Friday, April 17, 2020

Percaya tanpa perlu melihat


IFC Singapore Daily Devotion – Alive & Transformed 

Yoh 20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya."

Saya belum pernah melihat bentuk virus C-19  secara kasat mata, tetapi mendengar akibat yg ditimbulkannya, serta melihat korban berjatuhan, bahkan hari ini di Singapore, mendengar kabar, ada sekitar 700an org, terjangkit penyakit C-19, maka meski belum melihat, saya percaya akan adanya virus tersebut serta bahayannya.

Tomas memiliki iman melihat dulu baru percaya. Kalau aku  belum melihat dengan mata kepalaku aku gak percaya, kalau aku belum mencucukkan jari tanganku kebekas paku itu, aku belum percaya. Jadi meskipun ada sejumlah murid-murid yg mengatakan bahwa Yesus sudah bangkit, dia tidak percaya. Meski Andreas, Filipus, Yohanes, Yakobus, serta murid yg lainnya mengatakan demikian, tetap dia gak percaya. Bagi Tomas, bisa saja teman-temannya itu halusinasi, atau berkhayal, atau melihat sesuatu yg tidak nyata.

How to find: Blessed Are Those Who Believe Without Seeing Poster

Apakah saya pernah bertemu Yesus secara kasat mata? Mendengar Dia berbicara secara nyata, memegang tanganNya? Belum…! Tetapi saya bisa melihat karyaNya, pekerjaanNya didalam diri saya, didalam diri Jemaat Tuhan di IFC Singapore, bagaimana Tuhan mengubahkan kehidupan seseorang setelah dia terima Yesus didalam hidupnya. Bagaimana Tuhan mengubahkan karakter org yg tadinya hot-tempered menjadi pribadi yg dapat nge-rem emosinya. Bagaimana Tuhan mengubahkan org yg tadinya self-centered menjadi Christ-centered, bagaimana Tuhan mengubah org memiliki hati yg generous, dan banyak lagi karya Yesus didalam diri org percaya. Itu semua bukti nyata bahwa Yesus bukanlah cerita isapan jempol, atau tokoh rekaan. Tetapi Yesus itu nyata, DIA hidup, Dia masih berkarya, Dia ada didalam hidup kita.

Coba renungkan sejenak, apa yg telah Yesus kerjakan dalam hidup saudara? Bagaimana DIa mengubah hidupmu, gayamu, temperamenmu, pandanganmu, hatimu, dst, bagaimana DIa menolongmu didalam setiap keadaan, saat engkau cemas, saat engkau kuatir, saat engkau jatuh, saat engkau terluka, saat engkau galau, saat engkau sedih, saat engkau merasa sendiri, saat engkau bosan, saat engkau lagi bete..? bukankah Dia nyata?

Kalau Dia nyata, then, we have to believe what He promised. Apa yg Dia janjikan dlm situasi seperti ini? Yesus berjanji, Aku akan menyertai kamu senantiasa sampai kesudahan zaman ! artinya, Dia akan bersama dengan saudara selamanya. Artinya Dia tidak akan pernah meninggalkan saudara sedetikpun didalam hidupmu, artinya Dia akan selalu care didalam hidupmu.

Yesus berkata kepada Tomas, berbahagialah/diberkatilah mereka yg tidak melihat, namun percaya..(Yoh 20:29)

have a blessed Friday


No comments:

Post a Comment