Tuesday, June 23, 2020

I am the Good Shepherd - 4

Daily Devotion – Alive & Transformed 
Serial The Great I AM (13)

"Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku."  (Mazmur 23:4). 

Gembala yang baik selalu berjalan di depan, kemudian domba-dombanya akan mengikutinya.  "Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya."  (Yohanes 10:4).  Gembala yang baik membuka jalan bagi domba-dombaNya, serta tahu dimana padang rumput yang hijau. Perjalanan bangsa Israel di padang gurun dipimpin oleh tiang awan dan tiang api yang menjadi symbol penyertaan Tuhan berjalan di depan mereka. Gembala yang baik tidak akan membawa domba-dombanya ke tempat yang mengandung bahaya. Kalau kita mengikuti pimpinan Tuhan, kita tidak akan dibawa ke tempat yang membahayakan jiwa kita, dan merugikan hidup kita.

Kalaupun kita harus berjalan melalui lembah kekelaman/ bayang bayang maut, lembah yang tidak bisa dihindari, sesuatu yang tidak menyenangkan dalam hidup kita, Gembala yang baik tetap menyertainya.

Selain itu, di tangan gembala selalu ada gada dan tongkat.  Gada berfungsi menghajar dan membunuh binatang buas yang hendak mengganggu dan memangsa domba.  Gada Tuhan ada  bersama kita untuk melindungi kita dari serangan musuh yang mau merusak hidup kita, ada perlindungan Tuhan didalam hidup kita.

Kalau ada orang yang ingin merusak hidup kita, mencelakai hidup kita, memfitnah, berkata-kata buruk tentang kita, merugikan ataupun mengancam hidup kita, ada Gada Tuhan yang akan menghajarnya. Dengan kata lain, pembalasan itu hak nya Tuhan. Serahkan saja kedalam tangan Tuhan, Gembala kita tahu bagaimana harus bertindak.

Beberapa kali Saul ingin mencelakai Daud, tetapi selalu Daud dapat menghindar. Dia menyerahkan pembalasan kedalam tangan Tuhan.

Sedangkan tongkat berfungsi memukul dengan pelan bokong domba-domba yang sedang berlarian, memberontak dan bergerak menjauh dari gembala atau sedang ke luar dari jalur.  Pukulan ini tidak keras tapi terasa sakit juga dengan tujuan mendisiplinkan mereka.  Atau tongkat dikalungkan ke leher domba dengan tujuan menarik si domba agar kembali ke barisan atau rombongan, sebab jika domba berjalan sendiri dan tercerai dikhawatirkan akan tersesat dan kemungkinan besar akan menjadi mangsa binatang buas.

The rod and staff comfort me? • Treading Water Til Jesus Comes

Memang tongkat didikan Tuhan itu terasa tidak nyaman dan sakit bagi daging kita, tapi semuanya mendatangkan kebaikan bagi kita. Tuhan ingin mendisiplin hidup kita, agar kita terhindar dari malapetaka. percayakan hidupmu ke dalam tangan Gembala yang baik. 

Have a blessed day !


No comments:

Post a Comment