Wednesday, September 16, 2020

KERASUKAN SETAN - 4

Daily Devotion - Alive and Transformed

Yoh 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Yesus berkata kepadanya: "Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera."

Renungan pagi ini cukup panjang, karena ini berupa pengajaran, harap membacanya dengan seksama jangan asal lewat sehingga paham. 

TINGKAT III  DIKUASAI SETAN

Hal ini bisa dilihat dari kasus orang kerasukan setan di Gadara

Markus 5:2-5 Baru saja Yesus turun dari perahu datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia, Orang itu diam di sana dan tidak ada satu orangpun yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya sehingga tidak ada satu orangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. Siang malam ia berkeliaran di pekuburannnya dan di bukit-bukit sambil berteriak, memukuli dirinya dengan batu.

Orang yang dikuasai setan dalam tingkat III ini seluruh tubuh, jiwa dan rohnya dikuasai sepenuhnya oleh setan, seperti pada orang gila Gadara ini. Pikirannya sudah tidak waras lagi, karena setan menguasainya. Setan bebas memerintahkannya berbuat apa saja, bebas berbicara melalui mulutnya, tinggal di kubur, berteriak-teriak bahkan juga bebas memerintahkannya berbuat perkara-perkara yang melawan kehendak orang itu sendiri misalnya mengambil batu dan memukuli dirinya sampai begitu ngeri tersiksa. Memang setan suka menyiksa dengan kejam dan kemudian membinasakannnya sampai ke dalam Neraka (Yoh 10:10a). Semua orang yang sudah jatuh ke tangannya, tidak akan dilepaskannya. Setan bukanlah majikan yang baik, dan bukan teman yang baik, jangan pernah bersekutu dengan setan, atau ikut-ikutan hal yang mengundang setan. Horoskop, permainan jailangkung, tarot, meramal dengan kartu, itu adalah pintu masuk setan, jangan buka celah.

Setan suka menyiksa manusia dengan kejam, tidak hanya itu dia juga menyiksa pikiran manusia dengan kesedihan terus menerus, stress berkepanjangan, pikiran gila, merasa diri tidak berharga, mendorong untuk bunuh diri. Tujuan setan adalah secepat mungkin mengambil nyawanya.

Markus 9:22 “Dan seringkali roh itu menyeretnya ke dalam api atau ke dalam air untuk membinasakannya. Sebab itu jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami.”

Ini adalah kasus satu anak yang kerasukan setan, dan setan menyeretnya ke dalam api, atau ke dalam air, agar anak itu mati binasa. Tetapi Yesus datang membebaskan anak itu ! haleluya !!

BAGAIMANA SETAN MASUK SAMPAI TINGKAT III?

Orang itu harus menyerah sepenuhnya kepada setan, baru setan dapat masuk sampai tingkat III. Ini dapat dilakukan dengan sadar (karena ingin mendapat harta, kuasa, dan lain lainnya), tetapi mungkin juga karena tertipu, terjebak (dengan macam-macam perdukunan, janji-janji dengan iblis, hubungan dengan setan-setan tertentu, ilmu-ilmu kekebalan dan sebagainya) atau karena dipaksa.

Kalau setan masuk sampai tingkat III, maka segala kehendak orang itu di serahkan dalam tangan setan sehingga orang itu sendiri tidak lagi mempunyai kehendak sendiri. Seringkali orang-orang dalam tingkat ini nampak sebagai orang gila dalam masyarakat umum. Seperti orang gila di Gadara yang dikucilkan dari masyarakat dan tinggal di pekuburan.

AKIBATNYA

Secara jasmaniah orang itu biasanya nampak gila dengan segala perbuatan-perbuatannya yang aneh, jahat, dan keji sebab diperintahkan oleh setan. Orang-orang seperti ini sangat tesiksa secara jasmnai dan rohani. Secara rohani orang ini sudah dipisahkan sama sekali dari keselamatan. Perlu orang lain untuk melepaskannya yaitu dengan kuasa Allah. Perlu ada pelayanan khusus, untuk mengusir setan yang ada didalam hidupnya.  

Jangan lupa sesudah dilepaskan dari dosa, orang itu betul-betul harus menerima Tuhan Yesus, terpelihara rohaninya dan tumbuh dengan baik. Jangan lagi memberi tempat kepada iblis, supaya setan tidak lagi mendapat tempat di dalamnya, sebab hal ini dapat membuatnya menjadi lebih jahat (Mat 12:43-44).

PINTU MASUK BAGI SETAN

Biasanya di dalam semua orang setan masuk dengan tipu daya, sebab tidak ada seorangpun  mau dimasuki  setan. Tidak  ada orang mau masuk neraka dengan akal sehat, tetapi sebab sudah kena tipu/ bujukan setan, mereka lalu percaya dusta setan. Setan berdusta katanya dosa itu nikmat dan itu sudah umum, wajar, semua orang berbuat demikian. Biasanya dengan tipu daya atau karena kebodohan, setan dapat masuk ke dalam seseorang. Selanjutnya ia dapat membujuk-bujuk terus atau memaksa secara halus sehingga ia dapat masuk lebih dalam. Kadang-kadang kalau sudah dapat mengikat atau menjepit orang itu, setan dengan paksa masuk lebih dalam, dan orang itu dengan terpaksa harus menyerah sepenuhnya kepada setan.

PINTU MASUK

Yang dimaksud dengan pintu masuk ialah perbuatan atau sikap seseorang yang menyebabkan setan dapat masuk ke dalam dirinya, baik secara sadar atau tidak, mengerti atau tidak, rela atau dengan paksa dan tipu daya.

Dosa adalah pintu masuk setan untuk tingkat I. Memilih setan dan mengusir Roh Tuhan adalah pintu masuk setan tingkat II dan penyerahan diri lebih lanjut membuat pintu masuk bagi setan sampai tingkat III.

Tetapi di samping ini masih ada lagi hal-hal lain, baik bentuk-bentuk dosa tertentu (terutama Occultisme dan perzinahan) dan perkara-perkara yang nampaknya netral tetapi dapat menjadi pintu masuk bagi setan.

Pintu-pintu masuk yang lain bagi setan ialah:

1. PINTU MASUK LANGSUNG Yaitu kalau seorang berhubungan langsung dengan setan atau dengan kuasa gelap misalnya: menyembah berhala, mencari dukun, guna-guna, opo-opo, jimat-jimat, macam-macam peramalan dengan tapak tangan, horoscope, bintang-bintang, bola kristal, burung gelatik, kartu, jaelangkung, guamia dan sebagainya, macam-macam ilmu gelap, hypnotisme, magnetisme, sihir, Spiritism, ESP, TM, kebatinan, ilmu hitam, ilmu putih, Hongsui dan sebagainya. Macam-macam kuasa dan syarat-syarat untuk kesembuhan, untuk mencari jodoh, rezeki, membalas dendam, hujan, mengusir setan dan lain-lain. Semua itu menjadi pintu masuk langsung bagi setan, hindari hal tersebut.

2. PINTU MASUK TIDAK LANGSUNG (perangkap terselubung)

Ada beberapa hal yang nampaknya netral, tetapi ternyata menjadi pintu masuk bagi setan sehingga menimbulkan banyak kerugian dan celaka. Banyak orang tidak mengerti sehingga tertipu dan dikuasai setan. Setan tidak perduli dengan cara apa saja (dengan sadar atau tidak, mengerti atau tertipu dan sebagainya) asalkan ia dapat masuk, setan menghalalkan segala cara. Contohnya : meditasi yang mengajarkan mengosongkan pikiran, itu dapat menjadi pintu masuk secara tidak langsung. Ubahlah meditasi demikian dengan menambahkan alunan instrumentalia lagu rohani, jangan biarkan pikiran kosong, pusatkan kepada Yesus.

3. DOSA-DOSA TERTENTU SEBAGAI PINTU MASUK

Semua dosa adalah pintu masuk tingkat I, tetapi dosa- dosa tertentu ini dapat membuka pintu masuk sampai tingkat II atau III. Ini terutama tentang dosa-dosa sex, sebab dosa ini lain daripada semua dosa yang lain (1Kor 6:18) merupakan dosa langsung pada tubuh yang merupakan bait Allah. Biasanya orang yang hidup dalam perzinahan akan bertambah-tambah kelakuannya, serta melakukan dosa-dosa sex yang aneh dan gila-gila. Ini dikarenakan orang tersebut penuh dengan roh Nazis. Dosa perzinahan berbeda dengan dosa-dosa yang lain, seperti mencuri, atau berdusta. Karena  orang  yang berzinah itu menjadi satu dengan orang-orang yang najis ini (1Kor 6:16), sebab itu roh-roh najis ini juga langsung masuk lewat perzinahan ini pada orang-orang tersebut!

4. PINTU MASUK LAINNYA

Ajaran sesat yang diterima, tempat-tempat keramat yang didatangi meski Cuma lihat-lihat saja, acara-acara TV dengan program-program setan, tontonan film horror, musik rock,  dan sebagainya juga merupakan pintu masuk  bagi setan.

MENGALAHKAN SETAN

Orang-orang beriman sama sekali tidak perlu takut kepada setan. Seharusnya setan-setan yang takut kepada kita, sebab Tuhan didalam kita itu terlalu besar dan terlalu kuat bagi setan.

1Yohanes 4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Tetapi biasanya setan si penipu itu membalikkan keadaan ini dengan mulut besarnya, seolah-olah dia sangat kuat dan menang atas kita. Jangan percaya akan dusta dan mulut besar setan, bagaimanapun hebat dan dahsyat nampaknya, usirlah dia keluar di dalam nama Tuhan Yesus dengan yakin, jangan ragu-ragu.

Yakub 4:7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

TUHAN MEMBERI KUASA UNTUK MENGALAHKAN DAN MENGUSIR SETAN



1. KUASA MENGUSIR SETAN.

Ini diberikan untuk setiap orang percaya yang biasa!

Markus 16:17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka.

Semua orang percaya harus mengenali kuasa yang sudah diberikan Tuhan ini dan memakainya dengan tidak ragu- ragu, pasti akan nyata sebab Firman Tuhan itu 100% benar.

Setan takut dengan nama Tuhan, sebab nama ini amat berkuasa, semua tunduk dan takluk kepada Tuhan Yesus.

Pilipi 2:9-10 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan menga-runiakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi.

Nama ini yang diberikan kepada manusia yang mau percaya kepada Tuhan Yesus (Kisah 4:12). Pakailah dengan yakin seperti Paulus.

Kisah Para Rasul 16:18b (Paulus) berkata: “Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini.”  Seketika itu juga keluarlah roh itu.

2. MANUSIA ALLAH.

Orang-orang beriman itu bukan orang biasa, tetapi manusia Allah, sebab Allah ada di dalamnya.

Matius 1:23 “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” yang berarti: Allah menyertai kita.

Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah  dipihak kita, siapakah yang akan melawan kita? 

Jadi orang-orang beriman itu kuat sebab ada Allah di dalamnya. Allah itu musuh yang sangat besar bagi setan, tidak seimbang dengan setan yang relatip tidak berdaya dihadapan  Allah penciptanya. Memang di bandingkan dengan manusia lama setan itu lebih kuat, tetapi dengan Allah setan itu bukan tandingannnya. Tuhan kita adalah “orang yang lebih kuat itu” dan pasti menang mutlak dalam menaklukkan setan (Luk 11:21-23).

3. Setan adalah MUSUH YANG SUDAH KALAH

Setan bukannya musuh yang akan dikalahkan, tetapi sudah dikalahkan Tuhan Yesus secara mutlak.

Kolose 2:14 Serta dihapuskanNya surat hutang dengan segala syaratnya yang menindih dan melawan kita, dan diambilNya dia daripada kita, lalu dipakukannya kepada salib. (lihat juga Wah 1:8!)

4. DARAH YESUS.

Kita juga harus mengerti kuasa darah Yesus, dalam mengalahkan roh-roh setan tersebut.

Wahyu 12:11 Sekalian itu sudah mengalahkan dia oleh sebab darah Anak domba itu, dan oleh sebab perkataan kesaksian mereka itu; dan mereka itu  tiada menyayangi nyawanya, walaupun sampai mati.

Darah Yesus ini terutama berfaedah untuk orang-orang yang baru membereskan dosa-dosanya atau baru dilepaskan dari ikatan setan. Pada waktu seorang  minta ampun dan bertobat sungguh-sungguh kepada Tuhan Yesus, maka darah Yesus menutup dosa-dosanya sehingga setan tidak tahan, sebab ada tanda darah di dalam hatinya.

Kadang-kadang setan menipu orang  itu dengan berkata bahwa ia akan tetap tinggal di dalamnya. Kalau orang itu takut dan ragu-ragu, ia percaya kata-kata setan, ia membuka hatinya kembali dan setan masuk. Tetapi kalau ia mengerti bahwa itu tidak mungkin, itu tipu setan, lalu dengan tegas ia mengusir setan itu dengan darah Yesus (sebab ia sudah diampuni) maka setan pasti akan lari dan ia bebas. Jangan lupa terhadap tuduhan setan (Wah 12:10), pakailah darah Yesus untuk mengusir setan, setan tidak akan tahan dengan darah Yesus! Tetapi harus ada pertobatan yang sungguh- sungguh, jangan seperti anak-anak Sakewa yang tidak bertobat!)

Jadi Tuhan memperlengkapi orang-orang beriman dengan kuasa yang besar, tetapi kita tidak boleh lengah, sebab setan itu lihay menipu dan mengelabui orang-orang beriman yang bodoh.

Sebab itu kita perlu MEMPERHATIKAN HAL-HAL SEBAGAI BERIKUT:

1. HIDUP MENURUT FIRMAN TUHAN

Setiap dosa itu memberi tempat bagi iblis, sehingga orang-orang beriman menjadi lemah imannya dan ragu-ragu melawan setan. Orang yang ragu-ragu akan setan itu sudah kalah dan akan dikalahkan. Percayalah akan firman Tuhan dan jangan ragu-ragu melawan setan. Kalau toh kita berdosa, lekas bereskan dan kembali kepada Tuhan. Jangan separuh hati, segera kembali pada Tuhan dan ambil posisi semula, kalau tidak, kita akan dikalahkan  oleh iblis. Buang dan bereskan dosa. Percayalah, dengan Kristus kita dapat hidup suci.

II.   PAKAI  KUASA ALLAH DENGAN IMAN

Tuhan sudah memberi kuasaNya kepada kita dengan jelas. Jangan ragu-ragu memakainya, pergunakan dengan iman! Seringkali setan menakut-nakuti dengan cara-cara yang amat dahsyat, tetapi jangan ragu-ragu, percayalah bahwa Allah yang di dalam kita itu pemenang, lebih berkuasa dari iblis. Pakailah nama Yesus dan darah Nya  kalau perlu.

Setan memang bermulut besar dan penipu. Kenali siasat dan tipu dayanya. Jangan lupa tetap hidup dalam kesucian, kalau toh ada dosa, lekas bereskan dan tutup dengan darah Yesus. Percayalah akan nama Tuhan. Pakailah pujian penyembahan kepada Tuhan untuk memelihara hadirat Allah didalam kehidupan sehari-hari, dan itu sudah cukup untuk mengusir setan seperti yang dibuat oleh Daud (1 Sam 14:43). Memuji-muji Tuhan dengan iman itu juga mengingatkan setan bahwa Tuhan Yesus adalah pemenang dan setan sudah dikalahkan, sebab itu setan tidak tahan dengan kata-kata iman ini, lebih-lebih kalau hadirat Tuhan nyata, tidak ada pilihan lain baginya daripada lari secepat-cepatnya.*

Have a blessed day !

*(dikutip dari artikel majalah Tulang Elisa-Surabaya)

No comments:

Post a Comment