Tuesday, August 4, 2020

SEVEN MIRACLES in JOHN –5

Daily Devotion – Alive & Transformed  

Yohanes 9:1-5 Mujizat orang buta yang sejak lahir

9:1 Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. 9:2 Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?" 9:3 Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia. 9:4 Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.9:5 Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."

Mujizat yang dikerjakan ini berkaitan dengan pernyataan ; AKULAH TERANG DUNIA. Yesus menyembuhkan orang buta, orang yang berada didalam kegelapan, dan seumur hidup dia belum pernah melihat. Sehingga dia membutuhkan terang sejati, YESUS menyembuhkan mata orang buta, sehingga dia sekarang dapat melihat. Barulah Yesus mengeluarkan pernyataan, bahwa DIA adalah terang dunia.

Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat orang buta. Yesus bermata sangat tajam, saat DIA berjalan DIA tidak meleng, atau  matanya sambil baca HP, tetapi DIA melihat sekeliling, kalau-kalau ada yang butuh pertolongan.

Kali ini Yesus berpapasan dengan orang buta yang sejak lahir. Murid-muridNya yang berjalan bersama DIA juga melihatnya, tetapi responnya berbeda dengan Yesus.

Mungkin Petrus memandang Andreas dan bertanya: Dre… Ini dosa siapa nih? Kok dia bisa buta begini. Nih pasti  ada dosanya, kira-kira dosanya siapa yaa….? mungkin dosanya dia, atau mungkin dosa emaknya, bisa jadi dosa bapaknya, atau dosa engkongnya, mungkin juga dosa popohnya…

Tuh murid-murid mulai kepo, ribut sini sana, mencari tahu kira-kira tuh orang buta salahnya dimana…asyik juga ada bahan obrolan…

Yesus ngedengerin mereka lagi sibuk bahas sini sana” lagi ngeributin apa…? ini bukan dosa siapa-siapa…tetapi ada hal lain yang kalian gak ngerti yang harus dinyatakan…

Judgement sering terdengar saat seseorang melihat orang lain mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Saat melihat si A mengalami kesusahan bertubi-tubi, ada saja orang yang mencibir…mbakyu kok dia bisa gitu yaa…kayaknya kok dia kena sial terus…jangan-jangan dia kena kutuk…kabarnya…dia itu…bla..bla…bla

Ketibang kita ikutan nimbrung menghakimi orang yang pasti gak ada gunanya dan gak ada habisnya, mendingan mikir apa yang bisa kita kerjakan untuk memperingan.

Dalam hidup ini banyak pertanyaan…ada banyak pertanyaan yang kita gak tahu jawabnya…dan malah tambah puyeng kalao dibahas…meski udah ditempel koyo, tetap aja masih puyeng…ada doa yang gak dijawab-jawab…kenapa yaa…padahal udah lama aku doakan…kenapa yaa…sang jodoh belon muncul-muncul juga…? Kok rejeki gak datang-datang nih…? Kok malah aku yang sakit beginian…? Kok selama hidup, rasanya lebih banyak susahnya…daripada senengnya…? Kenapa yaa..kok dapet pasangan model kayak gini…? Aduhh…lagi susah gini…eh ada aja masalah…sampe kapan nih Tuhannnn….?? Aku salah apa Tuhan…??

Kita gak usah tanya dosa siapa, nanti malah tambah bingung…Iring Tuhan gak bearti gak ada pertanyaan, ada banyak hal yang engkau tidak mengerti. Terlebih lagi dalam situasi Covid 19 ini, lebih banyak lagi pertanyaan yang muncul. Kenapa yaa dia bisa kena Covid..? meninggal pula..padahal masih muda…? Sampai kapan ini berakhir yaa Tuhann…?

Di Perjanjian Lama sering ada pertanyaan, apa untungnya beribadah kepada Tuhan lihat orang dunia yang tidak kenal Tuhan malah diberkati, kelihatannya hidupnya seneng. Lihat orang yg males ke gereja punya rumah baru, mobil baru. Gua iring Tuhan kok gini gini aja… Dimanakah gerangan kuasaMu Tuhan?

