas...ehh siapa bilang? Buktinya di ayat ini, Tuhan yang perintahkan mereka ke sebrang danau, kok malah ada badai, malah mereka mengalami peristiwa naas, harusnya kan gak..tul gak…pemirsahh…? Gak..! 

Ikut Tuhan Yesus tidak ada jaminan gak akan ada masalah, menjalani perintah Yesus tidak ada jaminan lancar jaya, aman tentram, mulus tanpa hambatan….gak ada jaminan sama sekali. Lahhh koq gituuu...? Mendingan ikut junjungan yang lain aja dong... silahkan saja sista.. , tapi denger ye...disana juga gak ada jaminan gak akan susah, tambahan lagi itu junjungan gak janji akan menyertaimu. Kesusahanmu harus kau pikul sendiri. Nah loohh...! 

Nah, Tuhan kita beda, TUHAN jamin, DIA tidak akan meninggalkanmu, DIA akan Menyertai sodara sampai kesudahan alam. Jadi menghadapi situasi sekarang ini, ya sudah gak perlu komplen sini sana, hadapi aja…emang udah kayak gini…yang penting masih ada TUHAN sama kita !

Sementara murid-muridNya jalan duluan. Yesus menyediakan waktu untuk berdoa! ini yang keren prensss…!! Kebayang gak ya…habis ngajar sepanjang hari dari terbit matahari sampai terbenam, lanjut ngasih makan lima ribu orang, apa setelah itu orang banyak langsung bubar…lantas suasana jadi sepi..? Pastinya ada beberapa orang yang masih melongo, berdecak-decak kagum, mengalami peristiwa roti dan ikan yang gak ada habisnya.  Mungkin mereka masih kongkow kongkow dulu barang satu dua jam, sampe di Markus 6:45 bilang, Tuhan suruh mereka pulang, itukan memberi penjelasan, mereka gak pulang pulang, lagi heboh ngerumpi. Mungkin pula kalo zaman now, pastilah Yesus diserbu banyak orang, berebut pengen selfie. Kondisi Yesus saat itu pastilah lelah sangat, pengen menyendiri, pengen istirahat, rebahan bentar. Tetapi hebatnya, ayat itu, tidak mengatakan, lalu Yesus tidur pules kecapean…tidak sodara-sodara…yang ditulis adalah,  YESUS pergi ke bukit, ke tempat yang lebih tinggi lagi, untuk BERDOA…BERDOA…untuk apa…? BERDOA…! Meski capek, lelah, letih, lesu, tetap BERDOA. Waduhh…kok bisa yaa…capek capek gitu doa? Mana konsen? energy nya darimana…? Kalo Ay mah udah tergeletak pules…kalo Ay kepinginnya minum es kelapa muda atau es dawet…sambil berendem di bak mandi...

Tuhan Yesus memberi contoh buat kita semua,  meski lelah, capek seharian, tetapi intim dengan BAPA di SURGA tidak DIA lewatkan. Jangan lewatkan satu hari tanpa sediakan waktu INTIM dengan TUHAN. berapa banyak waktu yang dihabiskan intim dengan gadget? Berapa banyak waktu untuk intim dengan Tuhan? ooppss…jangan keras-keras pak pendeta, eyke malu..

Markus 6:48 Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka berjalan di atas air dan Ia hendak melewati mereka.

A lifeguard who walks on water - Denison Forum

Markus mencatat lebih terperinci, jam berapa kejadian itu? jam 3 malam…apakah udah ada tanda-tanda matahari terbit? Belum ada komandan…! Berarti hari masih sangat gelap, kalo di laut pada waktu malam lebih mengerikan dari di darat, didarat masih ada penerangan dari penduduk setempat, di laut mana ada…? Yang ada kegelapan yang sangat pekat, pernah naik pesawat malam-malam? Saat sodara lihat ke jendela pesawat apa yang sodara lihat? Gelap pekat…gak bisa lihat apa-apa…biar sodara tajamkan mata, coba lihat sini sana…gak bisa lihat apa-apa… begitu juga dengan perjalanan laut di waktu malam, gelap pekat. Kalo pas bulan purnama, masih mending, ada cahaya redup-redup…tetapi kalo gak ada, suasana gelap gulita.

Dalam kegelapan malam itu, Yesus berada jauh dari perahu mereka, tetapi kalimat yang mengatakan IA MELIHAT betapa payahnya mereka mendayung….itu kalimat yang luarbiasa…!! YESUS melihat didalam kegelapan malam, bahkan dalam situasi jarak yang tidak dekat…ini membuktikan bahwa mata YESUS tidak rabun jauh…! Meski gelap pekat, DIA tetap bisa melihat !! woooww…!! Ini luarbiasa sodara-sodara..! mata TUHAN ada disegala tempat, melihat apa yang sedang terjadi dengan umatNya. 

Apakah sodara sedang mengalami badai? Sedang berada dalam kegelapan malam? Dimana orang lain tertidur lelap, sodara menghadapi persoalan itu seorang diri, nobody help you? Sodara merasa berat mengayuh perahu kehidupan sodara, perahumu terhalang angin badai, topan gelombang…? Saat sodara merasa tidak ada orang lain disekitar sodara, tahukah ada sepasang mata dari Surga, yang memperhatikan sodara..! Yesus melihat betapa payahnya murid-muridNya mendayung perahu….Yesus melihat betapa payahnya sodara mendayung perahu kehidupanmu ini….lantas apa yang akan DIA lakukan??

DIA mendatangi murid-muridNya….Yesus mau mendatangi sodara…! Tuhan kita bukan Tuhan yang cuek…akh..gua lagi capek…besok aja...Tuhan kita gak kayak gitu…DIA turun tangan langsung brooo….!! Gak pake  utus ajudanNya atau malaikat gitu…gak…YESUS sendiri turun tangan…! Karena DIA tahu percis sifat karakter murid-muridNya….

Yesus tadi ada di bukit, murid-murid ada di tengah danau sedang panic, berapa jarak antara bukit dimana Yesus berada dengan keberadaan murid-muridNya? 100 meter? 200 meter? Ya gak mungkin…   1 Km? 2 Km? 5 Km? mungkin juga…yang pasti itu bukan jarak yang dekat.

Kalo Yesus jalannya slowly…turun bukit…menyusuri pantai…lalu cari perahu nelayan, minjem, atau minta nelayan anterin…itupun kalau ada nelayan disekitar pantai, kalo gak…Yesus pergi ke rumah penduduk sekitar pantai, ketok ketok pintu….mau minjem perahu…..waduhhh….itu butuh waktu cukup lama…setengah jam belum tentu sampe disana….sedangkan suasana udah urgent banget…ibarat udah kebelet…gak bisa ditunda lagi….gimana donk…?

Disini TUHAN tahu kebutuhan umatNya, TUHAN tidak pernah terlambat menolong umatNya..!! gak usah diajarin, gak usah dinasehatin, TUHAN ngerti persoalanmu, TUHAN tahu kapan saatnya menolongmu, TUHAN tahu caranya…!!  Wooww…makin jatuh cinta akyu padaMu YESUS

Bersambung….

Have a blessed day…!


No comments:

Post a Comment