Tuesday, April 28, 2020

Breakfast is Ready 6

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Yoh 21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?" Jawab Petrus kepada-Nya: "Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." Kata Yesus kepadanya:"Gembalakanlah anak domba-domba-Ku (feed my lambs)."­

Pada waktu kita makan, jangan bahas sesuatu yg bisa merubah mood saudara. Istri jangan membahas masalah yg membuat mood dinner atau lunch menjadi buruk. Yesus tahu, Dia harus berurusan dengan Petrus, tetapi Yesus tidak membahasnya selagi mereka makan. Yesus tunggu sampai setelah selesai sarapan, baru Dia membahas.

Salah satu tujuan Yesus bertemu dengan murid-muridNya adalah merestorasi Petrus, Yesus sengaja menyuruh murid-muridNya untuk bertemu dengan Dia di danau Galilea, dimana suasana pantai, penangkapan ikan, adalah suasana yg akrab bagi Petrus dkk. Pendekatan Yesus dalam memulihkan Petrus adalah pendekatan yg sangat cerdas, dan tepat. Yesus melihat potensi yg besar dalam diri Petrus, tidak menjadi masalah, Petrus pernah jatuh, dan menyangkal Dia demi menyelamatkan nyawanya, Yesus akan merestorasi kehidupan Petrus.

Kesalahan Petrus adalah kesalahan yg sangat fatal, dan memalukan ! tetapi Yesus penuh kasih karunia, penuh belas kasihan, Dia ingin membangkitkan kembali semangat Petrus.

Pertanyaan yg Yesus ajukan adalah: apakah engkau mengasihi lebih dari segalanya? Artinya, Yesus bertanya kepada Petrus, seberapa besar kasihmu padaKu? Apakah lebih besar dari segala sesuatu? Pertanyaan ini bukanlah sindiran halus kepada Petrus, karena dia pernah menyangkal TUhan selama 3x. Tuhan sama sekali tidak membahas kegagalan Petrus, kelemahan Petrus, Dia sama sekali tidak mempertanyakan atau mempermalukan Petrus dihadapan teman-temannya.

Saat Petrus menjawab bahwa dia mengasihi Tuhan, lantas Yesus memberi perintah, feed my lambs ! (berilah makan domba-domba kecilku). Its amazing kasih Tuhan ini, Dia memperdulikan anak2 kecil. Dan anak-anak kecil mendapat prioritas pertama didalam Yesus.

Petrus pernah mengusir anak2 kecil saat mereka mendekati Yesus. dan Tuhan Yesus ingin agar Petrus tidak memandang rendah akan anak2 kecil ini. Lima roti dan dua ikan, adalah lunch box milik seorang anak kecil yg diserahkan kepada Yesus, untuk dilipatgandakan.  Anak-anak kecil kadang menjengkelkan, tetapi Yesus berkata, kalau engkau mengasihi Aku, feed my lambs !! peliharalah, perhatikanlah, berilah makan domba2 kecilku itu.

Menjaga, memelihara serta mendidik anak2 kita adalah satu dedikasi kita kepada TUhan, satu wujud ekspresi mengasihi Tuhan. para ibu yg sedang memelihara anak-anaknya, ingatlah akan hal itu. melayani Yesus tidak hanya di dalam ibadah, tetapi dalam keseharian, saat kita memelihara anak2 kita, adalah bentuk pelayanan, dan kasih kita kepada Yesus.

Feed my lambs !

Have a blessed Tuesday!

No comments:

Post a Comment