Wednesday, June 17, 2020

I am the Gate (1)

Daily Devotion – Alive & Transformed  
Serial The Great I AM (8)

Yohanes 10:9, Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.
"I am the door. If anyone enters by Me, he will be saved, and will go in and out and find pasture.

Tidak ada statement setegas dan sejelas ini dari orang berpengaruh atau nabi besar manapun, hanya YESUS saja yang berani berkata demikian dan menjaminnya.

Yesus berkata, bahwa DIA adalah PINTU. Apabila orang masuk didalamnya, maka orang itu akan selamat! Gak ada kata mudah-mudahan, atau lihat gimana nanti aja, tetapi Yesus menjamin, orang itu akan selamat. pasti selamat. 

John 10:7-10: I Am the Door — Shepherd of the Hills

Saat saudara masuk melalui sebuah Pintu, saudara akan berada di ruangan yang berbeda dengan sebelumnya. Yesus menggambarkan diriNya sebagai pintu, barangsiapa yang masuk melaluiNya, akan berada di tempat yang berbeda dari sebelumnya. Penyataan Yesus ini menjelaskan ada dua hal yang akan dialami oleh seseorang yang melalui Pintu itu.

1. Jaminan keselamatan
 
Banyak orang mencari sesuatu yang pasti setelah mereka meninggal mereka akan kemana, sesuatu yang dapat dipegang, yang dapat dipercayai,  tetapi mereka tidak akan pernah menemukan hal tersebut selain didalam Yesus. 
Yesus berkata, “Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat.” Yang dimaksud Yesus di sini adalah pintu kandang domba. 

Pada zaman dahulu diTtimur Tengah, para gembala yang menjaga kawanan domba biasanya membuat sebuah kandang dari tumpukan tembok batu yang cukup tinggi, bahkan kadang menaruh duri-duri di atas tembok batu itu, supaya binatang buas tidak dapat masuk dan menyerang domba-domba di dalamnya. Pintu dari kandang itu hanya satu, bahkan biasanya gembala tidur di pintu itu, gembala menjadi pintu bagi domba-dombanya. sehingga dia tahu siapa yang keluar masuk, serta mencegah sesuatu yang membahayakan domba-dombanya masuk,  sehingga domba-domba itu aman. Jadi, ketika Yesus berkata, “Akulah pintu,” ini menunjukkan bahwa Ia adalah satu-satunya jalan masuk untuk seseorang berada dalam keamanan. Yesus memberikan jaminan bahwa mereka yang melalui dia akan selamat (Yoh. 14:6, Yoh. 3:16). Yesus adalah pintu, dan mereka yang masuk kedalamnya, akan mendapatkan kepastian keselamatan yang kekal, tanpa perlu diragukan lagi.

2. Jaminan pemeliharaan

Ayat 9b menyatakan, dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Hal ini diperjelas lagi ketika Yesus mengatakan, “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” Yesus telah berulang kali mengatakan bahwa Ia datang untuk memberi hidup, dan sekarang dia menegaskan bahwa umatNya itu memiliki hidup, bahkan hidup yang berkelimpahan. Ini berarti bahwa kita tidak hanya diselamatkan dan mendapatkan kepastian untuk mendapatkan kerajaan surga, bahkan kita dipelihara keluar masuk kita. Selama kita hidup di bumi ini, jaminan pemeliharaan Tuhan berlaku. Karena itu Yesus menekankan kepada umatNya, jangan kuatir, jangan takut, jangan gelisah. Kita menikmati Tuhan dalam hidup kita dan merasakan kehadiran-Nya setiap saat, bahkan merasakan tangan Gembala Agung itu sepanjang hidup kita.

Jika saudara menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat saudara, nikmatilah kekayaan yang ada di dalam Kristus. Percayakan hidupmu kepada Dia. Jangan takut akan masa depan, sebab Ia memeliharamu. Jangan takut akan kematian, karena Ia tetap memegang tanganmu.

Have  a blessed day !



No comments:

Post a Comment