Monday, November 23, 2020

BUKAN DARI DUNIA

 Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 17:16 Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Wooww…pernyataan Kristus yang luarbiasa !! Kita bukan berasal dari dunia ini ! artinya begitu kita lahir baru, maka kita bukan berasal dari dunia ini, kita hidup dalam hukum kerajaan Allah. kita menjalani hidup di dunia ini sebagai seorang musafir yang sedang berkelana di bumi ini.

Yesus juga bukan berasal dari dunia ini, Dia tidak pernah berasal dari dunia ini, bukan lahir karena hubungan suami istri. Yesus meminjam rahim Maria untuk datang ke dunia ini sebagai bayi manusia,  bertumbuh seperti manusia normal, membawakan manusia kembali kepada jalan Allah, dan menyelamatkan manusia dari kematian kekal.

Karena Yesus bukan berasal dari dunia ini, Yesus tinggal didalam hidup kita, maka Roh Kristus yang ada di dalam kita, jelas bertentangan dengan roh dunia ini. Karena itu bisa saja kita dibenci oleh dunia, tidak disukai oleh dunia, dan itu sudah menjadi nasib yang harus kita tanggung. Kita tidak cocok dengan dunia ini, sama seperti Guru kita, Yesus.

Sama  seperti saya, orang Indonesia merantau di Singapore, karena lahir di Indonesia, bertumbuh di Indonesia, maka saat saya berada di Singapore, ada beberapa hal yang gak cocok, terutama masalah selera, bagi saya makanan Singapore kurang bumbu, kurang nendang rasanya. Bagi anak-anak saudara yang lahir di Singapore, cocok cocok aja, mengenai masalah selera. Karena lahir dan dibesarkan di Singapore.


Kita ada di dunia, tinggal di dunia tetapi kita bukan berasal dari dunia ini. kita tidak lagi hidup dibawah tekanan setan, penguasa dunia. kita tidak lagi hidup menurut hukum dosa ataupun diikat dengan prinsip dunia. Tetapi kita diubahkan hari demi hari sesuai dengan citraNya, sehingga ketertarikan kita dengan dunia ini semakain lama semakin berkurang saat kita dewasa didalam Kristus. 

Berada didalam (in) dunia ini artinya kita masih dapat menikmati segala yang ada didunia ini, karena dunia ini adalah milik Bapa kita, tetapi kita tidak tenggelam dalam nilai nilai dunia atau mengejar kesenangan dunia. Pleasure is no longer our calling in life, as it once was, but rather the worship of God.

We are not to engage in the sinful activities the world promotes, nor are we to retain the insipid, corrupt mind that the world creates. Rather, we are to conform ourselves, and our minds, to that of Jesus Christ (Romans 12:1-2). This is a daily activity and commitment.

Kita bukan berasal dari dunia, karena itu kita harus ingat hal ini, bahwa tindakan kita, gaya hidup kita, caranya berbicara, bekerja, berpikir, harus diselaraskan dengan filosofi Kerajaan Allah. 

Karena kita bukan berasal dari dunia, maka kita memiliki kemampuan supranatural untuk mengatasi masalah kita dengan pertolongan Roh Kudus. Kisah superhero, Superman yang bukan berasal dari bumi, dia memilki kemampuan supranatural yang tidak dimiliki orang biasa, karena dia berasal dari planet lain.  kita memiliki kuasa untuk “memindahkan gunung”, kuasa perkataan, segala karunia Roh dapat bekerja didalam hidup kita, sejauh kita membuka diri kita untuk menjadi saluranNya.

Efesus 5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang,

Have a blessed day !

 

 

No comments:

Post a Comment