Tuesday, August 11, 2015

Sebodo teuing (akh emangnya gue pikirin)

IFC – Gereja Oikos Singapore, daily devotion 

Kalimat diatas kesannya negative, atau sombong, tdk menerima kritikan org lain. Tapi cobalah memakai kacamata positif, maka hasilnya akan lain.

Katanya, Hidup adalah suatu perjalanan... perjalanan yang letih, menyusuri jalan berliku... (salah sendiri siapa suruh milih jalan di atas bukit).  Hidup itu juga sangat kompleks, penuh dengan tantangan, penuh kebahagiaan dan tangisan, tergantung di sisi mana anda berada. Tapi yang pasti hidup tidak tertawa terus menerus, karena bisa berakhir di rumah sakit jiwa.

Ada satu hal yang membuat orang tidak bisa tenang dan menikmati kehidupannya dengan lepas, adalah  karena kepedulian yang berlebihan dengan apa kata orang. Saya tidak berbicara mengenai tindakan yang merugikan orang lain secara langsung atau tidak langsung, Saya berbicara mengenai hal hal pribadi yang jika dilakukan ataupun tidak dilakukan, tidak akan berpengaruh kepada orang lain, tapi berefek  besar  kepada kebahagiaan diri sendiri. 

Misalkan, ada org yg suka sekali dengan warna merah, tapi tidak pernah berani memakai baju warna merah, alasannya apa kata orang nanti? Kayak anak abg, genit, salah kostum….

Ada org suka nyanyi di kamar mandi, tapi pas ada tamu menginap di rumahnya, dia hentikan kegiatannya, alasannya, malu akh…apa kata tamu itu nanti, suara sember kok nyanyi2?  Oh, so what ??

Ada org takut share gospel kepada org lain, karena takut menerima kritikan, takut di tolak, takut dibilang sok rohani, takut apa kata org.

Ada org waktu ibadah penyembahan, hatinya tersentuh, dia ingin mengeluarkan airmata, tapi dia tahan, malu sama org disebelahnya.

Obsesi manusia mencari kebahagiaan itu sering berakhir dengan kehati hatian yang berlebihan dengan pendapat orang lain.

Life is short, selagi ada waktu, pakailah apa yang menjadi warna kesukaan anda, peduli apa kata orang, yang penting anda bahagia. Bernyanyilah... tidak ada juri yang sedang menilai anda di kamar mandi. Lakukanlah hal hal kecil atau besar yang selama ini ingin anda lakukan, tapi selalu dibatasi dengan pemikiran apa kata orang. Sejauh itu tidak bertentangan dengan Firman Tuhan serta norma masyarakat yg berlaku, go ahead, monggo.

Dalam ibadah minggu, pada waktu pujian dan penyembahan, jangan sungkan berexpresi, bernyanyilah dengan kuat, mau jingkrak2, monggo mas, mau mengangkat tangan, mangga mang.

Beberapa alasan mengapa kita perlu bersikap sebodo teuing, Orang lain tidak sepeduli itu (org umumnya tidak berpikir diluar dirinya) serta Mustahil menyenangkan semua.

Kolose 3:23 mengatakan : "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu untuk Tuhan dan bukan untuk manusia".

Jesus is our Redemeer !

 

 

No comments:

Post a Comment