Saturday, May 30, 2020

Women In The Bible 20


Daily Devotion – Alive & Transformed

Maria Magdalena

The Progressive Catholic Voice: A Homily for the Feast of Mary ...Yoh 20:11 Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, 20:12 dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. 20:13 Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." 20:14 Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 20:15 Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya."20:16 Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!", artinya Guru.

Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: 'Aku telah melihat Tuhan!' dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya."  Yoh 20:18
Markus 16:9 Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Maria adalah orang yang pertama kali mendapatkan kesempatan istimewa bertemu dengan Yesus yang sudah bangkit. Siapakah Maria Magdalena itu?

Dalam kehidupan, setiap orang pasti pernah berbuat dosa atau melakukan kesalahan.  Setiap orang juga memiliki masa lalu, apakah itu baik atau tidak baik (kelam), seperti yang dialami oleh Maria Magdalena.  Arti nama Maria adalah dilepaskan dari kepahitan.  Ini sesuai dengan latar belakang hidupnya, di mana ia memiliki masa lalu yang kelabu dan sangat pahit.  Sebelum bertemu dengan Yesus dan mengalami pertobatan, Maria Magdalena adalah seorang wanita yang 'tidak baik', bahkan ia terlibat pula dengan kuasa-kuasa kegelapan.  Sudah menjadi rahasia umum bila wanita berprofesi demikian selalu berusaha untuk tampil cantik sehingga berbagai upaya ia tempuh supaya dapat memikat lawan jenisnya.  Tidak jarang mereka pergi ke dukun atau paranormal untuk pasang 'susuk penglaris'; mereka rela melibatkan diri dengan roh-roh jahat. Orang yang berurusan dengan kuasa setan, tidak gampang untuk melepaskan dirinya. Karena setan telah menggenggam hidupnya.

Namun setelah bertemu dengan Yesus, Maria Magdalena mengalami kelepasan dan disembuhkan dari roh-roh jahat yang menyerangnya.  Alkitab mencatat:  "Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,"  (Lukas 8:1-2). 
Hidupnya dimerdekakan oleh Tuhan Yesus, sehingga dia mengalami kebebasan yang belum pernah dia rasakan. Bagi dia Yesus adalah juruslamat, yang telah melepaskan dirinya dari belenggu kuasa si jahat yang menghancurkan hidupnya. Dia memiliki pengalaman pribadi dengan Yesus yang memberikan pengharapan. Sekarang dia menjadi pengikut Kristus.

Seseorang yang mengalami kebaikan Tuhan dan memiliki pengalaman pribadi bersama Tuhan pasti mempunyai 'gelora' yang meluap-luap dalam hatinya untuk melakukan yang terbaik bagi Tuhan karena ia sangat mengasihi Tuhan dan sebagai respons atas apa yang telah diterimanya. Maria Magdalena berada di dekat kayu salib Yesus, sementara murid-murid Yesus yang lain tidak nampak. Dia pula yang datang pagi-pagi buta ke kubur Yesus untuk merempah-rempahi mayat Yesus, Tuhan melihat ketulusan hatinya, karena itu ketika Ia bangkit, orang pertama yang dijumpaiNya adalah Maria Magdalena.

Apa yang kita dapat pelajari dari Maria Magdalena?

1. Maria Magdalena tidak melupakan kasih Tuhan
Maria Magdalena SADAR bahwa tanpa kasih Tuhan seumur hidupnya akan menderita  karena terikat oleh 7 roh jahat, tanpa kasih Tuhan seumur hidupnya akan kehilangan masa depan, tanpa Kasih Tuhan Tubuh Dan Jiwanya akan binasa selamanya.

2. Maria Magdalena mau berkorban dalam melayani Tuhan
Siap melayani Tuhan Yesus melalui harta yang dia miliki (Lukas 8:2-3)
Siap memberikan waktu yang disisihkan untuk Tuhan, berjalan bersama murid-murid Yesus melayani.

3. Maria Magdalena memiliki kesetiaan yang tidak pernah pudar
Maria Magdalena memiliki KESETIAAN yang sedikit pun TIDAK PUDAR kepada Tuhan Yesus. Dia ada di sekitar penyaliban, kematian dan kubur Tuhan Yesus. (Yohanes 19:25, Markus 15:46-47, Markus 16:1) Sedikitpun Maria Magdalena tidak malu dan tidak pernah takut menunjukkan identitasnya sebagai pengikut Tuhan Yesus. Kesetiaan Maria Magdalena pada Tuhan tidak tergoyahkan di segala situasi.

Bagaimana dengan saudara?

Have a blessed weekend !

No comments:

Post a Comment