Tuesday, March 31, 2020

YESUS dan BAPA


Daily Devotion – ALIVE & TRANSFORMED-



Shalom, ditengah-tengah maraknya berita Covid 19, dimulai dari apa itu covid 19, pencegahannya, penularannya, bahkan sampai resep jamu temulawak, rasanya terlalu banyak info tentang Covid 19, membuat kita juga jenuh. Kita ingin mendengar kabar yang lain, selain Covid 19.

Nah, Renungan singkat ini tetap pada rel nya, membahas kitab Yohanes, meskipun ada yang tidak relevant dengan situasi saat ini. Saya mempergunakan renungan ini untuk membekali jemaat dalam menyelesaikan pelajaran kitab Yohanes sepanjang tahun ini.

Yoh 5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.

WHO DID JESUS RAISE FROM THE DEAD? | Jesse Romero

Yesus sedang memberikan penjelasan kepada murid-muridNya tentang hubungan DIA dengan BAPA di Surga. Yesus menyebut Allah dengan sebutan BAPA, dan kita juga memiliki privilege yg sama, menyebut Allah dengan sebutan BAPA. ALLAH yg menjadi sumber kehidupan, pencipta segalanya dan kita menjadi anak-anakNya. Sebagai BAPA maka DIA akan menyediakan segala yg anak-anakNya perlukan. Bahkan situasi yg terjadi saat ini, BAPA tahu segala kebutuhan kita. mintalah kepada DIA, karena DIA adalah BAPA kita.

Kapankah BAPA membangkitkan org mati dan menghidupkannya? Kita percaya akan adanya kehidupan setelah kematian, dengan kata lain, begitu manusia mati, bukan berarti selesai segalanya. Ya, kehidupan di dunia, sudah selesai, tetapi masih berlanjut setelah manusia meninggal. Masih ada session baru yg akan dilaluinya, yakni hidup yg kekal didalam Kristus. Elia dan Elisa adalah dua nabi yang membangkitkan orang mati. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dan juga tidak terjadi pada zaman sesudah mereka hingga pada zaman Tuhan Yesus. Orang mati bangkit menjadi tanda bahwa kuasa Allah yang memulihkan sedang dinyatakan. Allah berkuasa menyatakan pekerjaan yang sangat menakjubkan ini untuk menunjukkan kepada umat-Nya bahwa Dialah yang memegang kuasa atas maut. Dia membangkitkan siapa yang Dia ingin bangkitkan. Dia berbelas kasihan kepada siapa yang Dia mau berikan belas kasihan.

Yesus mengatakan, Demikian pula Anak menghidupkan barangsiapa yg DIA kehendaki, artinya Anak memiliki kuasa yang sama seperti BAPA, untuk membangkitkan siapa yg Yesus kehendaki. Sewaktu Yesus membangkitkan Lazarus, Dia berdoa kepada BAPA, dan kemudian Yesus memanggil Lazarus keluar dari kubur.

Tetapi saat Yesus membangkitkan anak Yairus, anak muda di kota Nain, Yesus langsung berkata saja, bangkitlah !! dan mereka bangkit !! ini membuktikan bahwa Yesus adalah Allah, Dialah kebangkitan dan Hidup, barangsiapa datang kepada Dia, akan memperoleh hidup yang kekal.

Doa : mengucap syukur kepada TUhan atas anugrahNya didalam hidup kita, doakan pula situasi yg sedang terjadi, agar cepat mereda.

Have a blessed day !!

No comments:

Post a Comment