Wednesday, June 24, 2020

I AM THE RESURRECTION AND THE LIFE - 1

Daily Devotion – Alive & Transformed  
Serial The Great I AM (14)

Yohanes 11:25 Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati

Saat mendengar kabar bahwa Lazarus sakit, Yesus berkata, Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan. Perkataan ini sulit dimengerti, bagaimana mungkin penyakit itu dapat memuliakan Tuhan? Apakah Tuhan memberi sakit penyakit kepada manusia agar namaNya dimuliakan? Bagaimana dengan orang yang percaya yang menderita sakit penyakit yang menahun?

Lazarus seorang yang dikasihi Tuhan, tetapi dia sakit keras. Kok bisa orang yang dikasihi Tuhan kena sakit? Kalau kita lihat baru-baru ini, oleh karena Covid 19 ini banyak para hamba Tuhan, pendeta, aktivis gereja, yang meninggal karenanya. Kenapa demikian? kok bisa ya?

Menderita suatu penyakit adalah sesuatu hal yang paling tidak diinginkan oleh manusia. Namun yang namanya penyakit, selalu datang menghampiri setiap orang, tidak peduli siapa dia, orang Kristen atau non-Kristen, atau apa status atau kedudukannya di masyarakat. Singkatnya, semua golongan masyarakat: tua-muda, wanita-pria, kaya-miskin, cantik-jelek, semua pasti pernah dihampiri penyakit. Penyakit memang penuh misteri: dia datang tanpa diduga, tanpa diundang. Orang yang selalu telaten merawat kesehatannya pun, tidak dijamin akan steril dari penyakit. Jadi penyakit akan selalu hadir, meski dengan kadar dan jenis yang berbeda-beda.

Doa Menjenguk Orang Sakit Beserta Adab, Hukum, dan Keutamaannya

Penyakit bisa datang kedalam hidup siapa saja, apakah itu orang Kristen maupun orang non Kristen.  Bagaimana penyakit dapat datang kedalam tubuh manusia? Apa penyebab utamanya?

1. Dosa
Dosa membuka pintu untuk pekerjaan setan masuk leluasa, salah satunya mendatangkan sakit penyakit. Ulangan 28:15 "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau: batuk kering, demam, demam kepialu, sakit radang, kekeringan, hama dan penyakit gandum; semuanya itu akan memburu engkau sampai engkau binasa (ay 22).

Ada satu orang lumpuh, Yesus hanya berkata, dosamu sudah di ampuni, lantas orang lumpuh itu bangkit dan berjalan.  Orang ini sakit, karena ada dosa (Luk 5:20). Karena itu kalau ada yang sakit, langkah awal adalah memeriksa hidup kita, mungkin ada dosa, kesalahan, atau nazar yang belum ditepati, segera bereskan. Pemulihan dari Tuhan akan datang dengan sendirinya.
Tetapi perlu digaris bawahi pula, tidak semua orang yang sakit, akibat dosa.

2. Pekerjaan Setan
Salah satu pekerjaan setan adalah, mencuri, membunuh, dan membinasakan (Yoh 10:10), setan mencuri kesehatan kita, mencuri sukacita kita, mencuri damai sejahtera kita sehingga kita sakit, gelisah, stress, penuh susah.

Setan tidak senang melihat anak-anak Tuhan diberkati, dia berusaha mencuri, bahkan kalau bisa membinasakan karirnya, bisnisnya, rumah tangganya, masa depannya. Kalau penyakit itu karena pekerjaan setan, maka usirlah setannya. Markus 9:25 Ketika Yesus melihat orang banyak makin datang berkerumun, Ia menegor roh jahat itu dengan keras, kata-Nya: "Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!" Lalu keluarlah roh itu sambil berteriak dan menggoncang-goncang anak itu dengan hebatnya.

3. Kelalaian menjaga kesehatan
Jika kondisi tubuh saudara lemah, kurang istirahat, tidak menjaga keseimbangan gizi, pola makan yang tidak sehat, dan tidak teratur, tidak memperhatikan caranya saudara hidup, maka dengan mudah sakit penyakit dapat masuk dalam tubuhmu.

4. Faktor lain
Factor ini kita tidak mengerti darimana datangnya, sama seperti kasus Ayub, dia menderita semua kemalangan, sakit penyakit, kebangkrutan total, Ayub tidak mengerti mengapa dia mengalami semuanya itu.
Bisa saja Tuhan sedang menguji iman kita, terhadap hal ini, kita arahkan pandangan kita akan kesetiaan Tuhan yang tidak pernah tinggalkan kita.

Penyakit juga bisa datang melalui genetis, keturunan atau bawaan dari lahir. Jika orang tua  menderita sakit jantung, maka kemungkinan anak-anaknya juga mengalami hal yang sama.

atau karena faktor usia, karena usia semakin lanjut, maka kondisi fisik melemah, akibatnya banyak mengalami gangguan kesehatan ini itu, telinga mulai tuli, mata mulai kabur, kaki mulai kram, sering encok, rematik, dll. 

Selain itu alkitab juga mengkatagorikan sakit penyakit menjadi tiga bagian

a. Penyakit secara fisik (mulai dari penyakit ringan (batuk, pilek) sampai yang berat (kanker, jantung, dll). Umumnya penyakit ini di tangani oleh pihak medis, dengan obat-obatan ataupun perawatan intensif. Campur tangan Tuhan dalam hal ini, tetap dilibatkan, Tuhan sanggup menyembuhkan tanpa bantuan tenaga medis, Tuhan juga bisa bekerja melalui usaha yang dilakukan oleh tenaga medis.

b. Penyakit jiwa : akibat tekanan hidup yang berat,mengalami bencana bertubi-tubi,  jiwa yang guncang, berita yang mengejutkan, stress berkepanjangan, putus cinta, dan banyak factor lain, dapat mengakibatkan seseorang menderita pikirannya, jiwanya. Terhadap hal ini, bimbingan, nasihat, serta keberadaan orang terdekat, rohaniawan dan konselor sangat berperan.  Pemulihan dimulai dari jiwa yang rapuh, membangkitkan semangat yang patah. Jiwa yang ditawan harus dibebaskan.

c. Penyakit di rasuk setan
penyakit jiwa dan kerasukan setan dua hal yang berbeda. Treatment dan penyelesaiannya juga berbeda. Terhadap hal ini, pelayanan pelepasan diperlukan. Orang yang hidupnya ditindas setan, harus dimerdekakan.

Terhadap ketiga hal ini, Tuhan Yesus tetap menjadi kuncinya. Dia solusi dari ketiganya.
Lukas 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

Kembali ke bagian awal diatas, apa maksud perkataan Tuhan bahwa penyakit ini mendatangkan kemuliaan Allah? Ayat tsb tidak mengatakan bahwa Allah mendatangkan sakit penyakit agar Dia dimuliakan. Tetapi ayat itu berbicara, bahwa Lazarus sakit keras, maka ada kesempatan lazarus untuk mengalami dan melihat karya Allah dinyatakan dalam dirinya.


Kepada Orang yang sakit saat ini, ada kesempatan untuk melihat tangan Tuhan bekerja dan mengalami penyertaan Tuhan. Apakah Tuhan melakukan penyembuhan secara langsung, ataukah melalui tenaga medis, ataukah Tuhan bekerja dengan cara yang lain, yang tidak kita pikirkan, itu bisa saja terjadi.

Rom 8:28 Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Fil 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Have a blessed day !


(bersambung)

No comments:

Post a Comment