Tuesday, October 13, 2020

ANDA BERBEDA

 Daily Devotion Alive and Transformed  

Yoh 15:18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

15:19     Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Yesus dengan tegas mengatakan kepada murid-muridNya bahwa dunia akan membenci mereka. Hal ini sebagai peringatan yang harus diwaspadai agar kita selalu berjaga dan tidak perlu heran atau bertanya-tanya.

Apa yang dimaksud dengan dunia?....Apa sebenarnya dunia itu sendiri? Sebuah tempat dimana kita hidup dan beraktifitas. Tempat yang kita tinggali ini dimanapun saudara berada entah dikota besar, kota kecil maupun di pelosok, itu semua sudah terkena imbas dosa. Sehingga didalam dunia ini penuh dengan keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup (I Yoh. 2:16). Sudut pandang dunia, yang dipengaruhi oleh ketiga hal tersebut, jelas  berbeda dengan sudut pandang Allah. itu sebabnya kita berbeda dengan orang dunia, karena kita memegang nilai-nilai ilahi dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari kita, kita memegang prinsip ilahi.

Berbicara mengenai perbedaan atau kebiasaan, contohnya, kita ini orang Indonesia, pola pikir orang Indonesia bisa saja berbeda dengan budaya lain atau kebangsaan lain. Suatu saat kami kedatangan tamu orang Kanada dan tinggal dirumah saya beberapa hari (Bekasi). Kebiasaan kita orang Indonesia adalah saat kita memasuki rumah, maka kita melepas alas kaki, entah itu sepatu atau sandal. Tetapi teman saya ini, tidak. Waktu dia memasuki rumah saya, kamar tidurnya, dia tidak melepas sepatu yang dipakainya dari luar. Saya kaget, mau negor gak enak, gak ditegor kok rasanya risih ya..melihat sepatu yang barusaja dipakai keluar, lantas masuk ke kamar tidur, kan kotor. Itu pikiran saya, karena saya dibesarkan dalam lingkungan seperti itu. Tetapi bagi kebiasaan orang western, its okay untuk tidak melepas alas kaki saat memasuki rumah. Sampai sekarang didalam pola pikir Indonesia, saya masih gak ngerti kebiasan orang bule tidak melepas alas kaki saat masuk rumah, Dua kebiasaan yang berbeda!

Nah kita tinggal didunia tetapi kita juga adalah warganegara kerajaan Surga, nilai yang kita pegang adalah nilai-nilai kerajaan. Gaya hidup, tingkah laku, keputusan yang kita ambil, harus diselaraskan dengan nilai-nilai kerajaan Surga.

Mengapa dunia membenci saudara?

1. Karena kita bukan berasal dari dunia

Setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan juruselamatnya, mereka lahir dari Allah... bukan dari dunia!. (I Yoh. 5:1). Paulus berkata, Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, .....(Efesus 2:10). Maka, sekiranya kita berasal dari dunia, tentulah dunia akan mengasihi saudara.

2. Karena kita telah dipilih Allah dari dunia

Dosa Adam dan Hawa mewarisi seluruh manusia yang ada didalam dunia!. FirmanNya, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah... sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, ... (Roma 3:25; Roma 5:12). Dan oleh kasih karunia kita telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Yesus Kristus (Roma 3:24). Hal ituah yang membuat dunia membenci  kita!. Karena saudara dan saya telah dipilih untuk menjadi anak-anakNya.(Yoh. 1:12).

Dunia tidak menyukai pengikut Kristus karena nilai yang dipegang berbeda. Orang yang berjalan didalam kegelapan tidak menyukai anak-anak terang, karena dengan adanya anak-anak terang, maka segala sesuatu yang berada didalam kegelapan akan terekspos dengan nyata.

Jika saudara tidak disukai ditempat kerja, sekolah atau dimana saudara tinggal, atau dikucilkan,  janganlah heran. Karena mereka tidak menyukai anak-anak terang. Teman-teman saudara merokok, saudara tidak, jelas ini membuat mereka merasa risih saat saudara ada disekitar mereka. Teman-teman saudara terbiasa dengan dirty joke, omongan kasar, saat saudara ada disana, mereka akan merasa risih karena saudara berbeda dengan mereka.

Tetapi itu semua, its okay, kita memang berbeda, karena kita sudah ditebus oleh darah Yesus, hidup kita bukan sekedar menghabiskan waktu di dunia ini, kita masih memiliki satu fase dalam hidup kita yakni, hidup kekal bersama Allah setelah kita meninggalkan dunia. Itu sebabnya kita tidak hidup seturut dunia, kita tidak berkelakuan seperti orang dunia, kita tidak berpikir seperti orang dunia yang mengesampingkan hukum-hukum Tuhan. kita berbeda !!

Karena itu, saat saudara bergaul, ingatlah saudara adalah anak-anak Allah, anak-anak TERANG. Saudara berbeda dengan orang dunia !

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment