Monday, September 21, 2020

SURGA, RUMAH KEDIAMAN KITA

 Daily Devotion – Alive and Transformed

Yoh 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Woow…ini satu statement yang sangat jelas. Perhatikan kalimat demi kalimat. Tuhan Yesus sebagai pemilik Surga menyatakan bahwa di rumahNya, di Surga, itu banyak tempat tinggal. Jadi dengan kata lain Surga itu mahaluas, sanggup menampung manusia sebanyak apapun juga.

Lihatlah ciptaan Allah dalam menciptakan galaxy ini, bumi, planet-planet lainnya yang lebih besar beberapa kali dari bumi, tentulah Surga gak kekurangan lahan untuk menampung manusia yang percaya kepada Yesus.

Ada aliran yang mengatakan bahwa yang masuk Surga itu hanyalah orang terpilih sebanyak 144.000 orang saja. Mereka menafsirkan apa yang tertulis dalam Wahyu 7:4 Dan aku mendengar jumlah mereka yang dimeteraikan itu: seratus empat puluh empat ribu yang telah dimeteraikan dari semua suku keturunan Israel.

Kalau hanyalah 144.000 orang saja, Tuhan Yesus mengatakan dikalimat berikutnya, Dia akan mengatakan kepada murid-muridNya, bahwa tempat yang tersedia limited edition, gak bisa menampung banyak orang. Tetapi yang Yesus katakan bahwa di dalam rumah BAPA banyak tempat tinggal !

Yesus mengatakan bahwa DIA pergi untuk menyediakan tempat bagi murid-muridNya, bagi kita sekalian. Jadi Yesus sedang menyediakan tempat tinggal, bukan kost-kost an yang disewa bulanan atau rumah kontrakan. Tetapi TEMPAT TINGGAL. Artinya, kita akan tinggal disana selamanya.


Yesuslah pemilik Surga, jika kita datang kepada yang lain, mereka tidak akan bisa membawa saudara ke Surga, karena mereka bukan pemiliknya. Mereka mungkin hanya berjanji saja, tidak ada jaminan untuk bisa datang kesana. Tetapi Yesus yang adalah pemilik Surga, DIA bisa memberikan jaminan, kata-kataNya sangat bisa dipercaya, sehingga kita tidak perlu ragu-ragu, kuatir, cemas, dan bertanya-tanya.

Implikasi kebenaran yang diajarkan oleh bagian ini adalah orang-orang percaya tidak masuk ke rumah Bapa oleh kebenaran mereka sendiri melainkan oleh karena mewarisi apa yang diwariskan kepada Anak Allah, mereka mendapat bagian dalam rumah Bapa oleh karena mereka ada di dalam Kristus. Murid-murid mendapatkan akses untuk memperoleh semua yang dijanjikan itu di dalam Pribadi Kristus. Kristus mempersiapkan tempat bagi orang tebusan. Tanpa kematian Kristus tidak akan pernah ada tempat bagi manusia berdosa dan tanpa kenaikan ke Surga tidak akan ada Roh Kudus yang datang untuk mempersiapkan orang percaya masuk ke dalam rumah Bapa. Karena hanya oleh pekerjaan Roh Kudus saja, manusia dapat dilahirkan kembali dan percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah (1 Kor 12:3).

Bagi orang yang percaya Yesus sebagai Tuhan Juruselamat, sorga itu bukanlah sekedar angan-angan tapi sebuah kenyataan, karena di mana Tuhan Yesus tinggal di situ pula kita akan tinggal.  Jadi keberadaan kita di bumi ini hanyalah sementara.  "...jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia."  (2 Korintus 5:1).

Have a blessed day !

 

 

1 comment: