Wednesday, June 10, 2020

Before Abraham was, I AM

Daily Devotion – Alive & Transformed
Serial The Great I AM (2)

Yoh 8:57 Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?" 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

John 8:57 Then the Jews said to Him, "You are not yet fifty years old, and have You seen Abraham?" 58 Jesus said to them, "Most assuredly, I say to you, before Abraham was, I AM."

I AM - Shoreline Church - Lifting Up Jesus in Muskegon Heights

Yesus sedang berada dikalangan ahli taurat, terjadi perdebatan, orang Yahudi membandingkan Yesus dengan Abraham, Yesus mengatakan sebelum Abraham ada, DIA telah ADA. Kalimat terakhir ini membuat para ahli taurat berang, dan mereka mengambil batu untuk merajam Yesus, karena  bagi mereka perkataan itu berarti , Yesus sama saja mengatakan bahwa diriNya adalah ALLAH.

Kalimat : Before Abraham was, I AM, mungkin ada yang berpikir, kalimat itu tidak tepat secara grammar, seharusnya : before Abraham was born, I was. Tetapi kalimat itu tidak salah (kitab bahasa aslinya memang demikian), kata yang Yesus pakai adalah kalimat yang tepat, tidak salah ucap. Dahulu pada zaman Abraham, Dia I AM, sekarang tetap I AM  dan selamanya tetap I AM.

Bagi orang Yahudi saat itu, kalimat yang Yesus katakan, itu sedang mengacu kepada nama Allah yang kekal, dimana Allah menyatakan namanya kepada Musa di semak belukar terbakar :  I AM WHO I AM. Dengan kata lain, Yesus mengklaim diriNya adalah the GREAT I AM ! DIA ada sebelum Abraham, Yesus sedang berbicara  bahwa DIA adalah ALLAH yang kekal.

I AM tidak pernah diganti dengan I WAS (bentuk lampau). Ini berbicara bahwa kita menyembah Allah yang senantiasa hadir dalam hidup kita, DIA tidak hadir dimasalalu saja, tetapi kehadirannya ada saat kini, dan masa mendatang. Kalau dimasa lalu, saudara merasakan pertolongan Tuhan, Dia tetap eksis saat ini untuk menolong saudara. Jangan kecilkan keberadaan Yesus didalam hidup saudara. DIa, Allah yang Mahakuasa yang berdiam didalam hidupmu.

Ibrani 13:8  Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Ayat ini menjelaskan bahwa selamanya YESUS itu tetap sama, dulu, sekarang maupun selamanya. Musim boleh berganti dan bulan boleh berlalu, manusia boleh berubah sikap, tetapi pemeliharaan Tuhan tetap untuk selama-lamanya.

Ayat diatas menunjukan bahwa Tuhan selalu ada untuk saya dan saudara. 

Mungkin saat-saat ini kita tengah mengalami Pergumulan, kesusahan, atau sakit penyakit dll, ayat ini memberikan kita pengharapan baru.

Kalau 2000 tahun yang silam Tuhan Yesus melakukan banyak perkara Mukjizat, maka Mukjizatnya masih berlaku sampai saat ini, kuasaNya masih tetap sama, kasihNya masih tetap sama, karena Dia selamanya tetap The GREAT I AM, Allah yang Kekal !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment