Tuesday, April 21, 2020

My Lord and My God (2)


IFC Singapore Daily Devotion – Alive & Transformed 
  
Yoh 20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Sewaktu murid-murid yg lain menceritakan bahwa Yesus sudah bangkit, Tomas tidak mempercayainya, sebab dia berpikir, bisa saja kalian melihat arwahnya, atau arwah orang lain. Maka Tomas ingin meyakinkan dirinya, apakah org yg bangkit itu benar Yesus yg dia kenal ataukah org lain. Tomas meminta tanda luka di tangan dan di lambung Yesus, agar dia tahu apakah ini Yesus yg sama yg melakukan perkara mujizat, menyembuhkan orang sakit, dan melakukan perkara yg besar.

Menariknya Yesus menjawab “challenge” dari Tomas ! Yesus datang untuk bertemu dengan Tomas ! Terhadap muridNya yg meragukan atau tidak percaya itu Yesus mau datang untuk meyakinkan muridNya. Mungkin ada diantara kita yg ragu akan kedepannya ini bagaimana, berapa lama lagi kita back to normal life  akibat masalah C19 ini, bagaimana Tuhan bekerja akan solve masalah ini? Apa yg akan terjadi dimasa mendatang? Bagaimana Tuhan memprotec kita, keluarga kita, dan segala yg kita miliki? Its ok untuk mempertanyakan hal itu, He understands our  present situation. Dan sesuai dengan ayat ini Yesus mau menghampiri dan meyakinkan pengikutNya bahwa DIA mendengar keluh kesah kita, bahwa DIA masih pegang kendali, dan DIA mendatangi kita.

Yesus mendatangi Tomas saat dia sedang bersama murid-murid yg lain. Mengapa Yesus tidak datang secara personal saja kepada Tomas? Bukankah Tomas sendiri yg ragu2? Kepada harus menunggu sampai 8 hari, saat murid-muridnya lagi berkumpul baru Yesus menyatakan diriNya?

Yesus menunggu waktu yg tepat, saat Tomas bersama dengan murid2 yg lain. Doubt (keraguan), kekuatiran itu dapat menulari org sekitarnya ! bisa saja karena perkataan Tomas itu, ada murid-murid yg mulai berpikir seperti Tomas, dan menjadi ragu, “oh iya…., bener juga…. kita gak terlalu perhatikan tanda luka tsb, jangan-jangan itu bukan Yesus yg kita kenal, jangan-jangan itu setan yg sedang menyamar untuk mengecoh kita?”

Church PowerPoint Template: Doubting Thomas Touch produced by ...

kalau kita terlalu cemas, kecemasan kita dapat menulari org terdekat kita. kalau istri cemas, bahkan terlalu cemas, suami bisa saja terpengaruh, akibatnya tidak akan sehat dalam rumah tangga, salah satu dari pasangan harus tetap teguh, tetap beriman kepada Tuhan,  untuk meneguhkan pasangan yg cemas. kalau yg satu merasa bosan, yg lain menetralkan, sehingga suasana jadi lebih baik.

Have a blessed Tuesday !


No comments:

Post a Comment