Well, banyak pertanyaan yang belum terjawab bahkan sampai kita dipanggil Tuhanpun, itu belum ada jawabannya…biarlah itu menjadi misteri dalam kehidupan kita. Mungkin saat kita di Surga, semua teka-teki kehidupan, dapat terjawab semuanya.

Kembali ke cerita tadi, Yang Yesus lakukan begitu melihat orang buta itu, Yesus meludah…tapi bukan meludahi orang buta itu…Yesus gak sekasar itu prenss… YESUS meludah ke tanah…

Murid-muridNya melihat Gurunya mengaduk-ngaduk tanah dengan ludahNya, mereka bertanya-tanya dalam hati, Guru ngapain yaa…aneh…metode apa itu

Jijik gak sih sama ludah…? Apalagi sekarang zaman Covid 19, kena semburan ludah..bisa bisa tewas mengenaskan..bagusnya waktu zaman itu wabah Covid belum eksis..

Ludah sesuatu yang menjijikan, tetapi ditangan TUHAN, dijadikan sarana untuk menyembuhkan. Ada orang yang dianggap menjijikan, sampah masyarakat, dipandang hina oleh orang lain, sepertinya tidak ada harganya, tetapi di tangan Yesus akan menjadi alat yang berguna. Kalau kita ingin berarti dalam hidup ini, berikan hidupmu kedalam tangan Yesus, maka dia akan aduk aduk hidupmu, mengolah hidupmu menjadi satu “adonan” menakjubkan dan berguna.

Setelah Yesus membuat adonan tanah, DIA menempelkan ke mata si buta. Kebayang gak apa yang ada dibenak murid-muridNya? Metode apa itu…? masak pake ludah gitu..? terus kenapa pake tempel lumpur segala…?

Gimana dengan pikiran si Buta? Dia mungkin berpikir Tuhan akan berdoa, mengusir, mengikat, menengking setan buta…tapi kok ini gakkk? Mungkin dia berpikir Tuhan akan berkata: sembuh…!! Tapi kok ini gakkk…? Malah aku disuruh pergi ke kolam, mencuci mukaku…?

Ya…Yesus sudah do something…selanjutnya…orang itu  yang harus do his part…disini kita lihat adanya synergy…antara TUHAN dan orang buta. Untuk menciptakan terjadinya mujizat, dibutuhkan kerjasama antara kita dan TUHAN. sodara harus lakukan bagian saudara, dan TUHAN akan lakukan yang menjadi bagianNYA, baru sesuatu yang dahsyat terjadi !!

Kita gak bisa menyerahkan semua ke dalam tangan Tuhan, lantas kita uncang-uncang kaki gak ngapa-ngapain…dijamin gak akan terjadi apa-apa…!! lakukan yang menjadi bagian saudara, kalau saudara seorang pelajar, ya belajar dengan sungguh-sungguh. Jangan berpikir tanpa belajar, jawaban  ujian langsung terlintas di kepala….gak akan itu terjadi…! Kalau saudara seorang pegawai, ya kerja keras dengan baik, miliki attitude yang baik dan menyenangkan, itu akan menunjang karirmu..! kalau saudara seorang pebisnis…jangan malas, giatlah berusaha, cari peluang, bina hubungan, pelajari teknologi, inofatif, maka saudara akan lebih cepat berhasil !

Paling gak ada tiga hal yang orang buta itu Tuhan minta lakukan.

Pertama, dia menerima matanya di tempelin lumpur, dia gak protes sini sana, gak sungut-sungut, atau menghapus lumpur itu. dia berserah sepenuhnya pada TUHAN

Kedua, dia patuh pergi ke kolam Siloam, dia gak pergi ke kolam mancing, atau kolam ikan, atau kolam betesda, tetapi dia pergi ke kolam SILOAM tepat sperti yang TUHAN perintahkan. Kepatuhan mendatangkan berkat ! coba kalu dia basuh dimana saja, dia gak bakalan sembuh. Yang menyembuhkan dia itu, iman dan kepatuhan.

Ketiga, orang itu membasuh dirinya, atau mencuci mukanya. Kalau dia tidak mencuci mukanya, tidak akan terjadi apa-apa, kalau dia tidak membersihkan wajahnya, tidak akan terjadi mujizat. Tuhan minta kita membersihkan diri kita, baru mujizat terjadi. Mungkin ada hal-hal yang harus dibuang, dibersihkan, disingkirkan dalam hidupmu, buanglah itu…maka mujizat terjadi !

Bagi orang buta pergi ke kolam Siloam gak masalah, mungkin dia sering bolak balik pergi ke situ, sehingga dia tidak mengalami kesulitan yang berarti. Tuhan tahu seberapa besar kekuatan kita, Tuhan gak suruh dia cuci muka di Sungai Yordan seperti panglima Naaman. Tuhan gak suruh dia cuci muka di laut merah, dimana TUhan pernah membelah laut itu. yang TUhan perintahkan adalah, cuci mukamu di kolam siloam…sesuatu yang sangat familiar bagi orang buta ini. Perintah Tuhan tidaklah susah, tidaklah berat, karena Tuhan tahu seberapa besar kekuatanmu…pencobaan yang kau alami, tidak akan melebihi kekuatanmu, kamu pasti sanggup dengan pertolongan Tuhan, karena itu jangan patah semangat…ayo bangkit jalan…! Seringkali Tuhan perintahkan untuk orang yang sakit,  bangkit dan berjalanlah…!

Yoh 9:6 Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi 9:7 dan berkata kepadanya: "Pergilah, basuhlah dirimu dalam kolam Siloam." Siloam artinya: "Yang diutus." Maka pergilah orang itu, ia membasuh dirinya lalu kembali dengan matanya sudah melek.

FreeBibleimages :: Jesus heals a man born blind :: A blind man ...

Orang buta itu taat…dia tidak nanya kok begini, kok begitu…dia langsung jalan grakk… hidup kita ibarat seperti tanah liat di tangan sang penjunan…saat sang penjunan membentuk tanah liat, membersihkan batu-batu kecil yang menjadi penghalang, jangan cerewet nanya kok begini Tuhan, kok begitu Tuhan….saat Sang penjunan membentuk, jangan bilang, aduh geli Tuhan…aduh sakit Tuhan… Santai aja broo…Tuhan tahu apa yang DIA perbuat, Tuhan tahu kekuatanmu, bagian kita adalah PATUH saja, PERCAYA saja akan perkataanNYA. JALANI saja perintahNYA.

Saat si buta membasuh mukanya, dia kembali dengan matanya sudah melek !!! dia muncul dengan pribadi yang berbeda !! inilah yang dinamakan hidup baru !! setelah berjumpa dengan TUHAN YESUS, setelah mengalami pembentukan TUHAN, maka saudara akan muncul menjadi pribadi yang berbeda !! pribadi yang sudah mengalami pembentukan ! pribadi yang matang ! matamu celik, dapat melihat karya TUHAN, matamu celik dapat mengerti jalan TUHAN, matamu celik dapat melihat TUHAN, matamu celik dapat mengenali TUHAN ALLAHmu.

Adakah dirimu sedang berada didalam kegelapan? Adakah engkau sedang meraba-raba dalam jalan hidupmu…tidak tahu arah mana yang dituju? Adakah hidupmu bosan dan tidak ada sesuatu yang exciting? YESUS melihat dirimu…! DIA adalah terang dunia, DIA ingin mencelikkan matamu, DIA ingin menerangi kegelapan hidupmu, DIA ingin engkau memiliki hidup yang exciting ! percayalah padaNYA !

Have a blessed day !

 


No comments:

Post a Comment