Friday, September 25, 2020

MINTA APA SAJA

 Daily Devotion – Alive and Transformed

Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

14:13     dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Ada satu kalimat yang luarbiasa yang Yesus katakan, bahwa barangsiapa percaya kepada Yesus, ia akan melakukan pekerjaan yang Yesus lakukan bahkan lebih besar dari yang Yesus lakukan saat DIA berada di bumi. waaah…ini luarbiasa, tetapi ayat ini tidak berarti bahwa kita akan lebih besar dari YESUS, lebih hebat dari YESUS, sama sekali bukan.

Ayat 12 berkaitan dengan ayat 13, artinya, kalau kita percaya kepada Yesus, dan meminta sesuatu didalam nama YESUS, maka YESUS akan mengabulkannya. Jadi maksud dari pekerjaan yang lebih besar dari Yesus itu tetap YESUS yang mengerjakannya, bukan kuasa kita.

Sewaktu YESUS di mukabumi, DIA memberikan contoh teladan, sebagai anak ALLAH yang datang senantiasa kepada BAPA, dan BAPA mengabulkannya. Kita semua adalah anak-anak BAPA di SURGA dengan kata lain, adik-adik dari TUHAN YESUS, kita mempunyai hak istimewa yang sama seperti YESUS, untuk dapat mengerjakan perkara yang besar, mujizat, menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, dsb.

Pekerjaan apa yang lebih besar dari yang YESUS lakukan? Pelayanan yang Yesus lakukan berjalan dengan singkat, hanya 3 tahun plus, dan pada waktu itu kehidupan masyarakat belum maju. Kita sekarang berada di abad 21, sudah sangat maju, dengan kemajuan teknologi yang kita miliki saat ini, kita dapat mengerjakan perkara yang Yesus tidak bisa kerjakan di masa lalu, contohnya Kotbah melalui internet yang dapat ditonton orang banyak dari berbagai dunia.

Di ayat 13 Yesus berkata APA JUGA yang kamu minta didalam namaKU, AKU akan melakukannya. wooow…APAPUN JUGA…? Bisa minta apa saja nih..bisa minta emas berkilo-kilo, bisa minta jodoh yang ganteng, kaya, baik hati, takut akan Tuhan, bisa minta rumah yang besar yang ada kolam ikannya, taman yang luas, wah..bisa minta apa aja nih…!! Eitt…gak begitu ya penafsiran ayat ini, jangan asal comot ayat 13 aja ya plissss….karena ayat itu muncul akibat adanya ayat 12.

Nah, terjemahan the Message lebih jelas mengenai ayat tsb

From now on, whatever you request along the lines of who I am and what I am doing, I'll do it. That's how the Father will be seen for who he is in the Son. I mean it.

Yang Yesus katakan, bahwa DIA akan mengabulkan permintaaan kita apapun juga. Bukan segala macam permintaan untuk memuaskan keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup manusia. Tetapi permintaan yang berkaitan dengan siapa DIA, dan APA yang DIA kerjakan, bukan segala permintaan sesuai maunya kita.

Jadi pliss..stop deh..minta mobil sport yang trendy, jam tangan mewah, rumah besar, liburan keluar negri setahun 3x, dll, kalau ada uang silahkan saja, beli dan nikmati. Tapi kalau tidak ada, jangan merengek-rengek, gak akan dikabulkan, karena itu gak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Yesus lakukan dan berkaitan dengan karakter YESUS.

Di bagian terakhir ayat 13, dikatakan, tujuan YESUS mengabulkan permohonan kita adalah agar BAPA dipermuliakan, agar nama ALLAH dipermuliakan, bukan untuk menunjukkan siapa kita. semua semata-mata untuk kemuliaan nama ALLAH.

Kalau itu untuk kemuliaan nama BAPA, silahkan minta apa saja, TUHAN YESUS akan mengabulkannya. Saudara ingin sembuh dari sakit penyakit, ingin sehat? Mintalah, karena dengan saudara sehat, nama BAPA dapat dimuliakan, YESUS akan mengabulkan permohonan saudara. Saudara ingin bekerja? Mintalah, pasti akan dikabulkan. Saudara ingin memiliki keuangan yang lebih dari cukup? Mintalah, agar saudara dapat lebih banyak berpartisipasi dalam hal memberi untuk pekerjaan Tuhan, pasti TUHAN akan berkati.

Intinya, kalimat : APA SAJA yang kamu minta > segala sesuatu yang tidak berkaitan dengan keinginan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup, tetapi sesuai dengan jalur dan sifatnya TUHAN, pasti itu akan dikabulkan, mintalah !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment