Saturday, April 11, 2020

Seeing thru Heaven’s eyes (6)


Daily Devotion – Alive & Tranformed – 

Yoh 6:10 Kata Yesus: "Suruhlah orang-orang itu duduk." Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.

Kunci menghadapi masalah besar ini :

1. Duduk tenang dalam hadirat Allah
Masalah belum selesai, tetapi Yesus menyuruh murid-muridnya untuk meminta org banyak itu duduk.  Padahal hari saat itu sudah senja, orang hendak pulang, org sudah siap2 untuk pulang. Sama seperti saudara mau pulang kantor, sudah siap mau pulang, perut sudah lapar eh malah disuruh duduk lagi. kira2 apa yg ada dibenak anda?

Tuhan Yesus tdk bertanya kepada murid lainnya lagi, dua muridnya sudah cukup mewakili, langsung Dia memerintahkan muridnya agar menyuruh org banyak duduk. Pada saat lagi ada masalah besar…duduk dulu..duduk diam….jangan gerasah gerusu dulu…jangan kesana kemari dulu….atau telpon sini sana…..tetapi harap sdr tenang dulu, jangan cepat panic dan cemas,…duduk, renungkan…bertanya kepada Tuhan : ada apa TUhan…kenapa begini Tuhan….jalan kok mentok…gak ada jalan Tuhan….gak ada yg terbuka…apa yg harus saya lakukan sekarang…?

Duduk diam dalam hadirat Allah, sebelum saudara mengambil keputusan, duduk tenang memikirkan langkah apa yg harus diambil, minta hikmat dari Tuhan. Dengarkan suaraNya, jangan keraskan hati kalau Tuhan ingin mengubah keputusan yg sudah ada dalam pikiranmu.


JESUS FEEDS THE FIVE THOUSAND — Lincoln Park UBF Yoh 6:11 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.

2. Mengucap Syukur atas apa yg dimiliki
Makanan yg sedikit itu, yg dianggap tidak cukup oleh Andreas, yg menurut kalkulasi hitungan Filipus gak adauang gak ada solusi, diambil oleh Yesus. Dia tidak menolak yg sedikit, DIa tidak menolak yg tidak cukup, Yesus menerima semua, Yesus menerima siapa saja.

Mengucap syukur akan hal yg sedikit itu, mengucap syukur akan hal saudara miliki sampai saat ini. Mungkin Tuhan mau pakai hal yg sedikit itu, atau yg tidak cukup itu untuk melakukan penerobosan?  Ingat peristiwa janda di Sarfat, yg memiliki tepung segenggam dan minyak sedikit, tetapi itu tidak pernah habis2 nya sampai musim kelaparan berlalu…! Jangan remehkan yg sedikit itu !!

Periksalah mungkin ada skill saudara, kemampuan terpendam, seperti, bisa bikin kue, atau masakan, atau hal yg saudara miliki untuk dipakai Tuhan menyelesaikan masalah ini. Start small !

3. Membagi-bagikan atau memecahkan
Yesus mengambil roti dan ikan itu, setelah mengucap syukur, dia memecahkan roti, kenapa roti itu harus dipecahkan? Kenapa harus dibelah? Disini terletak rahasianya, saat dipecahkan disitulah terjadi multiplikasi. *Brokenness  comes before breakthrough*

Sebelum Musa menjadi alat Tuhan yg luarbiasa he lost his position, his possessions, and his popularity.
Sebelum Yosua menaklukan tanah Perjanjian, dia melalui kehidupan di padang gurun yg gersang


Kehidupan yg telah diremukkan, kehidupan yg telah mengalami  proses akan membawakan perubahan besar dalam hidup anda. Saat sdr mengalami masalah, mungkin Tuhan sedang memproses saudara, sedang mengolah iman saudara, sedang mendewasakan saudara, jangan cepat mengeluh dan bersungut-sungut kepada Tuhan. Kehidupan yg sudah dipecahkan akan banyak membawa berkat bagi banyak org, kehidupan yg sudah mengalami berbagai macam ujian, tempaan, bentukan, olahan, akan lebih berguna.

Have a blessed weekend !

No comments:

Post a Comment