Friday, November 27, 2020

Doa Tuhan Yesus bagi umatNya

 Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 17:20 Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;

Ayat ini sangat luar biasa, menjelaskan tentang hal yang banyak orang tidak menyadari didalamnya.

Renungan pagi hari ini saya ingin menyampaikan dua hal:

Sebagai hamba Tuhan saya berkotbah, memberitakan injil, dengan tujuan bagi orang yang belum terima Yesus sebagai Juruslamat, maka mereka akan datang kepada Yesus, bagi yang sudah menjadi pengikut Tuhan agar mereka berjalan didalam terang. Tetapi saya harus menyadari bahwa kalau itu semua  terjadi bukan karena kefasihan saya bicara, atau kepandaian berkotbah, atau mengupas firman Tuhan, tetapi karena orang yang mendengarkan firman Tuhan itu, mereka didoakan oleh Tuhan Yesus.

Saya tidak boleh bermegah atas buah pelayanan saya, dan berbangga diri kalau gereja menjadi besar, banyak orang datang beribadah kepada Yesus, saya harus menyadari bahwa itu semua karena karya Roh Kudus yang menginsafkan serta Tuhan Yesus yang mendoakan mereka.

Bagi saudara yang memberitakan injil, atau sharing gospel kepada teman-temanmu, atau siapa saja, ingatlah bahwa saudara tidak bekerja sendirian, tetapi Yesus mendoakan saudara sebagai hambaNya, dan Yesus mendoakan jiwa-jiwa yang saudara layani.

Ada pengkotbah yang sangat fasih dalam menyampaikan Firman Tuhan, setiap kali berkotbah dapat menyedot orang banyak. Tetapi ada pula yang tidak fasih menyampaikan firman Tuhan, tetapi ada juga jiwa yang dimenangkan. Keduanya itu tidaklah tergantung atas kemampuan dari seseorang tetapi semata-mata karena ada Yesus yang menjadi pendoa syafaatnya.

Bagian dari pemberita firman Tuhan, siapkan dengan baik apa yang bisa dipersiapkan, selanjutnya adalah karya Roh Kudus dan Tuhan.

Kita tidak bisa menobatkan seseorang, kita tidak bisa membawa seorangpun untuk datang kepada Tuhan kalau bukan Tuhan yang menggerakkan, karena itu kita harus mengandalkan Tuhan. Tuhan yang menjadi backup saudara dalam pemberitaan injil.

Bayangkan saudara sudah mempunyai seorang pendoa syafaat yang handal, tidak tanggung-tanggung, imam besar Agung yang mendoakan saudara !!

Bagi pelayan Tuhan, mungkin bagian praise and worship team, usher, diakonia, dan lainnya, jangan lelah, ada kekuatan yang saudara dapatkan, karena Yesus menopang pelayananmu, Yesus mendoakanmu.

Yang kedua, bagi orang yang mendengarkan firman Tuhan. Saudara yang memposisikan diri saudara sebagai pendengar firman Tuhan, saudara juga ada didalam doa Tuhan Yesus. Pada waktu saudara mendengarkan firman Tuhan, tiba-tiba hatimu tersentuh, saudara tertegor oleh firman Tuhan untuk memperbaiki kelakuan, saudara merasakan kebaikan Tuhan, itu karena saudara masuk dalam daftar doa Tuhan Yesus.

Saat saudara mendengarkan firman Tuhan sewaktu ibadah di gereja, live streaming, atau pada saat saudara membaca firman Tuhan atau renungan pagi ini, tahukah saudara bahwa saudara sedang didoakan oleh Tuhan Yesus? Karena itu pada waktu saudara mengikuti ibadah, please hormati hadirat Allah, jangan main hp, atau balas WA, pisahkan itu semua, ikuti ibadah dengan tekun.

Bagaimana dengan hari ini? Saudara dan saya masih ada didalam list doanya Tuhan Yesus, kita masih didoakan oleh Tuhan Yesus  yang memposisikan dirinya sebagai Iman Besar Agung yang bertugas bersyafaat bagi umat pilihan.

Adakah ketakutan, kekuatiran, kecemasan, kegentaran akan hari esok? Adakah penderitaan, sakit penyakit, kelainan fisik, gangguan kesehatan yang saudara alami saat ini?  Yesus sedang berdoa buat saudara !!

 

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment