Friday, June 12, 2020

I AM THE BREAD OF LIFE (2)

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM (4)

Yoh 6:27 Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya."

Bayangkan kalau kata-kata itu diucapkan oleh kasir perusahaan kepada para buruh yang datang untuk mengambil gaji. Pasti akan mengundang protes keras. Setiap orang yang mencari nafkah, mengharapkan penghasilan yang bisa ditukar dengan segala kebutuhan hidup. Dan kebutuhan hidup itu tidak sedikit! 
Apa yang dimaksud dengan makanan yang bertahan sampai hidup kekal?

Setelah Yesus melipatgandakan roti, banyak orang mengikuti Yesus karena mukjizat penggandaan itu. Mereka ingin terus bersama Yesus, agar bisa selalu makan kenyang bersama-sama Yesus. Namun Yesus justru menegur sikap mereka. Yesus ingin mereka mengejar makanan rohani yang bisa membawa mereka kepada hidup yang kekal karena manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Yesus menghendaki mereka bekerja bukan untuk makanan yang dapat binasa, tetapi makanan yang bertahan sampai hidup kekal, dengan percaya kepada Dia yang telah diutus Allah. 

Selama kita hidup didunia ini, kita bekerja untuk dapat bertahan hidup,  bekerja dari pagi sampai sore, bahkan sampai larut malam, ada juga yang meneruskannya sampai tidak tidur, karena pekerjaannya menuntut demikian. Waktu yang kita pakai hidup lebih banyak kita pakai untuk mengerjakan hal yang fana. Segala yang kita usahakan dengan kerja keras adalah fana, dan harus kita tinggalkan saat kita mati. Pengkotbah 2:18  berkata : Ada satu hal yang sangat menyebalkan bagiku, yaitu bahwa aku harus meninggalkan hasil segala jerih payahku kepada orang-orang sesudah aku (FAYH). Artinya bahwa apa yang kita kerjakan, tidak ada satupun yang dapat kita bawa saat kita meninggal. Ada satu hikayat zaman dahulu, saat Raja Alexander sang penguasa sedang menghadapi ajal, dia berkata demikian: selama aku hidup aku menaklukkan banyak wilayah, daerah kekuasaanku sangat luas, melebihi raja-raja sebelum aku, tetapi kalau aku mati, aku hanya membutuhkan tanah tidak lebih dari ranjang aku ini.

Dengan kata lain, apa yang dia kerjakan selama ini, tidak ada satupun yang dapat dia bawa setelah dia mati.  

The bread that endures | In the Beginning
Makanan disini dapat diartikan : Sandang, pangan, papan, kesenangan hidup,  
Yesus menasehati kita, saat kita bekerja, saat kita menjalani hidup di bumi ini. Sediakan waktu kita untuk mengerjakan bekal hidup yang kekal. Bekerjalah untuk makanan yang dapat  bertahan sampai kepada hidup yang kekal. Jangan lupakan ibadah kepada Tuhan, berikan prioritas didalam hidupmu. Jadikan pekerjaan saudara atau kehidupan yang saudara jalani menjadi ladang kesempatan bersaksi tentang siapa Yesus, berbagi kasih Kristus, memancarkan kasih Kristus dalam hidup kita.

Yesus mengatakan AKULAH ROTI HIDUP, bekerjalah untuk makanan ini ! artinya, dalam menjalani hidup ini selalu sediakan waktu untuk mengerjalan “makanan yang dapat bertahan sampai kepada hidup yang kekal” Yoh 6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. 6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment