Tuesday, November 24, 2020

CERMIN FIRMAN TUHAN

 Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Firman Tuhan dapat menguduskan kehidupan orang percaya. Firman Tuhan dikatakan seperti cermin, pada saat kita membacanya dan merenungkannya, seperti kita memandang wajah kita di cermin, kita dapat melihat spot, kejanggalan, kesalahan, dosa, dan kemudian mengambil langkah untuk  memperbaikinya. Membaca Firman Tuhan harus disertai dengan tindakan. 

Yakobus 1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. 1:23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. 1:24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.

Kita masih hidup di dalam dunia ini. Tetapi sistem atau pola hidup dunia kian bertambah jahat dan semakin menyimpang dari kebenaran di hari-hari menjelang kedatangan Tuhan, sehingga keberadaan gereja di tengah dunia seperti anak domba di tengah kawanan serigala:  "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati."  (Matius 10:16). 

Di tengah dunia yang jahat gereja dipanggil untuk tidak menjadi serupa dengan dunia  (Roma 12:2), karena itu dunia sangat membenci dan memusuhi gereja-Nya.  Tetapi Yesus berdoa,  "Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat."  (Yohanes 17:15). Dalam hal ini tidak ada yang perlu ditakutkan dan dikuatirkan karena ada Roh Kudus yang diutus untuk menjaga, melindungi dan menyertai gereja-Nya sampai kepada akhir zaman  (Matius 28:20b).

Kita semua atau GerejaNya dipanggil bukan untuk memusuhi dunia atau menjauhkan diri dari dunia, melainkan untuk menjadi garam dan terang bagi dunia ini.  Tuhan Yesus berdoa agar Bapa menguduskan gereja-Nya dalam kebenaran  supaya gereja dapat memenuhi panggilannya, sebab tanpa kekudusan gereja tidak akan berdampak apa-apa bagi dunia.  Kata kuduskanlah menekankan kepada tindakan Tuhan yang telah dan secara aktif akan menguduskan gereja-Nya, sedangkan bagian yang harus dikerjakan gereja adalah hidup menurut pimpinan Roh Kudus, sehingga tidak lagi menuruti keinginan daging  (Galatia 5:16).

Dengan bersekutu selalu melalui FirmanNya maka hidup kita semakin disucikan, dibenarkan, saat kita mengambil keputusan mengikuti Firman Tuhan.

2 Timothy 3:16-17 ‘All Scripture is God-breathed and is useful for teaching, rebuking, correcting and training in righteousness, so that the servant of God may be thoroughly equipped for every good work.’

Maz 119:9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. 119:10 Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu. 119:11 Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

Have a  blessed day !

No comments:

Post a Comment