Tuesday, April 7, 2020

Seeing thru Heaven’s eyes 3


Alive and Transformed

Yoh 6:7 Jawab Filipus kepada-Nya: "Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja."

Hand Holding Euro Coins Money by UltraHDenis_new | VideoHive

Sudut padang Filipus, sudut pandang seorang yg mengatakan “tidak cukup.”
Yesus bertanya pada Filipus karena kemungkinan Filipus  orang yang cukup mengenal daerah itu, Filipus berasal dari Bethsaida, utara Galilea, saat itu mereka berada di Galilea.  Makanya pertanyaan-Yesus adalah: di mana (location) kita bisa beli roti ?

Tapi, jawab Filipus bukan mengenai location (di mana), tapi mengenai punya uang tidak (v 7)? Yang ada dibenak Filipus, kamu punya uang gak?   kalau ada uang, segalanya pasti beres,..masalahnya kamu sekarang ini ada uang  gakk….?

Bagi kebanyakan orang, sesuatu yang berarti itu adalah nilai, jumlah dan ukuran + performance.  Punya uang gak? Punya tabungan berapa?  Kalo gak punya jangan banyak omong. Punya berapa banyak? 200 dinnar mau ngasih makan 5ribu org ? yg bener aja Tuhan….
Banyak kali uang menjadi tolok ukur, kalau ada uang segala sesuatu baru bisa jalan, kalau jumlahnya sekian baru bisa jalan…uang menjadi penentu solusi dari permasalahkan kita. memang  kita membutuhkan uang, memiliki banyak uang dapat memudahkan, tetapi tdk selamanya uang itu menjadi  penentu solusi. Disini Tuhan sedang menunjukkan kepada muridNya bahwa uang, tdk menjadi penentu bagi masalah yg sedang dihadapi.

Berapa sebenernya 200 dinar? 1 dinar upah kerja satu hari. misalkan upah kerja satu hari di Singapore, sekitar 100 dlr, kalau 200 dinar, sekitar 20,000 dlr. Kalo misalkan beli chicken rice harga 2 dlr, bearti ada  sekitar 10 ribu bungkus… belum cukup Tuhan, masih ada ibu2, dan anak2….jumlah yg disebutkan FIlipus jumlah dari kalkulasinya dia. Perhitungan Filipus sudah benar, tetapi jangan lupa kadang Tuhan bekerja di luar perhitungan !

Kalau kondisi saat ini membuat pendapatan menurun, bisnis anjlok, gaji dipotong, bahkan ada yg mungkin di phk, atau dirumahkan, tabungan menipis, secara hitung hitungan bagaimana bisa hidup kedepannya? Sehingga tanpa sadar kita berkata, kalau saya punya tabungan 200 dinar itupun tidak cukup…belum bayar sewa rumah, biaya anak sekolah, bayar asuransi, tagihan bulanan, cicilan ini itu, dll.

Apakah kehidupan kita berhenti sampai disitu? Tentu tidak…! Masih ada YESUS !! setelah Filipus berkata demikian, Yesus tidak meresponi jawaban Filipus. Yesus menunjukkan apa yang akan diperbuatNya. Bagaimana menyelesaikan masalah besar, tanpa uang 200 dinar.

Kita beruntung memiliki Yesus didalam hidup kita, meski secara hitung-hitungan kehidupan yg saudara jalani rasanya serba kurang, gak mencukupi, tetapi tetaplah bersandar pada Yesus, DIA akan menunjukkan kepada saudara, karyaNya masih nyata, dan mujizatNya masih bekerja sampai saat ini !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment