Saturday, June 27, 2020

I AM THE WAY, THE TRUTH, and THE LIFE -1

Daily Devotion – Alive & Transformed  
Serial The Great I AM - 17

John 14:6 Jesus said to him, "I am the way, the truth, and the life. No one comes to the Father except through Me.

Kalimat ayat diatas, tidak disambung, sehingga istilah Yesus jalan kebenaran dan jalan kehidupan bukanlah berdasarkan ayat ini. YESUS adalah JALAN, YESUS adalah KEBENARAN, YESUS adalah KEHIDUPAN, tiga hal yang berbeda meskipun saling terkait satu sama lain. Tetapi karena Yesus menyebutkannya dalam satu kalimat, sehingga orang mencampur baurkannya.

JESUS is THE WAY

Ada istilah jaman dulu, Banyak jalan menuju ROMA, artinya, untuk menuju ROMA, banyak cara, tidak hanya satu jalan. Kalimat itu mungkin betul, tetapi penerapan untuk mencapai hidup yang kekal tidak bisa dipakai istilah itu, seharusnya demikian,  banyak jalan menuju Roma, tetapi hanya satu jalan menuju Surga yang kekal, yakni melalui Yesus Kristus.

Kok Cuma satu jalan? Bukankah kalau banyak jalan lebih menyatakan keragaman? Sepertinya kok ajaran Kristen mau menang sendiri..?
Kehidupan yang kekal bukanlah masalah main-main, atau sekedar lewat begitu saja, tetapi sesuatu yang sangat penting yang perlu kita ketahui dan kejar selama kita hidup di dunia ini. Karena sangat penting, tidak mungkin banyak cara menuju sana, harus satu saja yang mutlak.

Masuk Surga jangan disamakan dengan beli rumah, bisa dengan cara cash, atau  kredit via bank mana saja, dengan cara yang berbeda-beda, tetapi ujung ujungnya dapat rumah juga, gak sama broo....

Allah dengan adil memberikan satu jalan, agar semua manusia dapat mengikuti jalan tersebut.

Yesus mengatakan kepada kita “Jangan gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu ada banyak tempat tinggal” (Yoh 14:1). Ayat ini mengatakan, kalau kita percaya kepada Allah, maka kita harus percaya kepada Yesus juga. 

Ada beberapa ayat di kitab Yohanes yang membuktikan bahwa ada hubungan yang unik dan khas antara Yesus dan Allah Bapa.

Percaya kepada Yesus = percaya kepada Allah Bapa, Yohanes 14:1 “Percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu…”

Mengenal Yesus = mengenal Allah Bapa, Yohanes 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal BapaKu…”

Melihat Yesus = melihat Allah Bapa, Yohanes 14:9 Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa…”

Yesus berada di dalam Allah Bapa, Allah Bapa berada di dalam Yesus, Yohanes 14:11 Aku di dalam Bapa, dan Bapa di dalam Aku…”

Di sini jelas menunjukkan Yesus setara dengan Allah Bapa, Yesus adalah Allah.

Pertama, Yesus adalah jalan. Apa artinya? Yesus bukan menunjukkan jalan, Yesus tidak memimpin jalan, tetapi Ia sendiri adalah jalan. Jesus is the way. 

Dalam bahasa asli yaitu bahasa Yunani, kata “jalan” ini memakai “definite article.” Yaitu berarti Yesus bukan salah satu jalan dari antara banyak jalan, akan tetapi Yesus adalah jalan itu sendiri. He is the way, the one and only way to heaven. Kenapa kita tahu bahwa Yesus adalah jalan satu-satunya? Karena Yesus selanjutnya berkata, “Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.” Itu berarti Yesus adalah jalan satu-satunya.

Yesus adalah jalan menuju Surga, kalau kita berjalan didalamNya, pasti akan sampai ke Surga. Kita yang mengikut Yesus, sudah benar, sudah on the right track, jangan berpindah jalur, atau malah mundur ke belakang, malah nanti tersesat dan tidak akan sampai ke tempat tujuan, Surga yang mulia. Dialah satu satu nya jalan menuju Bapa, bukan salah satu jalan.

Rite of passage: Jesus is enough | Baptist Messenger of Oklahoma

Ada orang yang berpandangan, milih jalan yang mana saja juga sama, toh tujuannya sama, pasti sama-sama sampai disana. Ya, tujuan  boleh sama, tetapi jalan yang ditempuh berbeda, tidak akan sama akhirnya. Jalan itu menentukan arah dan akhir perjalanan hidup saudara.

Seperti ayat ini,  "Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut."  (Amsal 14:12). Sperti nya ajarannya baik, mengajarkan kebaikan, sedekah kepada orang miskin, hormat kepada orang tua, kehidupan agamawi yang soleh, tetapi ujungnya menuju maut, mati binasa !

Hanya Yesus, satu-satunya Jalan, diluar Dia, tidak akan sampai kepada BAPA, Dia adalah The Truth, kebenaran, dan Dia juga Kehidupan, The Life.

Have a blessed weekend !

No comments:

Post a Comment