Saturday, June 27, 2020

Jadi Bidan Bersalin

Sekedar sharing..

Dalam pelayanan bisa aja ketemu yg aneh aneh.. saya baru saja jadi bidan bersalin...uppss....!!

Hari Senin pagi, tanggal 22 Juni 2020, saya menerima telpon dari seseorang yang tidak saya kenal. 

Ada telpon masuk...Nomor gak dikenal, terdengar suara ibu Logat Melayu..

I'm pregnant... Baby... Baby...pray for me... 

Suaranya tersenggal sengal... Kayak menahan sakit...

Karena ngomongnya sepotong potong maka Saya nebak nebak... 
You're pregnant... Baby  problem...? 

Baby... Baby... 

Suara gak jelas jadi saya pikir bayinya mungkin sakit DB (demam berdarah)

 Kamu sakit DB...?  Bisa cakap indon?

Bisa.. Bisa... Baby.. Aduh... Aduh...Sakit sakit...

Ooo... Mungkin dia mau melahirkan tapi di rumah... Gak ada yg nolongin dia..pikir saya

Kamu di rumah apa di hospital?

Hospital... Aduh... Aduh...

Lahh... Kalo di hospital ngapain telpon saya, kan ada dokter, nurse... Pikir saya...

Tapi orgnya teriak teriak... Suaranya beneran spt org sakit, bukan dibuat buat...

Ya udah... Mungkin beneran mau melahirkan...kita doa yaa.. Tuhan tolong ibu ini yg mau melahirkan berikan kekuatan, semuanya berjalan lancar, aminnn.. 

Sudah.. ya Bu.. Tuhan tolong yaa... 

Saya mau sudahi telpon nya... 

Tapi dia merintih kesakitan... Aduh... Aduh... Aduh...pray for me... 

Lah gimana ini, itukan di hospital, dokter aja yg nolong dia.... 

O mungkin dia butuh bantuan... Ya sudah siap aja...mencoba inget2 gimana caranya org melahirkan... Untung inget pilem Dukun Beranak taon 70-an.... Haha

Ya... Ayo... Ibu pasti bisa... Pushhh....Dorong.... Dorong.... Tarik napas.. Dorong yg kuat...

Aduh... Aduh... Sakit... Sakit...  I need prayer... Sakit...

Dalam nama Yesus... TUHAN tolong... Berikan kekuatan...keluar dalam nama Yesus.. 
Ayo ayooo... Bisa... Pasti bisa.... Dorong... Tarik napasssss..... Dorong..... Kuat kuat... Tarik napas lagi...

Aduh... Aduh.. Aduh...

Sambil saya mikir... Kalo di hospital... Kemana nurse dan dokter nya...

Push... Push... Kuat kuat.... Ayooo...

Water come out...

Oo... Ketubannya udah pecah..? Ya udah bentar lagi itu....
Push... Pushhhhh....
Tarik napasssss.... Pushhhhh kuat kuat...

Why Americans Give Birth in Bed

Aduh.. Sakit... Sakit...

Suaranya terdiam kayaknya dia lagi narik napas...

Jangan2 dia kehabisan napas...? Saya pikir...

Ayoo... Pasti bisa.. Pasti bisa... Ayoo.. Ayooo..
(sambil mikir dalam hati, hadeuhh.. Pagi pagi.. Ketemu yg ginian...)
Push lagi... Pusssssshhh... 

Baby come out... aurgggghhhhhh.....

Yaa... Yaa.... Terus.. terus.... Sambil saya membayangkan, kepala bayinya mulai keluar...susternya kemana sih...suaminya kemana juga sihh.. 
Tarik napas kuat2... Dorong... Dorong........ 

Arrghhhhhh..... 
Lalu si ibu... Menghela napas.... Tersegal.. Segal...lalu 
Terdiam sejenak...menghela napas panjang... Mungkin udah lega...mungkin sudah selesai melahirkan

saya lalu berkata : 
Kita doa ya bu... 
Tuhan terimakasih buat pertolonganMu.... Etc..amin ..!

setelah berdoa, kemudian saya tutup telponnya....
Sambil mikir....

No comments:

Post a Comment