Wednesday, September 30, 2020

ROH KUDUS SANG MAHA GURU

 Daily Devotion Alive & Transformed

Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang berbahagia karena senantiasa berada dalam pemeliharaan Tuhan.  Tidak ada yang perlu kita takutkan karena ada satu Pribadi yang diutus Tuhan untuk menyertai hidup kita.  Pribadi itu adalah Roh Kudus.

Roh Kudus memiliki peranan yang sangat penting bagi setiap orang percaya.  Dikatakan bahwa Roh Kudus  "...yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu."  Jadi Roh Kudus yang menuntun, mengajar dan mengingatkan kita untuk selalu melakukan segala sesuatu seturut dengan kehendak Tuhan, karena Dia juga adalah Roh Kebenaran.  Jadi jika kita sedang melakukan satu kesalahan atau sedang melakukan hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan, maka Roh Kudus mengingatkan kita, seperti alarm, membuat hati kita tidak nyaman, atau ada suara hati yang melarang untuk kita melangkah lebih lanjut. Sehingga kita terhindar dari bahaya, atau jatuh dalam dosa.

Roh Kudus akan mengajarkan segala sesuatu, saat membaca Firman Tuhan, mungkin ada bagian yang kita tidak mengerti, Roh Kudus akan berperan untuk menjadi GURU mengajarkan kita. karena itu kalau tidak paham akan bacaan Firman Tuhan, berkatalah kepada Roh Kudus, mintalah pewahyuan dari Roh Kudus, sehingga saudara paham akan ayat-ayat firman TUhan. Roh Kudus akan menyatakan rahasia firman Tuhan,  tidak hanya firman Tuhan saja, tetapi SEGALA SESUATU.  Mengenai kehidupan yang saudara jalani, pekerjaan, jodoh, kehidupan keluarga, mendidik anak, membesarkan anak-anak, dan banyak lagi lainnya. ROH KUDUS yang akan mengajarkan semua itu.

Beberapa tahun yang lalu disaat belum ada internet, ada kesaksian, seorang ibu memiliki bayi, suatu malam bayi tsb menangis tidak berhenti-henti, segala daya sudah diupayakan, ibunya berpikir mungkin sakit perut, maka dia gosokan minyak kayuputih, bawang merah serut, dibagian perutnya, tapi tidak berhasil juga. Digendong juga sudah, tetapi masih menangis keras. Sang ibu putus asa, karena sudah malam dan dia juga sudah lelah, ibu ini berkata lirih: Roh Kudus tolong aku…

Tiba-tiba, dia mendapatkan satu inspirasi, untuk menepuk pundak leher bayi bagian belakang, dengan perlahan sang ibu menepuk bagian itu, sambil berkata :dalam nama Yesus, dia hanya dua kali, mendadak, sang bayi berhenti menangis.

Siapa yang mengajarkan ibu tsb? Roh Kudus!

Jangan abaikan peran Roh Kudus didalam hidup saudara, DIA diutus untuk diam dalam hidup saudara, dan DIA hidup, bergerak, ajaklah dalam setiap aktivitasmu, rencanamu, bercakap-cakaplah dengan Roh Kudus, karena DIA adalah ROH ALLAH sendiri.

Jadi didalam hidup kita, tidak hanya Yesus yang berdiam, ROH KUDUS juga berdiam didalam hidup kita, bahkan BAPA juga diam didalam hidup kita (Yoh 14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.). luarbiasa !! oleh karena itu jika Allah dipihak kita, siapa yang menjadi lawan kita?! adakah yang kita takuti? Adakah yang mengelisahkan hatimu?

Roh Kudus berperan besar didalam hidup saudara, Cobalah berhenti membaca sejenak, berkatalah kepada Roh Kudus, apa yang menjadi kerinduan saudara saat ini, atau permohonan, atau mengenai kehidupan kerohanian saudara, pasti saudara akan merasakan sesuatu didalam hati saudara. (saat mengetik ini saya berhenti sejenak juga dan berkata kepada ROH KUDUS, dan saya rasakan adanya sesuatu gerakan didalam hati saya, itulah peran Roh Kudus).

Roh Kuduslah yang memberi kita kekuatan dan kemenangan untuk menghadapi tantangan dan pergumulan yang kita alami, karena  "...Roh membantu kita dalam kelemahan kita;  sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa;  tetapi Roh sendiri berdoa untuk kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."  (Roma 8:26).

Saudara lagi banyak beban, masalah, pergumulan? Nah itu bagian dari Roh Kudus untuk membantu saudara mencapai kemenangan, jangan biarkan Roh Kudus nganggur, karena Roh Kudus diutus untuk menyertai saudara selama hidup didunia ini agar mampu bertahan, kuat berjalan sampai saudara dipanggil Tuhan.

Roh Kudus seperti tiang awan dan tiang api di zaman Musa, yang menyertai umat Tuhan sampai mereka masuk tanah Pernjanjian. Setiap saat Roh Kudus menyertai mereka, baik pagi, petang, siang, malam, 24 jam menyertai. Roh Kudus menudungi mereka dari panas terik matahari yang menyengat, dengan membentuk tiang awan, memberikan kesejukan, perlindungan. Roh Kudus memberikan mereka kehangatan dimalam yang dingin, Roh Kudus memberikan cahaya penerangan diwaktu malam gelap, Roh Kudus memberikan petunjuk untuk mereka mengambil langkah kedepan.

Mulailah berbicara dengan Roh Kudus !

Have a blessed day !

 

No comments:

Post a Comment