Tuesday, September 8, 2020

 Daily Devotion - Alive and Transformed 

MEMBASUH KAKI - 7

Yoh 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Yesus tidak hanya sebagai Guru saja, tetapi DIA juga adalah Tuhan. Disini Yesus membuka identitasnya kepada murid-muridNya, DIAlah Guru dan Tuhan.

Yesus bukan manusia yang berasal dari bumi seperti kita, tetapi DIA adalah Firman yang menjelma menjadi manusia (Yoh 1:2), penjelasan Yohanes pasal 1 sudah membuka tabir siapa Yesus itu.

Yohanes 1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran

The Word Became Flesh – St. George UBF
Firman menjelma menjadi manusia

Sebagai Tuhan maka Yesus memiliki kuasa yang supernatural, Dialah sang pencipta alam semesta. Kalau kita gabungkan pernyataan Yoh 1 tadi dengan kejadian pasal 1, maka kita dapat mengerti bahwa yang menciptakan alam semesta ini adalah FIRMAN, dan FIRMAN itu telah menjelma menjadi manusia YESUS. DIAlah sang pencipta alam semesta. Tidaklah heran saat Yesus berkata sepatah kata saja, angin, gelombang dan badai dahsyat menjadi reda, tunduk dan taat kepadaNya. Allah yang memberi makan umatNya di padang gurun dengan mengirimkan burung puyuh, Allah yang sama pula melipatgandakan 2 ekor ikan, untuk memenuhi kebutuhan makan 5000 orang lebih. Allah yang menurunkan roti manna di padang gurun, Allah yang sama pula yang melipatgandakan 5 ketul roti ditanganNya memberi makan lebih dari 5000 orang !

Bukti bahwa Yesus adalah Tuhan terlalu banyak untuk disangkal. Lihat dan bacalah kisahnya di dalam kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, maka saudara akan segera mengetahuinya bahwa Yesus bukanlah nabi sekelas Elia, Musa, ataupun Yesaya, tetapi Yesus adalah Firman yang menjelma menjadi manusia.

Tidak ada nabi yang bisa mengendalikan dan mengusir ribuan setan yang sedang merasuk satu orang, Yesus hanya dengan satu perkataan saja, Legion meninggalkan tubuh orang yang dirasuknya.

Kemampuannya berjalan diatas air, tidak bisa ditiru oleh siapapun juga. Pengetahuannya akan adanya dua coin di mulut ikan, saat Petrus memancing, sangat sukar dipahami dengan akal pikiran manusia. Dengan satu seruan nyaring, Yesus membangkitkan Lazarus, dan beberapa hari kemudian Dia juga bangkit dari kematian, menunjukkan bahwa maut telah dikalahkan !

Yesus adalah Tuhan ! kalau kita mempercayakan hidup kita didalam tanganNya, maka kita sedang berada di jalur yang tepat !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment