Saturday, April 18, 2020

My Lord and My God (1)


IFC Singapore Daily Devotion – Alive & Transformed 

Yoh 20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Church PowerPoint Template: Doubting Thomas Hand - SermonCentral.com

Sejak berkembang pesat social media, berkembang pula apa yg namanya HOAX, kabar bohong. Saudara pernah mendapatkannya? Mungkin saudara anggap ini penting untuk dibagikan, maka saudara forward ke orang lain, tanpa saudara sendiri tahu darimana sumbernya, ternyata itu Hoax !

Tujuan Hoax salah satunya untuk mengecohkan, atau untuk memancing ikan di air keruh, ada juga yg ingin tenar melalui Hoax itu, dsb. Kita tidak menyukai berita Hoax, yg bisa saja menyebabkan kita termakan didalamnya.

Sewaktu rekan pelayanannya mengatakan, mereka telah melihat  Tuhan, Tomas tidak percaya, Tomas kuatir itu Hoax, Tomas meragukan akan berita itu, dia  mengatakan, sebelum saya melihat dengan mata kepala sendiri, saya tdk akan percaya, sebelum saya memegang luka di tangan dan di lambung Yesus, saya tidak akan percaya !

Padahal yg mengatakan itu bukan satu org, tetapi beberapa dari murid-muridNya.  Seharusnya berita itu bukan berita hoax, satu berita yg patut dipercayai, ada Yohanes yg bisa dipercayai omongannya, ada Andreas, Natanael, Petrus, serta murid-murid lainnya,  tetapi bagi Tomas, dia memegang prinsip, melihat dulu baru percaya. Namun prinsip itu tidak bisa diterapkan dalam hal iman kita kepada Tuhan, yg membutuhkan percaya meskipun tidak melihat.

Terhadap orang yg ragu-ragu, yg kurang imannya, pesimis, Tuhan tetap peduli. Bahkan di akhir dari kisah Yesus sebelum naik ke Surga, Yesus menyediakan diriNya hanya untuk bertemu dengan Tomas yg meragukan tentang kebangkitanNya.

Tidak ada yg mengabari Yesus, tentang Tomas yg sedang galau, sedang ragu tentang Yesus. Yesus tahu segala sesuatu yg ada di hati Tomas, Yesus tahu segala sesuatu yg ada di hati kita, tanpa perlu org lain memberitahukan kepada Yesus. Yesus tahu segala keraguan kita, Yesus tahu segala kecemasan kita, Yesus tahu iman yg lemah, dan hebatnya Yesus kita, DIA memperdulikan akan hal itu.

Tujuan Yesus mengunjungi murid-muridNya kedua kali, adalah untuk berjumpa dengan Tomas ! hanya untuk Tomas ! betapa berharganya seorang Tomas dimata Tuhan. Betapa berharganya saudara dimata Yesus. saat engkau bimbang, saat engkau ragu, karena melihat situasi yg sedang terjadi, Dia mau menyatakan diriNya kepadamu, because you are precious !

have a blessed weekend! 

No comments:

Post a Comment