Friday, April 3, 2020

Seeing thru Heaven’s eyes 1

Daily Devotion
Yoh 6:5 Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: "Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?"

Kisah ini adalah kisah klasik yg seringkali kita dengar, baca dan renungkan, tetapi kisah ini mengandung banyak sekali pelajaran yg masih dapat kita gali dan renungkan.

Yesus Memiliki hati yang peka akan kebutuhan orang lain .
Diayat 5 mengatakan, Yesus memandang sekeliling  dia melihat org banyak, dan hatinya tergerak oleh belas kasihan. Disini sdr bisa melihat bahwa, org banyak itu tidak menuntut Yesus, atau meminta makanan kepada Tuhan, dengan berkeluh kesah :  Tuhan kami kan sudah ikut Tuhan sekian hari, kami lapar kami minta makan…

Mereka tdk meminta kepada Yesus ! tetapi Yesus mempedulikan mereka. Tanpa dimintapun Yesus tahu kebutuhan umatNya. Yesus peka akan kebutuhan umatNya, Dia tahu sdr butuh uang untuk bulan ini, Dia tahu sdr butuh uang untuk bayar sewa rumah, Dia tahu sdr butuh uang untuk bayar anak sekolah, Dia tahu sdr butuh pekerjaan, ijin tinggal, Dia tahu sdr merindukan pasangan, Dia tahu sdr sedang  difitnah org, Dia tahu sdr sedang susah hatinya, Dia tahu sdr lagi bete, lagi stress karena covid 19 ini, Dia tahu sdr lagi nganggur, gak ada penghasilan, Dia tahu ! Dia mengetahui setiap kebutuhan kita lebih dari siapapun juga !

Yesus peduli akan kebutuhan fisik…tdk hanya melulu masalah rohani. Tetapi terhadap kebutuhan fisik Dia tahu sdr membutuhkan. Makanan, hal yg paling utama dlm hidup manusia, Dia tahu. Yesus pernah mengungkapkan pekerjaan Bapa di Surga, memelihara burung di udara, terlebih lagi kita umatNya !

Konteks perikop ini Tuhan Yesus mengajarkan kepada para murid dan kita agar jangan hanya melihat kebutuhan diri sendiri, melainkan juga orang banyak yang membutuhkan pertolongan. Cara manusia dan Tuhan memandang dan menilai hidup ini sangat berbeda. Manusia menilai hidup ini dari sisi materi saja, tetapi Tuhan sebaliknya. Andreas melihat orang banyak itu sebagai beban dan tidak mungkin memberi mereka makan hanya dengan lima roti dan dua ikan. Tetapi tatkala Yesus melihat orang banyak itu, timbullah rasa belas kasihan karena mereka sangat bernilai dan berharga. Mereka membutuhkan kasih sayang dan pemuasan kelaparan. Itu sebabnya Yesus perintahkan para murid untuk memberi makan mereka (ay. 5). Supaya mereka dapat makan.

Inisiatif pertanyaan, dimana kita beli roti untuk mereka….itu datang dari Yesus, bukan dari murid2….Yesus memikirkan kebutuhan umatNya, Yesus peduli akan kebutuhan umatNya ! Yesus memperdulikan saudara !!


Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment