Monday, October 26, 2020

Mintalah maka kamu akan menerima

 Daily Devotion ALIVE and TRANSFORMED

Yohanes 16:24  Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Membaca ayat ini sekilas, akan terkesan bahwa Tuhan Yesus hendak menyenangkan hati kita dengan permintaan yang pasti akan dikabulkan.  Bahkan berkesan, Yesus mendesak murid-muridNya untuk meminta.

Tetapi kalau salah memahami teks ini maka seseorang mulai akan menyusun daftar permintaan dan mengajukannya kepada Tuhan.Seakan-akan seseorang berhak memiliki keinginan sendiri tanpa memikirkan apakah Tuhan juga menginginkannya.

Jika orang percaya merasa bahwa keinginannya berhak dituruti tanpa perlu peka apakah permintaan tersebut Tuhan juga menginginkannya berarti ia sudah tidak lagi menempatkan diri sebagai pelayan bagi Tuhan Yesus. tetapi sebaliknya menempatkan Tuhan sebagai pelayan dan ia adalah sebagai Tuan yang berhak didengar dan dituruti.

Ayat Yohanes 16:24 tidak berdiri sendiri, tetapi terkait dengan ayat sebelum dan sesudahnya. Tuhan Yesus mengatakan ini berkenaan dengan PenyalibanNya. Bahwa tidak lama lagi Dia akan disalibkan dan mereka akan berpisah. Selama murid-murid berjalan dengan Yesus, segala sesuatu mereka tidak perlu memintanya. Karena Yesus menyediakan segala keperluan mereka.

Sama seperti anak yang tinggal dengan orangtuanya, maka segala keperluan anak disediakan oleh orangtuanya, anak gak perlu minta uang sekolah, karena orangtuanya tahu dan sudah settle, tanpa perlu menunggu anak meminta. Orangtua menyediakan makanan setiap hari tanpa menunggu anak kelaparan dan meminta makanan. Semua kebutuhan anak disediakan. Tetapi saat orangtua akan bepergian dalam jangka waktu beberapa hari, maka orangtua akan menanyakan anak nya butuh keperluan apa saja, silahkan memintanya.


Hal yang sama, Yesus tidak akan bersama dengan murid-muridNya lagi, selama ini kebutuhan mereka telah terpenuhi. Berkat jasmani dan rohani selalu tersedia bagi mereka. Sekarang Yesus akan pergi kembali ke Surga, murid-muridNya akan tetap dibumi dan menjalani kehidupan selanjutnya, maka Yesus berkata kepada murid-muridNya untuk berdoa dan meminta kepadaNya.

Setelah mereka mengikut Yesus sekian tahun, maka segala permintaan doanya, bukanlah permintaan untuk kesenangan dan kepuasan diri sendiri. Tidak ada daftar permintaan doa yang panjang dan membentangkannya dihadapan Tuhan, meminta agar Tuhan mengabulkannya.

Berkenaan dengan hal ini Yakobus mengatakan : Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu (Yakobus 4:3).

Biarlah segala permintaan doa kita, diselaraskan dengan kehendak Tuhan, maka kita akan menerimanya.

Have a blessed day !

No comments:

Post a Comment