Monday, September 7, 2020

MEMBASUH KAKI - 6

Daily Devotion - Alive and Transformed 

Yoh 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Guru adalah sosok yang menjadi teladan bagi murid-muridnya. Seorang Guru memiliki tugas untuk mengajar muridnya sampai dia paham atas yang diajarkan. Guru berbeda dengan orangtua, kadang ada hal yang orangtua tidak bisa lakukan kepada anak, maka Guru bisa mengambil alih peran itu. Peran guru sangat penting dalam kehidupan seseorang. Memang ada orang yang bisa otodidak, tetapi saat orang itu menemukan guru yang tepat, maka dia bisa lebih cepat maju dan berhasil.

Why scrap teaching degrees? There is no crisis in teacher education

Tuhan Yesus adalah seorang guru. Kemana mana Dia mengajar, Dia mengajar murid-muridNya, Dia mengajar orang banyak, Dia mengajar siapa saja. KelasNya adalah dimana saja. Kadang Yesus mengajar di pantai, di gunung, di bukit, di taman, di kota, di ruang terbuka, di ruangan tertutup. Bagi Yesus kelas tidak dibatasi hanya didalam ruangan.

Materi yang diajarkan bukan tentang sains, tetapi tentang Kehidupan dan tentang siapa Allah. Yesus sangat menguasai materi itu, dan sangat paham. Sehingga kita bisa mempercayainya 100%. Dia sangat paham tentang kehidupan setelah kematian, Surga yang kekal, sifat Allah yang sangat mengasihi manusia, nasehatnya bukan asal ngomong tanpa dasar.

Saat DIA berkata, jangan kamu kuatir akan hidupmu, Bapa di Surga memelihara burung di udara, terlebih lagi dirimu. DIA berkata demikian bukan sebagai hiburan atau dorongan. Dia menyampaikan kalimat itu karena memang demikan yang terjadi. Karena Yesus berasal dari Surga dan DIA tahu apa yang terjadi disana.

Yesus adalah Guru yang menjadi teladan bagi kita, saat DIA mengajar DIA juga memberikan teladan untuk kita bisa ikuti. DIA memberikan teladan kepada kita untuk kita bisa mengampuni orang yang bersalah kepada kita. saat diatas kayu salib, DIA mengampuni orang yang menyalibkan, DIA mengampuni Petrus yang meyangkal, DIA mengampuni Yudas yang mengkhianati.

Seorang Guru kata-katanya harus dapat dipercaya, Guru tidak bisa berkata sesuka hati, dan bolak balik, sebentar bilang boleh, sebentar lagi bilang gak boleh. Perkataan Yesus dapat dipercaya seutuhnya. Yesus sangat konsisten dengan apa yang diajarkan. Tidak pernah kita lihat apa yang dikatakannya, diralat karena salah ngomong. Kita sebagai manusia bisa saja salah omong, atau kurang pengetahuan, sehingga kita salah bicara, tetapi Yesus tidak pernah ! karena DIA adalah Allah yang maha tahu !

Seorang Guru memiliki ketegasan terhadap murid-muridnya, Guru tidak bisa bersikap lembek terhadap murid yang tidak disiplin, semua tindakan disiplin, teguran, adalah salah satu bentuk kepedulian sang guru dalam membentuk murid. Yesus sering kali menegor murid-muridNya. Saat menegor DIA juga mengajar, memberitahukan mana yang salah dan mana yang seharusnya dilakukan. Dia menegor murid-murid, saat mereka melarang anak-anak kecil datang kepada DIA. Yesus juga mengajar bahwa anak-anak inilah yang empunya kerajaan Surga. Yesus menegor saat murid-muridnya kurang beriman, saat mereka berada didalam badai, gelombang yang tinggi, perahu nyaris tenggelam, padahal ada Yesus didalam perahu mereka. Hanya dengan sepatah kata, Yesus meneduhkan angin badai, dan kemudian DIA menegor muridnya, kenapa kamu begitu takut dan bimbang?

Yesus mengajar murid-muridNya saat mereka berada didalam perjalanan dan menggunakan materi yang ada disana. Saat mereka datang ke bait Allah, mereka melihat adanya ibu janda yang memberi dua keping saja, Yesus menggunakan moment itu untuk mengajar murid-muridNya tentang memberi kepada Allah.

Yesus adalah guru kita, saat kita menjalani hidup ini, YESUS mengajar kita, apa yang terjadi didalam hidup kita, Yesus mengajar kita. orang bilang pengalaman adalah guru yang terbaik, tetapi didalam Tuhan, kita bisa katakan, bahwa Yesus mengajar melalui pengalaman hidup, Roh Kudus menegor kita saat kita jatuh, kuatir, dll.

Yesus sebagai Guru memilki text book yang wajib kita baca dan pelajari, yakni Alkitab, Firman Allah. itulah materi yang Yesus ajarkan dan sampaikan. Sudahkah anda membacanya setiap hari, selain melalui renungan ini? Bacalah setiap hari agar anda lebih paham terhadap kehidupan.

God bless your day !

No comments:

Post a Comment