Tuesday, December 22, 2020

Jangan dengan tangan Hampa

 Daily Devotion Alive and Transformed

Mat 2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Kehadiran orang Majus yang berasal dari negri Timur, datang  menyembah Yesus, menunjukkan bahwa status Yesus sebagai Raja Israel, Kekuasaan-Nya bukan hanya terbatas di wilayah Israel. Bangsa-bangsa lain pun datang untuk menyembah Dia.

Orang Majus atau orang cendekiawan ini datang menyembah Yesus dengan mempersembahkan sesuatu bagi Yesus, Emas, Kemenyan dan Mur. Dengan kata lain mereka datang menyembah Tuhan dengan tidak tangan hampa, ada sesuatu yang ingin mereka persembahkan.

Ada orang datang beribadah ke gereja, beribadah kepada Tuhan ingin mendapatkan berkat dari Tuhan, tidak salah, karena Allah kita suka memberi kepada anak-anakNya. Tetapi kalau saudara datang beribadah kepada Tuhan, dengan sikap untuk memberi kepada Tuhan, itu luarbiasa ! saat kita memberi kepada Tuhan, maka Tuhan akan membalasnya berlipat kali ganda.

Ada ayat firman Tuhan yang mengatakan:

Ulangan 16:16 …..Janganlah ia menghadap hadirat TUHAN dengan tangan hampa, 16:17 tetapi masing-masing dengan sekedar persembahan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu."

Tuhan mendorong umatNya untuk saat datang menghadap hadiratNya jangan dengan tangan hampa, tetapi ada sesuatu yang dipersembahkan kepadaNya. Orang Majus datang menghadap Yesus tidak dengan tangan hampa, ada yang mereka persembahkan, mereka persembahkan Mas, Mur, Kemenyan, berbeda-beda, tidak semua emas, tidak semua Mur, tidak semua kemenyan.  Ayat 17 mengatakan, sesuai dengan berkat yang diberikan kepadamu oleh Tuhan.

Ada orang yang dapat mempersembahkan lembu, ada org yang mempersembahkan domba, ada juga hanya dapat mempersembahkan burung merpati. 

Jadi saat seseorang memberi kepada Tuhan jumlahnya bervariasi, tidak ada patokan atau ukurannya harus sekian jumlahnya. Melainkan sesuai dengan berkat yang diberikan Tuhan.  Orang yang diberkati banyak oleh Tuhan maka dia dapat memberi banyak, orang yang diberkati tidak sebanyak temannya, dia tetap dapat memberi kepada Tuhan sesuai porsinya.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment