Monday, June 29, 2020

I AM THE WAY, THE TRUTH, and THE LIFE -2

Daily Devotion – Alive & Transformed  
Serial The Great I AM - 18

I Am the Way

John 14:6 Jesus said to him, "I am the way, the truth, and the life. No one comes to the Father except through Me.

Saat Yesus mengatakan DIAlah JALAN, ada banyak pengertian didalamnya.

Pertama-tama, sebelum kita melakukan satu perjalanan, kita harus tahu kemana kita akan pergi. Saudara mau pergi ke satu tempat, katakanlah, tempat yang indah, nyaman, tenang,  tapi tidak tahu tempatnya ada dimana, tidak tahu cara menuju kesana, bagaimana bisa sampai kesana? Atau sudah tahu tujuannya, tapi tidak tahu jalannya.

Pada saat kita berada dalam perjalanan panjang didepan, kita ingin menyalakan GPS untuk mengetahui arah perjalanan kita, serta kira-kira berapa lama lagi kita akan sampai disana. Kita menginginkan the best, fastest routes, dan lalu memulai perjalanan kita. Tomas mencari informasi seperti itu.

JESUS Is THE WAY! – Behold, I Am With You Always! -JESUS

Murid-murid Yesus ingin mengetahui langkah selanjutnya, akhir dari perjalanan iman mereka bersama Yesus akan ada dimana. Tomas menanyakan hal itu.
Yoh 14:5 Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

Yesus dengan jelas mengatakan kepada murid-muridNya, untuk mengetahui jalan tersebut, kenali  DIA dan percayakan hidup kita kedalam tanganNya, serta berjalan bersama dengan DIA. 

Saat kita tinggal didalam DIA, kita dapat meletakkan kepercayaan kita kepada DIA yang akan menuntun dan membawa kita sampai kepada kekekalan.

Didalam Yoh 10, Yesus mengumpamakan diriNya sebagai Gembala yang Baik :
Yoh 10:4 Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.10:5 Tetapi seorang asing pasti tidak mereka ikuti, malah mereka lari dari padanya, karena suara orang-orang asing tidak mereka kenal."

 "When he has brought out all his own, he goes on ahead of them, and his sheep follow him because they know his voice. But they will never follow a stranger; in fact, they will run away from him because they do not recognize a stranger’s voice.”

Kemudian Yesus menjelaskan lebih lanjut lagi :  Yoh 10:7 "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu. 10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka. 10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

Yesus mengumpamakan diriNya sebagai Gembala dan kita adalah domba-dombaNya. Domba tidak memilih jalan sendiri untuk keselamatan serta perlindungan, tetapi mereka menggantungkan diri kepada gembala untuk menjaga dan memelihara mereka. 

Supaya mereka selamat, aman dari bahaya, mereka harus trust/mempercayai sang Gembala, dan tidak mencari jalan sendiri-sendiri atau suka-suka yang akan membahayakan diri sendiri. Tetapi saat kita mengikut Yesus, DIA akan memimpin kita kepada tempat dimana kita seharusnya berada.

Dengan jelas Yesus memberitahukan bahwa DIA adalah jalan menuju BAPA, jalan menuju Surga kekal. Dia mengatakan bahwa DIA pergi kesana untuk menyediakan tempat bagi kita. Dengan kata lain, kalau kita telah selesai dalam perjalanan hidup ini, kita akan menemukan diri kita satu tempat peristirahatan dimana Bapa berada.

Have a blessed day !

3 comments: