Wednesday, October 21, 2020

BELUM DAPAT MENANGGUNGNYA

Daily Devotion Alive and Transformed 

Yoh 16:22 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

Tuhan Yesus memiliki banyak hal yang ingin disampaikan kepada murid-muridNya, tetapi mereka belum  dapat menerimanya, atau belum saatnya. Sehingga meskipun dikatakan, percuma saja.

Sewaktu anak saya masih kecil usia dibawah 10 tahun, saya cerita betapa pentingnya akte kelahiran, Kartu keluarga, paspor, dan dokumen penting lainnya. Anak saya gak mengerti dimana pentingnya, gunanya apa. Betapapun saya menjelaskannya, pikirannya belum menangkap apa yang saya maksud.

Ada banyak hal yang ingin Tuhan sampaikan kepada kita, Tuhan ingin berikan kepada kita, tetapi kita belum mampu mengolahnya, belum mampu memahaminya.

Sejalan dengan pertumbuhan iman dan pengenalan kita akan Tuhan, maka Tuhanpun akan mempercayai hal yang lebih besar lagi, penting untuk kita setia akan perkara yang kecil, karena dari situ Tuhan akan percayakan hal yang lebih besar lagi.

Matius 20:20  Maka datanglah ibu anak-anak Zebedeus serta anak-anaknya itu kepada Yesus, lalu sujud di hadapan-Nya untuk meminta sesuatu kepada-Nya. 20:21 Kata Yesus: "Apa yang kaukehendaki?" Jawabnya: "Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu, yang seorang di sebelah kanan-Mu dan yang seorang lagi di sebelah kiri-Mu." 20:22  Tetapi Yesus menjawab, kata-Nya: "Kamu tidak tahu, apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan, yang harus Kuminum?" Kata mereka kepada-Nya: "Kami dapat."

Ibu dari Yakobus dan Yohanes datang kepada Yesus, menyampaikan permintaan untuk anak-anakNya mendapatkan kedudukan yang terhormat kelak. Yesus mengatakan KAMU TIDAK TAHU APA YANG KAMU MINTA, DAPATKAH KAMU MEMINUM CAWAN YANG HARUS KUMINUM?.

Dengan kata lain, mereka asal minta saja, tetapi tidak mengetahui konsekuensi dari permintaan itu. Tuhan mempertimbangkan hal itu, sehingga tidak semua permintaan kita dikabulkan. Kalau itu membahayakan Tuhan tidak ingin memberikannya, karena itu jangan kita merengek-rengek, lantas ngambek dengan Tuhan.

Ada orang hidupnya selalu berkekurangan, lalu berkeluh kesah kepada Tuhan. Tuhan menjawab doanya, dikabulkannya permintaannya. Pekerjaannya membuahkan hasil, sehingga dia memiliki modal untuk berdagang. Usaha bisnis nya lancar, sehingga dia semakin makmur dan kaya raya. Saat dia memiliki semuanya itu, hatinya perlahan jauh dari Tuhan, bahkan sudah tidak memiliki waktu lagi untuk bersekutu dengan Tuhan, membaca alkitab, ke gereja. Kejayaan yang dia miliki membawa hidupnya semakin jauh dari Tuhan.

Itu sangat berbahaya sekali, itu sebabnya saat kita berdoa, meminta segala sesuatu, kita perlu belajar mengenal kehendak Tuhan dan menyerahkan sepenuhnya kedalam kehendakNya. Karena Tuhan tahu akan hari esok kita.

have a blessed day !

No comments:

Post a Comment