Tuesday, December 8, 2020

MEMBUKA IDENTITAS

 Daily Devotion Alive and Transformed

Yoh 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, maju ke depan dan berkata kepada mereka: "Siapakah yang kamu cari?"

18:5 Jawab mereka: "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka: "Akulah Dia." Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.

Yesus tahu apa yang akan terjadi dalam diriNya, untuk itulah DIA datang ke dunia ini, untuk menebus dosa manusia melalui jalan salib. Yesus berani menghadapi tantangan yang ada didepanNya. Dia yang menanyakan mereka, “siapakah yang kamu cari?”. Dan Yesus juga yang menjawab : AKUlah Dia. Yesus tidak menyembunyikan identitasnya, meski Dia tahu apa yang akan terjadi kalau identitasnya dikenali.

Ester menyembunyikan identitasnya sebagai umat Yahudi, sebagai umat Tuhan karena alasan tertentu. Tetapi saat umat Tuhan akan terancam bahaya, Ester membuka identitas dia dihadapan Raja, meskipun harus dibayar dengan nyawanya.

Ada orang yang menyembunyikan identitas iman kristiani demi persahabatan, demi profesi, demi toleransi, demi harga dirinya, demi keuntungan, demi tujuan yang ingin dicapainya.

Ada orang yang malu untuk berdoa didepan teman-temannya yang bukan pengikut Kristus. Takut dianggap terlalu rohani. Ada orang yang sungkan berkata: puji Tuhan, praise the Lord, God is so good etc, karena mungkin takut orang akan menganggapnya fanatic.

Petrus berusaha menyembunyikan identitasnya sebagai pengikut Yesus, bahkan menyangkalinya demi keamanan bagi dirinya.

Identitas kita sebagai anak-anak Tuhan biarlah orang lain mengetahuinya. Tuhan Yesus  berkata bahwa kita semua adalah terang dunia, dengan sangat jelas Dia mengatakan bahwa kota diatas gunung, pastilah akan terlihat, atau tidak ada orang yang menyalakan pelita lantas menutupnya.

PELITA DI ATAS KAKI DIAN - Cahaya Pengharapan Ministries

Mat 5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Sudah saatnya untuk terang yang ada padamu bercahaya di depan orang banyak. Let the people see Christ in you.

Have a blessed day !

 

No comments:

Post a Comment