Monday, July 20, 2020

I AM HE – 7

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Serial The Great I AM  - 36

Yoh 9:35 Yesus mendengar bahwa ia telah diusir ke luar oleh mereka. Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: "Percayakah engkau kepada Anak Manusia?"

9:36 Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya." 9:37kata Yesus kepadanya: "Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!" 9:38Katanya: "Aku percaya, Tuhan!" Lalu ia sujud menyembah-Nya.

Healing Bartimaeus of blindness - Miracles of Jesus

Menarik sekali, Yesus menyatakan diriNya sebagai Mesias kepada orang buta yang baru saja melihat. Sebagai penggenapan akan firman yang tertulis di :

Yes 42: "Aku, TUHAN, memanggil dan menugaskan engkau untuk menjalankan keadilan. Engkau Kubimbing dan Kupelihara untuk menjadi perjanjian bagi umat manusia, dan cahaya bagi semua bangsa.Untuk membuka mata orang buta, dan membebaskan orang dari kegelapan penjara.

Didalam Yesaya 42 itu berbicara tentang Mesias, Penyelamat yang akan datang diutus Allah untuk membebaskan umatNya. Salah satu tugasnya adalah membuka mata orang buta.

Buta bukan secara rohani, alias tidak tahu akan kebenaran, tetapi buta secara fisik pula. Yesus mencelikan mata orang buta secara fisik, dan juga mencelikkan orang buta rohani, sehingga mereka dapat melihat kebenaran.

Banyak nabi, orang suci, orang saleh  orang-orang terkenal mengajarkan tentang kebenaran, mungkin mencelikkan mata orang yang buta akan kebenaran, tetapi tidak ada satupun dari mereka yang mencelikkan orang buta. Bahkan nabi-nabi di Perjanjian lama tidak ada yang tercatat mencelikkan mata orang buta. Hanya Yesus yang mencelikkan mata orang buta secara fisik maupun roh. DIA lah Mesias yang dijanjikan.

Saat orang buta itu menyembah Yesus, DIA tidak menolaknya, kalau Yesus hanyalah seorang nabi, Dia pasti menolak penyembahan untuk diriNya, tetapi karena DIA adalah Tuhan, dia tidak menolaknya.

Mengapa Yesus menyatakan diriNya sebagai Mesias kepada orang buta itu? saya melihat bahwa Yesus ingin memulihkan orang ini secara total, tidak hanya fisiknya yang dipulihkan, tetapi rohnya juga, sehingga dapat mengetahui kebenaran. Tuhan ingin memulihkan total hidup kita, baik secara fisik maupun rohani.

Have a blessed day !

 


No comments:

Post a Comment