Thursday, October 22, 2020

ROH KUDUS penuntun dalam hidup kita

Daily Devotion Alive and Transformed 

Yoh 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Dari ayat ini kita bisa melihat ada dua hal yang akan Roh Kudus lakukan untuk kita.

1. Memimpin kita kedalam SELURUH kebenaran

Roh Kudus menjadi guide, penuntun, guru, penolong agar kita dapat berjalan dalam kebenaran. Sepanjang sejarah Israel di padang gurun, Tiang Awan dan Tiang Api yang menjadi symbol tuntunan Allah atas bangsa Israel, itu adalah sama seperti Roh Kudus yang dikirim untuk menuntun kita, umat Allah.

Roh Kudus akan mencelikkan mata rohani kita, sehingga kita akan lebih mengerti kehendak  Allah, dan memampukan kita untuk melakukan kehendak Allah.

Roh Kudus akan memberikan pengertian akan kebenaran Firman Allah, sehingga kita menjadi semakin percaya akan YESUS.

2. Memberitahukan hal-hal yang akan datang

Banyak orang penasaran akan masa yang akan datang. Sehingga mereka mencari tahu datang ke peramal, ahli nujum, dukun, dll. Setiap awal tahun atau akhir tahun, para ahli ramal bermunculan, mereka meramalkan apa yang akan terjadi dengan tahun yang akan datang. Tetapi semua ramalan itu hanya bersifat semu, tidak jelas, tabirnya belum terbuka, sehingga orang hanya mengira-ngira saja. Tidak ada ramalan yang jitu, setelah ada kejadian, barulah orang menghubungkannya.

Roh Kudus datang untuk memberitahukan hal yang akan datang. Kita tidak perlu tergoda untuk mencari tahu akan ramalan tentang hidup ini, atau kondisi dunia. Kita memiliki Roh Kudus yang luarbiasa. Jauh lebih besar dari kuasa manapun juga.

Bagaimana caranya Roh Kudus memberitahukan hal yang akan datang? Jadilah Sahabat Tuhan ! Terhadap orang yang tidak begitu kenal, tentunya kita tidak akan menceritakan isi hati kita, rencana kita. Roh Kudus tidak akan memberitahukan hal yang akan datang, kalau kita tidak menjadi sahabatNya.

Yoh 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Abraham adalah sahabat Allah, saat Tuhan ingin menghukum kota Sodom gomorah, Tuhan menceritakan kepada Abraham, tentang apa yang akan diperbuatnya.

Saudara lagi bertanya-tanya tentang masadepanmu? Karirmu? Rencana kedepan? Jadilah sahabat Tuhan, bangunlah keintiman lebih dalam lagi. Maka saudara akan memahami akan hari esok.

Have a blessed day, friend of God !

No comments:

Post a Comment