Thursday, May 28, 2020

Women In The Bible 18


Daily Devotion – Alive & Transformed  

Marta dan Maria (2)

John 11:1 A man was sick, Lazarus of Bethany, the town of Mary and her sister Marta. 11:3So the sisters sent word to Jesus, "Master, the one you love so very much is sick." 11:5 Jesus loved Marta and her sister and Lazarus (the Message).

Dari ketiga ayat diatas kita mendapat informasi, Lazarus, Maria dan Marta tinggal di Betania. Lazarus sakit. Dan kedua saudara perempuannya mengirim berita kepada Yesus.

Kemarin kita membahas Yesus mengunjungi rumah Marta dan Maria. Marta sibuk sana sini di dapur menyiapkan hidangan untuk Tuhan, dan dia berkeluh kesah, karena Maria tidak membantu dia. Yesus menegor Marta karena kesibukkannya itu membuat dia kehilangan kesempatan untuk menerima lawatan Tuhan. ini menjadi pelajaran bagi kita juga, saat kita beribadah baik di gereja maupun saat saudara mengikuti live streaming di rumah, saat mendengarkan atau merenungkan firman Tuhan, jangan sibuk sana sini, balas WA, baca email, atau foto selfie, sehingga saudara kehilangan kesempatan untuk menerima lawatan Tuhan sepenuhnya.

Karena Marta ditegor, kita mendapat kesan Marta kurang rohani. Tetapi hari ini kita lihat dan renungkan.

Di ayat 5 dikatakan, YESUS mengasihi Marta, saudara perempuannya, Lazarus ! kalimat ini menarik sekali, kenapa nama Maria tidak disebutkan? Bukankah di ayat 1 disebutkan? Kenapa nama Maria diganti dengan kalimat “her sister/saudara perempuannya”? (dalam terjemahan indonesia : kakaknya, kurang tepat)

Saya pikir, focus ayat itu bukan ke Maria, tetapi kepada Marta. Yesus mengasihi Marta !! Marta yang meledak-ledak, Marta yang suka ngomong ceplas ceplos, Marta yang menghasut Yesus untuk menegor Maria, Marta yang “sok tahu”, Marta yang sibuk sini sana, Yesus mengasihi Marta!

Yesus mengasihi Marta, Maria dan Lazarus ! Yesus mengasihi semuanya, Pelayanan kedua wanita ini penting. Kita membutuhkan pelayanan seorang Marta, pelayanan diluar mimbar, yang mau sibuk sini sana, kita membutuhkan orang yang mau membersihkan gereja, memasak, menyediakan hidangan, mengepel, vacuum karpet, membereskan kabel2 peralatan ibadah, merapihkan rumah ibadah, pelayanan publicity,usher,  sound system, memastikan bahwa ibadah berjalan dengan baik, menyokong pelayanan dengan finance, dll. Yesus mengasihi orang seperti itu !

Yesus mengasihi Lazarus, bahkan di ayat 2, dikatakan Yesus sangat mengasihi Lazarus,  kita tidak melihat apa yang dilakukan Lazarus, mungkin yang dilakukan saudara tidak terlihat oleh orang lain, atau sesuatu yang tidak begitu berarti, tetapi Tuhan tetap mengasihimu.

Yoh 11:20 Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah.

Kita bisa melihat respon dari Marta, begitu mendengar, segera dia menyambut Yesus. Marta mengasihi Yesus, dia ingin curhat apa yang sedang terjadi.

Yoh 11:21 Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.11:22 Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya."

Kita tidak tahu nada perkataan Marta ini, apakah dia menyalahkan Tuhan, ataukah menyayangkan Tuhan yang tidak ada disitu,saat Lazarus sakit. Tetapi kita bisa lihat iman dari Marta, dia percaya kalau Yesus ada disitu, pasti Lazarus tidak akan mati, pasti Yesus akan melakukan sesuatu, pasti Yesus menyembuhkan Lazarus. Di ayat 12, Marta memiliki keyakinan bahwa sesuatu pasti terjadi, kalau Yesus meminta kepada Allah, hanya dia tidak memiliki gambaran, tentang apa yang akan Yesus perbuat.

Yoh 11:23  Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit."11:24     Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman."

Kita lihat Marta yang begitu responsive, serta cepat menjawab, dan cepat pula mengambil kesimpulan, bahkan kesannya memotong pembicaraan. Betapa seringnya kita seperti Marta, cepat mengambil kesimpulan. Saat dokter mengatakan sesuatu yang tidak beres, pikiran kita cepat bekerja sini sana, memikirkan jauh kedepan, dan cepat mengambil kesimpulan, wah…gak ada harapan. Saat saudara kena phk, jangan cepat mengambil kesimpulan, bahwa segalanya berakhir, saat putus dengan pacar, jangan cepat mengambil kesimpulan segalanya berakhir. Saat kondisi ekonomi morat-marit, jangan cepat ambil kesimpulan, bahwa segalanya sudah berakhir.

Lazarus mati, tidak ada lagi yang dapat Yesus perbuat. Meski Yesus bilang, bahwa Lazarus akan bangkit, tetapi pikiran Marta, ya itu nanti di akhir zaman, bukan disini. Sekarang apa yang Engkau bisa lakukan? Lazarus sudah mati ! kondisi sudah mati, usaha sudah mati, sudah tidak ada harapan lagi, apalagi yang bisa Yesus lakukan?

Yoh 11:25 jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,11:26     dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"11:27  Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

Marta percaya bahwa Yesus adalah Mesias, juruslamat, utusan Allah. hatinya tidak ragu bahwa Yesus memiliki kuasa. Tetapi bagaimana caranya Yesus mengatasi hal ini, dia belum ada gambaran seperti apa.


FreeBibleimages :: Lazarus is raised from the dead :: Jesus raises ...Yoh 11:38 lalu Yesus pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu.11:39 Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."

Marta percaya Yesus dapat melakukan segala sesuatu, tetapi terhadap sesuatu yang sudah mati, apalagi sudah 4 hari, tidak ada yang bisa lakukan lagi. Lazarus sudah mati selama 4 hari, dan sudah berbau busuk, apalagi yang bisa Tuhan perbuat? Kalau dia sakit, masih ada kemungkinan sembuh, sekarang semua sudah berakhir !

Marta percaya kepada fakta dan kenyataan, apa yang dia alami, apa yang sedang terjadi, dia menerimanya. Dia percaya akan Yesus sebagai Mesias, tetapi dia tidak yakin bahwa Yesus bisa melakukan sesuatu terhadap hal yang sudah mati, yang sudah tidak ada harapan lagi !

Adakah sesuatu yg bagi saudara tidak ada harapan lagi? adakah sesuatu yang sudah beakhir? Saat kenyataan berkata, sudah tidak ada harapan lagi, sudah selesai, didalam Yesus masih belum. Masih ada harapan ! karena Yesus adalah kebangkitan dan hidup. Bangkitlah semangat dan roh saudara, masih ada harapan !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment