Thursday, September 17, 2020

PERINTAH BARU

 Daily Devotion - Alive and Transformed

Yoh 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. 13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Tuhan Yesus memberikan perintah baru kepada murid-muridNya, untuk saling mengasihi. Lohh…itu kan bukan hal yang baru? Bukankah Tuhan pernah memberikan dua hukum utama, Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri?

Perhatikan yang Yesus perintahkan, untuk mereka saling mengasihi SAMA SEPERTI YESUS mengasihi mereka. Sebelumnya Yesus katakan untuk kita mengasihi orang lain seperti kita mengasihi diri sendiri.

Kalau kita tidak mau ditipu, jangan menipu orang, kalau kita tidak mau dibohongi, jangan membohongi orang. Kalau kita tidak mau dirugikan, jangan merugikan orang lain. Kalau kita ingin pegawai kita rajin, maka selagi kita menjadi pegawai kita juga harus rajin. Kalau kita ingin orang berbuat baik kepada kita, ya mulailah berbuat baik juga. Pendek kata, apa yang orang ingin perbuat kepada kita, lakukanlah hal itu. Itu makna dari mengasihi sesama sama seperti kita mengasihi diri sendiri. 

Tetapi perintah baru yang Yesus ingin murid-muridNya lakukan adalah, mengasihi sama seperti Yesus mengasihi…waaah…apa bedanya…? Jelas beda, karena kita diminta mengasihi sesama kita seperti Yesus mengasihi kita.

Bagaimana Yesus mengasihi murid-muridNya? Apa yang Yesus perbuat kepada murid-muridNya? Dia bersedia mencuci kaki murid-muridNya, Yesus mengasihi sampai Dia rela mati untuk kita.

Jadi kita renungkan hari ini, mengasihi saudara kita sama seperti YESUS mengasihi kita ! suami mengasihi istrinya sama seperti Yesus mengasihinya, begitu juga istri mengasihi suami sama seperti Yesus mengasihinya. kita mengasihi saudara seiman, rekan sepelayanan, sesama oikos, sama seperti Yesus mengasihi kita. 



Have a blessed day !

1 comment: