Saturday, July 18, 2020

I AM HE - 6

Daily Devotion – Alive & Transformed
Serial The Great I AM  - 35

Pekerjaan yang Mesias lakukan adalah :
A. Menyampaikan kabar baik bagi orang miskin
B. Memberitakan pembebasan kepada orang tawanan
C. Memberikan penglihatan bagi orang buta 
D. Untuk membebaskan orang-orang yang tertindas
E. Untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang

Tahukah bahwa sesungguhnya ayat yang Yesus baca kalimatnya belum selesai? Dengan kata lain Yesus tidak baca seluruh ayatnya, apa kalimat selanjutnya? Yesaya 61:1-2: Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, 2untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung. Ayat 2, “Untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan”, Yesus berhenti sampai di sini, tetapi ada kelanjutannya, “Dan hari pembalasan Allah kita.” Tetapi ketika Yesus selesai membaca untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan, Yesus berhenti, Yesus menutup kitabnya.

Kenapa? Karena kedatangan Yesus yang pertama kali adalah untuk membawa kasih karunia, untuk mendamaikan dunia ini dengan Allah, belum saatnya pembalasan. Nanti pada saat Yesus datang yang kedua kalinya, setelah orang percaya diangkat, setelah kita diangkat, barulah terjadi hari pembalasan.

Jadi ketika Yesus membaca kitab Yesaya, saat Yesus sampai pada kalimat untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan, Yesus berhenti. Tahun rahmat Tuhan telah berlangsung selama 2000 tahun lebih sampai sekarang dan sampai nanti Yesus datang untuk yang kedua kali.

Apa itu tahun rahmat Tuhan? Tahun rahmat di dalam King James terjemahannya acceptable year, terjemahan bahasa Yunaninya menunjukkan saat-saat yang paling diberkati, ketika keselamatan dan kebaikan Allah diberikan secara berlimpah. Itulah tahun Rahmat Tuhan dimana kita sedang mengalaminya.

Kalau saudara  membedakan antara Lukas 4:19 ini dengan Yesaya 61 maka akan menemukan perbedaan yang jelas.. tentang TAHUN RAHMAT TUHAN TELAH DATANG.

Tahun rahmat Tuhan hanya tercantum dalam Lukas 4 dan Yesaya 61 saja.
Bedanya di Yesaya hanya ditulis :untuk memberitakan Tahun rahmat Tuhan
Tetapi di Lukas ditulis: ….untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.

Dan Yesus menghentikan pembacaan kitab itu, dengan kata lain, penitikberatan nya adalah di tahun rahmat Tuhan.  dan DIA menambahkan kalimat, TELAH DATANG.

Di kitab Yesaya masih penantian, tetapi di Lukas, TELAH DATANG, kemudian YESUS berkata: hari ini apa yang tertulis sudah digenapi !!

Lessons Easy, Hard, and 'Huh?' | Hope Lutheran Church
Nubuatan Yesaya bahwa akan datang TAHUN RAHMAT TUHAN dimana akan datang seseorang Yang Diurapi/ Kristus/ Mesias…..yang dipakai Tuhan untuk memberitakan kabar baik.

Semua orang Yahudi menanti datangnya Mesias/ yang di urapi ini…..datangnya tahun rahmat Tuhan. Bahkan sampai sekarang ini orang Yahudi masih menantikan datangnya Mesias. Mengapa bisa terjadi? Padahal 2000 tahun yang lalu Mesias sudah datang ? Karena mereka kehilangan moment/ kairos/kehilangan saat-saat lawatan Tuhan datang.

Yesus lahir di dunia, menandakan dimulainya Tahun RAHMAT TUHAN, dimana tersedia jalan keselamatan. Pekerjaan YESUS selama di muka bumi, menunjukkan tentang RAHMAT TUHAN atas manusia. Yang sakit disembuhkan, tuli mendengar, buta melihat, lumpuh berjalan, orang miskin mendapatkan kabar baik, orang terikat setan dilepaskan, orang yang lapar mendapatkan makanan, orang yang takut mendapatkan ketenangan, dan banyak lagi yang YESUS nunjukkan tentang RAHMAT TUHAN.

Tonggak penting Tahun Rahmat Tuhan adalah Yesus disalibkan untuk mengantikan kita sebagai manusia yang seharusnya menanggung kutuk dosa. Rahmat yang besar menyebabkan manusia berdosa dan terhilang dari hadapan kekudusan Allah ditebus, diampuni, dikuduskan dan menjadi berkenan kepada Allah sebab Allah melihat Yesus Kristus yang tidak bercela nampak dalam diri tebusanNya. Inilah rahmat Tuhan yang besar tidak dapat diperoleh di luar pengorbanan Yesus Kristus.

Kita masih berada didalam masa TAHUN RAHMAT TUHAN, tahun lawatan TUHAN. Ditengah-tengah masa yang sulit ini, masa pandemic yang berkepanjangan, masa paceklik, masa kesusahan, RAHMAT TUHAN belum berhenti. Karena itu tenanglah. Sewaktu murid-murid mengalami badai gelombang yang dahsyat, TUHAN YESUS berkata kepada badai: diam, tenanglah…!! Sebenarnya kalimat itu juga bisa ditujukan kepada kepada murid-muridNya, untuk diam dan tenang.

Akibat kondisi saat ini, bisa membuat kita bergejolak, gelisah, bingung, gak tau lagi apa yang harus diperbuat, bingung kedepannya gimana, TUHAN berkata, diam, tenanglah.

Apa saja yang bisa kita alami dalam TAHUN RAHMAT TUHAN? semua janji ALLAH di kitab sucinya dapat saudara nikmati. masa penuaian, masa panen raya masih berlangsung. itu sebabnya saudara masih bisa menikmati berkat Tuhan ditengah-tengah kesusahan, masih aman terlindung dalam naunganNya. ditengah-tengah kesulitan ekonomi, anak-anak Tuhan masih bisa berkarya, mengalami promosi dalam pekerjaan, mendapatkan pekerjaan yang baik, bukankah itu berbicara RAHMAT TUHAN yang sedang  berlangsung? 

Jangan sampai kita seperti orang Nazaret, akibat tidak percaya Yesus sebagai Mesias, maka tidak banyak mujizat yang Yesus lakukan. Padahal yang ingin YESUS berikan, begitu banyak, tetapi akibat kurang iman mereka, hanya sedikit saja yang terjadi.

Tahun Rahmat TUHAN masih berlangsung, marilah nikmati masa-masa kebaikan Tuhan, pertolongan Tuhan, mujizat Tuhan, kesembuhan,  serta anugrahnya didalam hidup kita.

Tahun Rahmat Tuhan diberikan kepada kita sehingga adanya kesempatan bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi sebab DIA telah memperdamaikan manusia berdosa dengan ALLAH  Yang Kudus. 

Tahun Rahmat Tuhan suatu hari akan berakhir dan masuk ke dalam ayat berikutnya, hari pembalasan, persiapkan diri !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment