Saturday, June 20, 2020

I am the Good Shepherd - 2

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM (11)

Yoh 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

Ada hubungan khusus antara Gembala dan DombaNya,  YESUS sebagai Gembala, mengenal setiap domba-dombaNya, satu persatu. Bahkan didalam perumpamaan domba yang terhilang, dilukiskan, sang Gembala menghitung dombanya satu persatu, jika ada yang hilang, atau belum pulang, maka sang Gembala itu akan mencarinya sampai dapat (Luk 15:1-7).

Arti kata mengenal disini adalah mengerti, memahami, intim dengan dombaNya. Yesus memahami saudara, kekurangan, kelemahan serta apa saja yang saudara lalui, alami saat ini. Kalau Dia mengerti, maka Dia tidak akan tinggal diam, Dia akan lakukan sesuatu untuk hal itu.

Yohanes 10:3 (TB) Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.

Yesus mengenal siapa kepunyaanNya. DIA tahu nama kita satu persatu, Dia tahu secara detil tentang hidupmu. Yesus memiliki 12 murid, Dia mengenali semuanya, karakternya, maupun kelemahannya. Yesus tahu salah satu muridNya lemah dalam hal keuangan, dan suatu saat akan menjual Dia. Yesus mengenali kekurangan Petrus, kelemahannya. Yesus mengenali saudara dan saya.

Sebagai Gembala maka Dia akan menuntun domba-dombaNya ke padang rumput yang hijau. Domba-dombanya tidak perlu mempertanyakan kapan jadwal breakfast, makan siang, atau dinner kepada Gembala, itu semua sudah ada di agendaNya. Gembala tahu kapan saatnya untuk memberi makan, kapan saatnya untuk membaringkan dombanya, kapan saatnya untuk memberi minum dombanya. Yesus tahu kapan saatnya saudara membutuhkan pekerjaan, pasangan hidup, rumah, laptop, uang sewa rumah,  uang untuk bayar sekolah anak, Dia tahu segala kebutuhan dombaNya, karena Dia adalah Gembala yang baik. Gembala yang tahu, mengerti akan domba-dombaNya.

Dilain sisi, kebalikannya adalah, domba-dombaNya juga mengenal sang Gembala, adakah kita mengenal Gembala Agung kita? Seberapa jauh kita mengenalNya? Bagaimana cara kita mengenalNya? Isi dari Alkitab adalah menceritakan tentang Sang Gembala Agung, semakin kita membaca dan merenungkan isinya, semakin kita memahami dan mengenal Gembala Agung.

Yoh 10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

Jesus is the Fine Shepherd who surrendered his soul to save his ...

Sebagai Domba kita harus mendengarkan suara Gembala, dan mengikutiNya. Yang bukan dombanya tidak akan mendengarkannya, dan tidak mau akan mengikutinya, karena tidak mengenalNya. Tidak semua orang yang mengaku Kristen adalah dombaNya Tuhan. Domba yang mendengarkan Suara Gembala dan mengikutiNya itulah domba-domba Tuhan.  Kemana sang Gembala pergi, kesanalah domba-domba mengikutiNya.

Jika ada pertanyaan mengapa ada orang kristen yang meninggalkan Gembala Agung dan mengikuti orang lain? jawabnya sederhana saja,  Tuhan mengenal domba-dombaNya, dan domba-dombaNya mengenal Tuhan. itu bisa terjadi karena dia bukan dombaNya Tuhan. Kalau dia dombaNya Tuhan, pastilah dia mendengar dan mengikut Tuhan.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment