Friday, November 13, 2020

PEMELIHARAAN ALLAH

Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.

Inilah doa atau kerinduan Kristus untuk murid-muridNya.

Kristus memanjatkan permohonan untuk menyerahkan murid-murid-Nya ke dalam pemeliharaan dan perlindungan Bapa. Kristus tidak berdoa supaya mereka menjadi kaya dan hebat di dunia ini, atau supaya mereka mendapat kedudukan yang tinggi dan dihormati, melainkan supaya mereka terpelihara, dengan kata lain tidak jatuh ke dalam dosa. Dia meminta supaya mereka dilindungi dari bahaya-bahaya yang mengintai, marabahaya yang datang dari dunia yang masih mereka tempati ini beserta dengan kejahatan-kejahatan yang ada di dalamnya.

Mari kita simak kalimat doaNya:

Peliharalah mereka dari dunia ini.

Kristus tidak berdoa untuk menyelamatkan mereka dengan cara seperti ini: Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, yang artinya: "Aku tidak meminta supaya mereka cepat-cepat dibawa pergi melalui kematian." Jika dunia ini hanya akan menjadi pengganggu bagi mereka, maka cara tercepat untuk mengamankan mereka adalah dengan cepat-cepat menggiring mereka ke dunia yang lebih baik lagi.  Kirimkanlah kereta kuda berapi untuk menjemput mereka ke sorga. Ayub, Elia, Yunus, dan Musa juga berdoa supaya mereka dienyahkan dari dunia, saat mereka mengalami hal-hal yang menyusahkan mereka. Akan tetapi, Kristus tidak mau berdoa seperti itu bagi para murid-Nya. Kristus ingin agar mereka menjadi garam dan terang bagi dunia ini. Jadi meski susah, tekanan hidup mendera saudara, jangan minta cepat mati, Tuhan masih melihat saudara dapat membawa dampak bagi dunia.

 Sebentar lagi Kristus akan meninggalkan murid-murid, tetapi perlindungan Kristus tidak ikut pergi, Kristus telah menyerahkan mereka ke dalam perlindungan Bapa-Nya yang juga adalah Bapa mereka. Perhatikanlah, Kristus sendiri yang telah menyerahkan semua orang percaya ke dalam pemeliharaan Allah, dan hal ini sungguh merupakan penghiburan yang tak terkirakan bagi mereka semua. Orang-orang yang dipelihara Allah Yang Mahakuasa tentu saja akan aman di dalam tangan-Nya, dan Allah pasti akan memelihara mereka yang telah diserahkan oleh Anak terkasih-Nya kepada-Nya, yang melalui-Nya kita dapat menyerahkan jiwa kita kepada Allah dengan iman (1Ptr. 4:19; 2Tim. 1:12).

Saudara bayangkan bahwa saudara berada dalam pemeliharaan Bapa ! Tuhan Yesus pernah mengungkapkan kepada murid-muridNya bahwa bunga bakung, burung pipit itu semua dipelihara oleh Bapa, bahkan rambut dikepalamupun pada saat rontok, Bapa mengetahuinya, dengan kata lain, bagian hidup saudara yang paling details, Bapa tahu dan mengerti. Betapa luarbiasanya Bapa kita, pencipta alam semesta memelihara hidup kita.  Adakah lagi yang perlu kita khawatirkan? Adakah lagi yang perlu kita takutkan? Jangan kuatir akan kebutuhan sehari-harimu, ada Bapa yang memelihara !


Yesus berdoa agar murid-muridNya terpelihara oleh Bapa. doaNya pasti akan dikabulkan. Supaya murid-muridNya tidak dihancurkan oleh kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi. Berkat doa ini, sampai hari ini pun gereja dan pelayanan Injil di dunia tetap terpelihara dengan cara yang ajaib. Jika saja Allah tidak memelihara keduanya dengan penuh anugerah, pastilah gereja dan pelayanan Injil itu sudah padam dan musnah sejak dahulu kala.

Dengan adanya pandemic yang berlangsung selama berbulan-bulan, banyak toko, usaha, bisnis bangkrut, tetapi yang luarbiasanya, Gereja masih tetap berlangsung, karena ada pemeliharaan Bapa, saudara dan saya masih hidup dalam pemeliharan Bapa,  haleluya !

 Peliharalah mereka dalam nama-Mu. 

mengandung makna :

Nama dan kehormatan Bapa serta nama dan kehormatan Yesus dipertaruhkan dalam hal pemeliharaan terhadap murid-muridNya. Jangan sampai nama Tuhan dipermalukan gara-gara pengikutnya tidak terpelihara. Pasti Bapa akan memelihara hidup kita, karena namaNya  yang kudus dipertaruhkan disitu.

Doa ini bisa bermakna, Peliharalah mereka di dalam iman pengenalan dan rasa takut akan nama-Mu. Peliharalah mereka di dalam pelayanan, serta apa pun juga harga yang mereka harus bayar untuk itu. Peliharalah mereka untuk tetap memegang kepentingan nama-Mu, dan jagalah mereka supaya tetap setia kepada semua itu. Peliharalah mereka di dalam kebenaran-Mu, dalam ketetapan-Mu, serta di jalan perintah-perintah-Mu.

 Peliharalah mereka dari yang jahat, atau jauhkanlah mereka dari yang jahat. Yesus telah mengajari mereka untuk berdoa setiap hari, Lepaskanlah kami dari pada yang jahat, dan hal ini akan menguatkan hati mereka untuk berdoa.

Jauhkanlah mereka dari Iblis si penggoda itu supaya jangan ia menampi mereka, atau jangan sampai iman mereka gagal. Peliharalah mereka dari si Iblis sang perusak supaya dia tidak membuat mereka putus asaPeliharalah mereka supaya mereka jangan berbuat jahat (2Kor. 13:7).

Biarlah pagi ini kita bersyukur atas pemeliharan Bapa yang tidak pernah habis-habisnya.

Have a blessed day !

 

No comments:

Post a Comment